Sukses


Macam-Macam Keutamaan Salat Id Idulfitri yang Umat Muslim Perlu Ketahui

Bola.com, Jakarta - Hari Raya Idulfitri merupakan hari kemenangan yang paling ditunggu seluruh umat Muslim di dunia, termasuk di Indonesia.

Idulfitri diartikan sebagai hari suci atau hari di mana umat Muslim seperti terlahir kembali dan bersih dari dosa.

Saat Idulfitri, umat Muslim melakukan satu ibadah khusus yang hanya dilakukan saat hari raya Lebaran, yakni salat id yang dilaksanakan pada tanggal 1 Syawal di pagi hari.

Hukum salat id Lebaran Idulftri adalah sunah muakkad, yaitu sangat dianjurkan dan mendekati wajib.

Meski demikian, umat Muslim hendaknya mengerjakan salat id sebab Rasulullah saw. tidak pernah meninggalkannya.

Salat id biasanya digelar di tanah lapang untuk menampung lebih banyak jamaah dan agar jemaah dapat merasakan kebesaran Islam.

Ada beberapa keutamaan bagi yang melaksanakannya. Apa saja keutamaan salat id Lebaran Idulfitri?

Berikut ini beberapa keutamaan menumaikan salat id Idulfitri, yang jarang diketahui umat Muslim, disadur dari Brilio, Jumat (29/4/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Keutamaan Salat Id Idulfitri

1. Mengagungkan Asma Allah

Melaksanakan salat id pasti akan mengucapkan asma Allah berkali-kali terutama kalimat takbiratul ikhram "Allahu Akbar" sebanyak tujuh kali. Satu di antara seruan takbir tersebut hendaknya membaca kalimat sebagai berikut:

"Subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar. Allahummaghfirlii war hamnii."

Artinya: "Maha suci Allah, segala pujian bagi-Nya, tidak ada sesembahan yang benar untuk disembah selain Allah. Ya Allah, ampunilah aku dan rahmatilah aku."

2. Salat Berjemaah

Salat id umumnya dilaksanakan secara berjemaah. Maka itu, para pelakunya akan mendapatkan pahala salat berjemaah yang besar. Hal ini terdapat dalam firman Allah pada QS. Al Baqarah ayat 43 yang menganjurkan untuk mengerjakan salat berjemaah.

"Wa aqiimus-salaata wa aatuz-zakaata warka'u ma'ar raaki'iin."

Artinya: "Dan dirikanlah salat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang rukuk."

Saat salat berjemaah, tidak akan memandang bulu, suku, jabatan, rupa, dan hal-hal lainnya. Selagi bersujud kepada Allah dan membesarkan Allah, melaksanakan salat, maka ia adalah saudara se-Muslim yang harus dijaga.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Keutamaan Salat Id Idulfitri

3. Silaturahmi Sesama Muslim

Saat Idulfitri semua umat Muslim ke luar rumah dan menyempatkan diri untuk bisa mengikuti salat id. Inilah yang membuat salat id memiliki dampak terhadap hubungan manusia dan manusia dalam menjalin silaturahmi.

4. Bersama Merayakan Hari Kemenangan Umat Islam

Melaksanakan salat id juga dapat merayakan hari kemenangan secara bersama. Tentunya kebersamaan dan merasakan kebahagiaan bersama adalah hal yang mahal dan tidak tertandingi oleh apa pun.

Maka itu, alangkah luar biasanya jika tiap umat Muslim bisa merayakan hari kemenangan ini bersama-sama.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Keutamaan Salat Id Idulfitri

5. Menunjukkan Ukhuwah Islamyiah dan Kekuataan Umat Islam

Lantaran hukumnya yang sunah muakad atau fardhu kifayah, maka salat id membuat orang-orang Islam akan terdorong untuk melaksanakannya. Pengertian ukhuwah islamiyah, insaniyah, dan wathaniyah penting untuk dipahami dan dilakukan oleh umat Islam.

Dengan berkumpulnya umat Islam, akan berefek kepada ukhuwah islamiah. Hal ini juga akan sekaligus menunjukkan bahwa umat Islam adalah umat yang besar. Hendaknya juga menjadi motivasi agar saling membantu dalam kebaikan dan memberikan dorongan agar memajukan Islam bersama.

 

Disadur dari: Brilio.net (Penulis: Shofia Nida. Published: 19/5/2020)

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer