Sukses


6 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan saat Mudik Lebaran

Bola.com, Jakarta - Sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran, Anda harus mempersiapkan diri senyaman mungkin. Hal ini supaya kesehatan Anda tetap terjaga dan ibadah puasa tidak terganggu.

Bagi beberapa orang, mudik Lebaran membutuhkan waktu perjalanan yang tidak sebentar, apalagi bagi mereka yang merantau cukup jauh.

Saat akan melakukan perjalan mudik Lebaran, penting untuk mengetahui cara mengatasi mabuk perjalanan. Pasalnya, mabuk perjalanan menjadi masalah yang kerap menghampiri bagi sebagian orang yang mudik.

Mabuk perjalanan juga tidak bisa dianggap sepele karena cukup mengganggu. Gejala yang ditimbulkan saat mengalami mabuk perjalanan biasanya ditandai dengan pusing, mual hingga muntah.

Biasanya, kondisi tersebut bisa saja dialami baik perjalanan darat, laut, maupun udara. Penyebab mabuk perjalanan juga bisa dipengaruhi banyak faktor.

Lantas bagaimana cara mengatasi mabuk perjalanan saat mudik Lebaran? Berikut ini beberapa cara mengatasi mabuk perjalanan saat mudik Lebaran, disadur dari Liputan6, Kamis (28/4/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan saat Mudik Lebaran

1. Hindari Konsumsi Makanan Berat sebelum Perjalanan

Sebelum melakukan perjalanan mudik, hindari konsumsi makanan berat. Jika perut terasa lapar, sebaiknya isi perut dengan makanan ringan.

Bisa juga dengan menyiasati porsi makanan, kurangi dari kebiasaan porsi normal sebelum perjalanan. Kondisi perut yang penuh, ditambah dengan guncangan selama perjalanan mudik, akan meningkatkan risiko mabuk perjalanan.

Terlebih jika jarak waktu antara Anda makan dan mulai perjalanan tidak terlalu jauh. Untuk itu, usahakan makan secukupnya dan sewajarnya sebelum Anda memulai mudik.

2. Pilih Posisi Tempat Duduk yang Nyaman

Model jok mobil yang berlawanan arah dengan pergerakan kendaraan cenderung mudah memicu mabuk perjalanan. Untuk itu, pilihlah posisi tempat duduk yang satu arah dengan pergerakan kendaraan.

Dengan demikian, posisi tubuh dengan gerak kendaraan pun searah. Anda tidak akan merasakan efek tubuh seolah tertarik ke arah berlawanan.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan saat Mudik Lebaran

3. Istirahat Cukup sebelum Mudik

Terkadang, mabuk perjalanan bisa disebabkan oleh tubuh yang lelah. Untuk itu, pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup sebelum mudik.

Jika memang tidak memungkinkan, Anda bisa beristirahat di kendaraan. Bawa peralatan yang bisa membantu Anda untuk beristirahat dengan nyaman di kendaraan, seperti bantal leher dan penutup mata.

4. Berbaring saat Mulai Merasa Tidak Enak Badan

Bila Anda sudah mulai merasa tidak enak badan saat sedang dalam perjalanan mudik, segeralah berbaring. Jika tidak memungkinkan untuk berbaring, ambil posisi istirahat yang nyaman seperti duduk bersandar.

Duduklah dengan nyaman dan luruskan kaki Anda sebagai cara menghilangkan mabuk perjalanan. Pejamkan mata hingga rasa mual mereda. Jika merasa haus, Anda bisa minum air mineral.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan saat Mudik Lebaran

5. Konsumsi Obat Antimual

Anda juga bisa melakukan langkah preventif dengan mengonsumsi obat antimual. Konsumsilah obat antimual dan antimabuk tersebut setidaknya 1-2 jam sebelum perjalanan.

Anda bisa menggunakan obat antimual yang dapat dibeli tanpa resep dokter, seperti Domperidone atau Metoclopramide yang termasuk golongan antihistamin.​​​​​​​

6. Hindari Membaca Buku atau Menggunakan Gadget

Membaca buku atau menggunakan gadget saat sedang dalam perjalanan mudik bisa memicu munculnya rasa mual dan pusing. Sebab, kegiatan tersebut dapat menyebabkan ketakselarasan antara mata dan telinga Anda.

Sebaiknya hindari kedua aktivitas tersebut. Sebagai gantinya, Anda bisa mendengarkan musik atau mengobrol dengan orang lain sepanjang perjalanan.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Arief Aszhari, Editor: Septian Pamungkas. Published: 31/3/2021)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer