Sukses


11 Cara Mengamankan Rumah saat Ditinggal Mudik Lebaran

Bola.com, Jakarta - Mudik atau pulang kampung halaman menjadi satu di antara rutinitas yang banyak dimanfaatkan masyarakat Indonesia menjelang Lebaran.

Umumnya, saat mudik Lebaran, kita akan memboyong semua anggota keluarga dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong tanpa penghuni selama beberapa hari.

Padahal, rumah tanpa penghuni cukup berbahaya jika ditinggal dalam waktu yang lama, mengingat adanya potensi kejahatan seperti pencurian atau perampokan.

Selain potensi kejahatan, ada pula potensi bencana seperti kebakaran dan hal lainnya yang tidak diinginkan.

Itulah mengapa Anda harus melakukan pencegahan dan mengamankan rumah saat mudik Lebaran sebaik mungkin.

Agar rumah tetap aman selama ditinggal mudik lebaran, berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan, dikutip dari laman 99 dan Rumah, Selasa (26/4/2022).

2 dari 5 halaman

Cara Mengamankan Rumah saat Ditinggal Mudik Lebaran

1. Titipkan Rumah pada Tetangga

Menitipkan rumah beserta kuncinya dengan tetangga atau orang yang benar-benar bisa dipercaya. Mereka dapat membantu Anda untuk mengontrol rumah, baik dari luar maupun dalam.

Kemudian bila Anda menitipkan kunci pada tetangga, mereka juga dapat membantu memadamkan dan menghidupkan lampu.

2. Berhenti Langganan Koran Selama Pulang Kampung

Mudik umumnya berlangsung dalam waktu panjang, bisa mencapai satu minggu bahkan dua minggu. Agar rumah tidak tampak seperti sedang ditinggalkan, lebih baik berhenti dulu langganan koran selama pulang ke kampung.

Hubungi agen koran langganan Anda jauh hari sebelum keberangkatan. Bila tidak, koran yang dikirim oleh loper akan terus menumpuk di depan atau pagar rumah. Setelah kembali dari mudik, barulah kembali berlangganan.

3. Tata Alas Kaki di Depan Rumah

Meletakkan sandal dan sepatu di depan rumah juga bisa membantu mengamankan rumah saat mudik. Rumah yang kosong jadi tidak begitu tampak mencolok dengan cara ini. Rumah jadi kelihatan lebih hidup, ramai, dan tidak seperti sedang ditinggalkan untuk pulang kampung.

3 dari 5 halaman

Cara Mengamankan Rumah saat Mudik Lebaran

4. Beri Perlindungan Berlapis pada Pintu dan Jendela

Selain mengunci semua pintu dan jendela, berikan juga penghalang pada keduanya. Hal ini akan mempersulit jalur masuk orang-orang yang berniat jahat.

Penghalang tersebut bisa berupa palang kayu, teralis, ataupun benda-benda besar lainnya. Ingat, beri tahun cara masuk yang aman untuk tetangga atau kerabat yang membantu menjaga rumah.

5. Bersihkan Rumah dari Sampah

Mengamankan rumah saat mudik bisa dilakukan dari hal terkecil. Sebelum pulang kampung, sebaiknya Anda lakukan bersih-bersih terlebih dulu.

Pastikan bahwa tidak ada sampah yang menyumbat pada saluran pembuangan. Buang seluruh sampah agar saat pulang nanti, rumah tetap nyaman ditempati.

6. Simpan Barang Berharga di Tempat Aman

Titipkanlah barang-barang berharga Anda seperti emas, BPKB, atau sertifikat berharga pada keluarga yang tidak mudik. Anda juga bisa menyimpannya di safety box bank ataupun pegadaian.

Umumnya, harta tak bergerak seperti ini kerap ditinggalkan orang ketika mudik. Benda-benda ini pula yang kerap diincar oleh para pencuri ketika menyusup ke dalam rumah. Selain lebih nyaman, cara menitipkan barang berharga ini membuat hati merasa tenang.

4 dari 5 halaman

Cara Mengamankan Rumah saat Mudik Lebaran

7. Amankan Rumah saat Mudik dengan Memasang CCTV

Pasang CCTV di beberapa tempat yang stategis di rumah. Jika bisa, hubungkan CCTV tersebut dengan ponsel ataupun gadget Anda.

Cara ini membantu Anda untuk mengamankan rumah selama berada di kampung halaman. Bila terjadi sesuatu yang mencurigakan, Anda pun bisa langsung menelepon keamanan di tempat tinggal untuk melakukan pengecekan.

8.  Jangan Lupa Cek Gas dan Listrik

Sebelum berangkat ke kampung halaman, lakukan pengecekan kondisi gas dan listrik di rumah. Lakukan double check beberapa menit jelang keberangkatan.

Minta seluruh anggota keluarga untuk membantu melihat kondisinya agar tidak terjadi hal-hal tak diinginkan selamat mudik. Bila masih kurang yakin, coba minta tetangga untuk bantu mengecek saat Anda sudah berada cukup jauh dari rumah.

Selain gas dan listrik, cek juga tidak ada saluran air dan kran yang bocor.

9. Titipkan Peliharaan

Bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan dan tidak bisa membawanya turut serta, lebih baik cari penitipan hewan yang bisa menampung mereka selama beberapa hari. Bukan hanya bisa tidur dan makan, umumnya hewan yang dititipkan diajak bermain dan dijaga kesehatannya.

5 dari 5 halaman

Cara Mengamankan Rumah saat Mudik Lebaran

10. Jangan Buat Status di Media Sosial

Sebelum mudik, jangan sesumbar di sosial media soal rencana kepulangan Anda ke kampung halaman. Selain itu, jangan pula mengatakan soal informasi ini di depan orang-orang yang belum terlalu dikenal.

Bisa saja hal ini menjadi informasi empuk untuk orang-orang untuk melancarkan niat buruk. 

11. Pasang Pagar Listrik

Terakhir, ada cara lain yang cukup ampuh untuk mengamankan rumah saat mudik. Cara itu adalah dengan memasang aliran listrik di sekitar pagar belakang rumah.

 

Sumber: 99, Rumah

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer