Sukses


5 Cara Mengatur Keuangan Jelang Lebaran agar Tidak Boros

Bola.com, Jakarta - Lebaran menjadi momen yang paling dinantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia setelah menunaikan ibadah puasa Ramadan selama sebulan penuh.

Umumnya, menjelang hari raya Lebaran Idulfitri, sebagian besar umat Muslim di Indonesia akan melakukan berbagai tradisi.

Beberapa di antaranya seperti mudik, membeli baju baru, membeli bahan-bahan masakan, membelikan seluruh anggota keluarga hadiah, memberikan kerabat hantaran, melakukan open house.

Tanpa disadari, Lebaran bisa menjadi momen yang mengkhawatirkan untuk keuangan Anda. Terlebih, jika tidak dibarengi dengan kemampuan untuk mengelola keuangan yang baik dan benar.

Itulah mengapa, kita harus menyiapkan strategi khusus agar pengeluaran menjelang Lebaran tetap bisa dikontrol. Lalu, bagaimana cara mengatur keuangan jelang Lebaran agar tidak boros?

Berikut ini beberapa cara mengatur keuangan jelang Lebaran agar tidak boros, yang bisa jadi sumber inspirasi, disadur dari Fimela, Kamis (28/4/2022).

2 dari 6 halaman

Belanja Sesuai Kebutuhan

Cara mengatur keuangan jelang lebaran agar tidak boros yang pertama adalah belanja kebutuhan Lebaran sesuai yang dibutuhkan.

Walau pada saat menjelang Lebaran banyak sekali toko online maupun offline yang menjual dagangan dengan potongan harga besar, Anda harus bisa menahan diri,agar tidak membeli barang-barang diskon, yang tidak termasuk barang yang dibutuhkan saat Lebaran.

Sebelum berbelanja, buatlah daftar belanja agar tidak belanja barang di luar kebutuhan Lebaran.

3 dari 6 halaman

Batasi Menggunakan Kartu Kredit

Cara mengatur keuangan jelang Lebaran agar tidak boros yang kedua adalah dengan tidak menggunakan kartu kredit secara berlebihan. 

Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang memiliki banyak fungsi. Namun, terlalu sering menggunakan kartu kredit apalagi jika dilakukan secara berlebihan, bisa merusak keuangan Anda.

Saat menggunakan kartu kredit terlalu sering, pada bulan berikutnya, Anda akan mengeluarkan uang untuk membayar tagihan.

Agar tidak boros saat Lebaran, batasi penggunaan kartu kredit dan gunakan kartu kredit kurang lebih sebesar 30 persen dari pendapatan. Jika lebih dari itu maka pendapatan akan berkurang dan tidak bisa ditabung.

4 dari 6 halaman

Gunakan THR dengan Bijak

Menggunakan uang THR atau uang tunjangan hari raya dengan bijak merupakan cara mengatur keuangan jelang Lebaran agar tidak boros, yang bisa dilakukan.

Jika mendapatkan THR, lebih baik jangan langsung digunakan untuk membelanjakan sesuatu, karena uang THR bisa terbuang secara percuma.

Gunakan uang THR untuk berbagi terhadap sesama, atau gunakan uang THR untuk membayar zakat, kemudian tabung uang THR yang masih tersisa.

5 dari 6 halaman

Sisihkan Uang untuk Dana Darurat

Cara mengatur keuangan jelang Lebaran agar tidak boros selanjutnya adalah menyisihkan uang terlebih dahulu untuk ditabung sebagai dana darurat. Cara yang satu ini bisa dilakukan untuk menghindari pengeluaran yang tak terduga, yang bisa terjadi saat sebelum dan sesudah Lebaran.

Jika  tidak menyisihkan uang untuk dana darurat sejak dini maka pengeluaran akan membengkak, dan bisa menyebabkan utang.

6 dari 6 halaman

Catat Pengeluaran

Cara kelima yang bisa dilakukan adalah dengan mencatat pengeluaran yang dilakukan selama Lebaran. Catat, dengan menuliskan pendapatan sebulan sebelum Lebaran, serta menuliskan jumlah THR yang didapat.

Setelah itu, tulis pengeluaran-pengeluaran keuangan, yang dilakukan dari sebelum Lebaran hingga seterusnya. Rajin mencatat pendapatan dan pengeluaran keuangan bisa membantu Anda mengatur keuangan, baik saat maupun setelah Lebaran.

 

Disadur dari: Fimela.com (Penulis: Kezia P, Editor Ayu Puji. Published 23/5/2020)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer