Sukses


7 Cara Mencuci Baju agar Warnanya Tak Cepat Pudar dan Luntur

Bola.com, Jakarta - Proses mencuci yang kurang tepat bisa membuat baju kesayangan Anda memudar dan luntur warnanya. Alhasil, baju tersebut akan terlihat kusam dan kurang sedap dipandang.

Seperti diketahui, baju merupakan satu di antara kebutuhan sandang yang juga menunjang penampilan seseorang.

Mengenakan baju dengan warna yang memudar dan luntur memengaruhi penampilan berbusana kita sehingga terlihat kurang menarik. Apalagi hal ini terkait penampilan Anda sehari-hari.

Itulah mengapa menjaga warna baju tetap terlihat cerah penting untuk dilakukan.

Lalu, bagaimana cara mencuci baju agar warnanya tak mudah pudar dan luntur dengan baik serta benar?

Berikut ini cara mencuci baju agar warnanya tak cepat pudar dan luntur, yang perlu Anda ketahui, disadur dariLiputan6, Kamis (5/5/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Cara Mencuci Baju agar Warnanya Tak Cepat Pudar dan Luntur

1. Baca Label

Sebelum Anda mulai mencuci baju, Anda perlu memperhatikan dan membaca labelnya terlebih dahulu. Ini hal penting. Setiap baju yang Anda miliki pasti terdapat label kecil yang di dalamnya tertera informasi dan perlu dibaca serta diperhatikan.

Umumnya, dalam label kecil tersebut akan didapati simbol yang merupakan sebuah petunjuk. Sebelum mencuci baju, inilah yang perlu Anda periksa terlebih dahulu karena dalam label kecil tersebut akan tertera bagaimana cara mencuci yang paling tepat dan bisa dilakukan.

2. Membalik Baju

Teknik membalik baju merupakan satu di antara cara mencuci baju yang tepat untuk menghindari warna menjadi luntur ataupun pudar.

Diketahui cara ini kerap kali dilakukan oleh para ibu pada zaman dahulu, akan tetapi memang terbukti ampuh tidak membuat warna baju menjadi kusam, luntur bahkan pudar.

Apalagi jika Anda sedang mencuci baju yang berwarna gelap, membaliknya menjadi satu di antara cara yang sangat disarankan. Pastikan bagian dalam baju berada di luar. Hal ini perlu dilakukan karena warna gelap pada baju mampu menyerap lebih banyak panas yang mengakibatkan luntur hingga pudar.

3 dari 5 halaman

Cara Mencuci Baju agar Warnanya Tak Cepat Pudar dan Luntur

3. Jangan Cuci Baju di Mesin dalam Kapasitas Penuh

Sebagian orang sering kali didapati menjejali mesin cuci dengan pakaian dalam jumlah penuh guna menghemat waktu. Namun, cara ini sebenarnya justru salah dan tidak benar karena kinerja mesin cuci akan menurun serta tidak maksimal.

Kinerja mesin cuci yang tidak maksimal, otomatis juga akan berpengaruh pada hasil cucian baju Anda.

Sangat disarankan mencuci baju berkali-kali agar mendapat hasil maksimal. Nah, untuk itu, mulai saat ini Anda harus memperhatikan jumlah pakaian yang telah dimasukkan ke mesin cuci agar mencucinya dapat dilakukan dengan benar.

4. Cuci dengan Menggunakan Air Dingin

Diketahui, baju yang terbuat dari jenis bahan-bahan tertentu perlu dicuci dengan menggunakan air hangat.

Akan tetapi, jika Anda mempunyai tujuan agar membuat warnanya menjadi lebih tahan lama dan tidak pudar, hal tersebut tak disarankan karena ada baiknya jika ingin mempertahankan warna baju, Anda harus mencucinya dengan menggunakan air dingin.

4 dari 5 halaman

Cara Mencuci Baju agar Warnanya Tak Cepat Pudar dan Luntur

5. Pakai Deterjen yang Tepat

Cara mencuci baju yang benar selanjutnya adalah dengan memperhatikan penggunaan deterjen. Saat mencuci baju, Anda harus memilih deterjen yang tepat untuk digunakan. Diketahui beberapa produk deterjen maupun pelembut dapat membuat warna baju tetap awet dan terjaga.

Apabila Anda mencuci dengan menggunakan mesin, pastikan untuk mengatur waktu serta kecepatan dengan tepat. Umumnya akan disediakan petunjuk tertentu pada mesin cuci dan juga deterjen.

6. Tambahkan Cuka

Selanjutnya, Anda bisa menambahkan cuka ketika melakukan proses mencuci baju. Hal ini dipercaya mampu membuat warnanya menjadi tetap terjaga dan juga awet.

Terkadang, bau menyengat dari cuka sendiri memang kerap membuat Anda ragu, tetapi ternyata cuka mampu menjadi sebuah pelembut alami pakaian Anda.

Di samping itu, Anda tidak perlu khawatir soal bau menyengat dalam cuka karena bau tersebut akan hilang dengan sendirinya setelah proses mencuci selesai dilakukan.

5 dari 5 halaman

Cara Mencuci Baju agar Warnanya Tak Cepat Pudar dan Luntur

7. Teknik Menjemur

Tahapan terakhir dalam cara mencuci baju dengan benar yang harus diperhatikan adalah teknik menjemurnya. Hal ini perlu menjadi perhatian selain teknik mencuci baju yang benar agar warna baju tetap awet dan tidak pudar.

Ada baiknya jika Anda menghindari penjemuran dalam kurun waktu yang terlalu lama karena ini akan membuat baju Anda bau matahari. Bukan hanya itu, hal itu juga akan mampu mengikis kualitas serta warna dari baju yang sudah Anda cuci dengan menggunakan cara benar.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Husnul Abdi, Editor: Fadila Adelin. Published: 24/3/2020)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer