Sukses


7 Penyebab Berat Badan Naik Setelah Puasa

Bola.com, Jakarta Saat melakukan puasa, banyak manfaat yang bisa didapatkan, tidak hanya sarana beribadah kepada Allah swt, namun juga bisa menyehatkan tubuh dan membantu dalam menurunkan berat badan.

Khususnya menurunkan berat badan, banyak orang yang mempercayai bahwa puasa bisa membantu mereka menurunkan berat badan yang berlebih.

Akan tetapi, di lain sisi banyak orang yang berat badannya justru bertambah setelah melakukan puasa. Hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor.

Melakukan puasa secara medis memang bisa membantu menurunkan berat badan, dengan catatatn ada beberapa hal yang harus diperhatikan, khususnya makanan yang dikonsumsi.

Jika makanan yang dikonsumsi mengandung banyak lemak dan kalori, puasa tidak akan membantu menurunkan berat badan dan malah sebaliknya.

Lantas, apa saja hal yang bisa menyebabkan berat badan naik setelah puasa?

Berikut tujuh penyebab berat badan naik setelah puasa, seperti disadur dari Klikdokter, Jumat (22/4/2022).

2 dari 4 halaman

Penyebab Berat Badan Naik Setelah Puasa

1. Menu sahur tinggi kalori

Karena merasa perlu menyimpan makanan untuk berpuasa, biasanya orang akan cenderung makan banyak saat sahur. Menu yang dipilih pun biasanya yang cenderung berlemak dan mengandung kalori tinggi karena orang selalu ingin makan enak saat sahur.

Selain itu, asupan karbohidrat yang tinggi saat sahur juga berpotensi menyebabkan kenaikan berat badan.

2. Takjil serba manis

Sajian berbuka puasa yang dijual di sepanjang jalan tentunya sangatlah menggoda untuk dibeli, terlebih lagi saat puasa Anda cenderung lapar mata. Sehingga ketika berburu takjil Anda pun sering kali membeli makanan yang akhirnya tidak habis dimakan sendiri.

Sebagian besar menu takjil yang dijual pun mengandung gula tinggi, seperti kolak, sup buah, es campur, hingga dawet. Tak heran, berat badan Anda sudah pasti naik kalau mengonsumsinya setiap hari.

3 dari 4 halaman

Penyebab Berat Badan Naik Setelah Puasa

3. Terlalu sering buka puasa bersama

Selama bulan puasa, ajakan untuk buka bersama biasanya berdatanga dengan menu paket dari berbagai sajian. Makanan yang terlalu banyak ini akan membuat Anda cenderung makan banyak.

Padahal, di malam harinya usai buka puasa bersama Anda tidak memiliki aktivitas lain yang membakar kalori. Atas fenomena ini bisa disimpulkan bahwa naiknya berat badan terjadi karena energi yang masuk ke dalam tubuh melebihi energi yang keluar.

Tubuh mendapatkan energi dari asupan makanan yang Anda konsumsi. Sedangkan energi seharusnya dikeluarkan untuk metabolisme, bergerak, berpikir, dan kegiatan lainnya. Karena tidak dikeluarkan, maka menumpuk menjadi lemak.

4. Kurangnya konsumsi buah dan sayur

Karena cenderung memilih makanan yang enak dan lezat sebagai menu sahur serta berbuka puasa, pada akhirnya Anda pun mengabaikan konsumsi sayur dan buah.

Akibatnya, kebutuhan serat dalam tubuh tidak terpenuhi, sehingga menyebabkan penumpukan lemak dan kenaikan berat badan.

4 dari 4 halaman

Penyebab Berat Badan Naik Setelah Puasa

5. Jarang minum air

Mengonsumsi air putih ternyata membantu dalam mempertahankan kesehatan, dan hal ini menyebabkan Anda rentan terkena dehidrasi yang berpengaruh terhadap kenaikan berat badan.

Jurnal American Chemical Society menemukan bahwa ketika seeorang mengonsumsi 2 gelas air putih setiap harinya sebelum makan dapat mengurangi berat badan sebanyak 1,5-2 kg.

6. Waktu tidur yang tidak cukup

Orang yang kurang tidur mengalami penurunan produksi hormon leptin (penekan nafsu makan) dan kenaikan kadar hormon ghrelin (peicu nafsu makan).

Kondisi ini dapat menyebabkan asupan kalori yang melonjak naik saat Anda sahur atau buka puasa.

7. Aktivitas berkurang

Selama berpuasa, biasanya aktivitas harian Anda akan berkurang. Jika saat hari biasa Anda biasa berjalan kaki menuju kantin untuk makan siang, selama puasa Anda cenderung lebih banyak duduk di kantor. Selain itu, karena mudah lelah, Anda pun mengurangi frekuensi berolahraga setiap harinya.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 17/7/2019)

Yuk, baca artikel penyebab lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer