Sukses


5 Cara Menjaga Pola Makan agar Berat Badan Tidak Naik saat Lebaran

Bola.com, Jakarta - Sudah menjadi tradisi, umat Islam merayakan momen Lebaran dengan bersilahturahmi ke rumah kerabat, tetangga, dan teman untuk saling memaafkan.

Selain berkunjung bersilaturahmi, ada satu kegiatan yang identik lainnya saat merayakan Lebaran, yaitu menyantap berbagai macam sajian khas Lebaran.

Pastinya semua menu yang dihidangkan saat Lebaran lezat, seperti lontong sayur, daging rendang, opor ayam hingga berbagai macam kue kering seperti nastar, kue sagu, dan sebagainya.

Siapa pun tidak dapat menolaknya dan tanpa berpikir panjang langsung menyantap hidangan tersebut.

Hanya, tidak sedikit orang lupa diri dan akhirnya mengonsumsi secara berlebihan sajian yang disuguhkan saat momen perayaan Lebaran. Itulah mengapa, bukan tidak mungkin Anda akan mengalami kenaikan berat badan yang tidak diinginkan saat Lebaran.

Untuk mencegah hal tersebut, berikut ini beberapa cara menjaga pola makan agar berat badan tidak naik saat Lebaran, yang bisa dipratikkan, disadur dari laman Liputan6, Jumat (29/4/2022).

2 dari 6 halaman

Makan Sedikit, namun Sering

Kalau Anda sulit mengndalikan nafsu makan yang berlebihan, Anda bisa mengubah strategi pola makan. Anda bisa makan tiga kali sehari dalam porsi biasa. Kemudian ada waktu ngemil di antara jam-jam makan besar.

Anda juga bisa mencoba strategi lain dengan membagi tiga kali porsi makan tersebut menjadi 5-6 kali makan dengan porsi yang lebih kecil. Makan dengan jumlah yang sedikit, tetapi sering ini dapat membantu Anda untuk mengendalikan nafsu makan sehingga Anda tidak tergoda untuk ngemil.

Selain itu, pola makan ini dapat mengondisikan lambung menjadi merasa cukup dengan porsi makan yang sedikit.

3 dari 6 halaman

Mengurangi Konsumsi Makanan Manis dan Berlemak

Cara menjaga pola makan agar berat badan tidak naik saat Lebaran adalah dengan mengurangi konsumsi makanan manis dan berlemak. Makanan yang berlemak serta makanan dan minuman manis merupakan satu di antara penyumbang kalori utama.

Jenis makanan tersebut juga merupakan sumber berbagai penyakit, seperti diabetes, kolesterol tinggi, hipertensi, stroke, serta penyakit jantung.

Sebisa mungkin kurangi makanan yang digoreng, daging berlemak, makanan laut (kecuali ikan), telur puyuh, aneka kue, keripik, dan minuman kemasan yang diberi tambahan gula.

4 dari 6 halaman

Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Beberapa cara menjaga pola makan agar berat badan tidak naik saat Lebaran di atas membahas tentang pembatasan konsumsi makanan tertentu, tetapi khusus sayur dan buah konsumsinya harus ditambah.

Selain baik untuk pencernaan, sayur dan buah dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Hal ini membuat Anda tidak tergoda untuk ngemil atau makan dalam porsi yang banyak.

5 dari 6 halaman

Tidur Cukup

Kurang tidur dapat menjadi penyebab kenaikan berat badan saat Lebaran. Hal ini karena orang yang kurang tidur cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori dan kurang aktivitas fisik sehingga penting bagi Anda untuk tetap mendapatkan tidur yang cukup selama libur Lebaran.

Kurang tidur juga dapat menyebabkan stres, yang kemudian juga mengakibatkan berat badan naik.

Sebaiknya lakukan hal menyenangkan untuk menghindari stres saat hari libur. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi stres, satu di antaranya olahraga.

6 dari 6 halaman

Olahraga secara Teratur

Cara menjaga pola makan agar berat badan tidak naik saat Lebaran berikutnya adalah berolahraga. Dengan melakukan olahraga secara teratur, Anda dapat meningkatkan pengeluaran kalori, menjadikan tubuh segar, serta menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit.

Melakukan olahraga seperti joging, bersepeda, berenang, dan lain-lain secara rutin saat Lebaran dapat menjaga berat badan tetap stabil. Hal ini juga menjauhkan Anda dari berbagai macam masalah kesehatan.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Husnul Abdi, Editor: Tyas Titi Kinapti. Published: 24/5/2020)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer