Sukses


5 Cara Praktis Memilih Baju Lebaran untuk Anak

Bola.com, Jakarta - Hari Raya Idulfitri atau Lebaran tinggal menunggu hari, banyak orang tua yang disibukan dalam urusan menyiapkan pakaian untuk anak-anak mereka.

Pada perayaan hari Lebaran identik dengan baju atau pakaian baru. Tidak hanya untuk anak-anak, tetapi juga berlaku untuk orang dewasa.

Khususnya untuk aana-anak, rasanya tidak afdal jika mereka melewatkan hari Lebaran tanpa mengenakan pakaian baru.

Meski sebenarnya bukan hal yang paling utama dari perayaan di hari kemenangan, tentu tak ada salahnya menyenangkan putra putri Anda dengan membelikannya baju baru.

Ada beberapa cara atau tips yang perlu dilakukan oleh para orang tua ketika akan memilih pakaian yang akan dikenakan si kecil di Hari Raya Idulfitri.

Berikut lima cara praktis memilih baju Lebaran untuk anak, seperti disadur dari Klikdokter, Jumat (29/4/2022).

2 dari 3 halaman

Cara Praktis Memilih Baju Lebaran untuk Anak

1. Pilih Bahan yang Nyaman

Setiap pakaian terbuat dari jenis kain yang bervariasi sehingga tingkat kenyamanan dan kelembutan juga berbeda. Di antara sekian jenisnya, akan lebih baik jika Anda memilih baju yang memiliki tingkat kelembutan tinggi sehingga nyaman saat dikenakan oleh anak.

Selain itu, pilih baju dengan bahan yang mudah menyerap keringat, misalnya bahan katun. Anak-anak yang menggunakan pakaian dengan bahan seperti ini memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengalami biang keringat atau ruam kemerahan di kulitnya.

2. Perhatikan Ukuran Pakaian

Saat memilih baju Lebaran untuk anak, pilihlah pakaian yang paling sesuai atau mendekati ukuran tubuh anak. Baju yang seperti ini akan membuat si kecil merasa lebih nyaman, bebas bergerak, dan beraktivitas di hari yang fitri.

3 dari 3 halaman

Cara Praktis Memilih Baju Lebaran untuk Anak

3. Mudah Digunakan

Memilih model pakaian yang simpel dan mudah digunakan juga bisa menjadi bahan pertimbangan Anda selain soal ukuran dan kenyamanan. Tujuannya adalah agar baju baru yang dikenakan buah hati Anda benar-benar dapat menunjang aktivitasnya di Hari Lebaran.

4. Pilih Motif yang Disukai Anak

Agar senang dengan baju barunya, diskusikan pilihan motif dan warna pakaian yang hendak dibeli dengan anak Anda. Jika memungkinkan, ajak anak untuk ikut membeli baju Lebaran yang diinginkannya.

5. Pertimbangkan Harga

Selain mengikuti motif, model, dan warna yang anak inginkan, Anda sebaiknya juga mempertimbangkan harga baju Lebaran yang hendak dibeli. Akan lebih baik jika harga baju tersebut sesuai dana yang Anda miliki.

Tak hanya untuk tujuan berhemat, membeli sesuatu sesuai bujet juga dapat menjadi pelajaran bagi anak untuk selalu hidup sederhana. Pada akhirnya, kebiasaan memilih sesuatu yang tidak terlalu mahal, tetapi kualitasnya bagus, dapat terus ia terapkan hingga dewasa.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 8/6/2019)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer