Sukses


Bangganya Emilia Nova, Membawa Bendera Merah Putih Kontingen Indonesia pada Opening Ceremony SEA Games 2021

Bola.com, Jakarta - Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Vietnam Ferry Kono membuat gebrakan baru.

Untuk kali pertama dalam sejarah partisipasi Indonesia di SEA Games, kaum hawa ditunjuk menjadi flag bearers atau pembawa bendera Merah Putih pada defile kontingen di Opening Ceremony SEA Games. Adalah pelari gawang Emilia Nova yang mendapat kehormatan tersebut.

Emilia mengaku bangga bisa mendapat kepercayaan menjadi pembawa bendera di SEA Games. Apalagi, penunjukkan ini menjadikannya sebagai atlet putri pertama yang membawa bendera di Olimpiade.

"Saya tidak menyangka karena kan banyak banget atlet Indonesia lain yang berprestasi. Tiba-tiba kok saya mendapat tawaran untuk membawa bendera," terang Emilia.

"Tentu ini kebanggaan untuk saya. Apalagi setelah saya baru pulih dari cedera, ibaratnya ajang ini menjadi comeback saya."

"Semoga dengan terpilihnya saya juga bisa memberikan semangat sehingga saya bisa memberikan prestasi lebih baik lagi untuk Indonesia," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Kesetaraan Kaum Hawa

Lebih lanjut, Emilia menjelaskan pemilihan dirinya menjadi bukti kesetaraan kaum perempuan di olahraga Indonesia. Emilia dijadwalkan bertanding pada 16 Mei di nomor 100 m lari gawang putri.

"Menurut saya perempuan yang memiliki prestasi internasional itu keren banget karena menjadi juara susah di masa sekarang," ujar Emilia.

"Memang terkadang harus ada yang dikorbankan, tetapi semuanya itu worth it," lanjutnya.

Sebelum Emilia, Kontingen Indonesia juga pernah memilih atlet putri Maria Natalia Londa sebagai pembawa bendera di Asian Games 2014 Incheon. Dengan penunjukkan Emilia, ia resmi menjadi pembawa bendera pertama Kontingen Indonesia di SEA Games.

Video Populer

Foto Populer