Sukses


7 Cara Mudah Membasmi Kutu Rambut, Aman Dipraktikkan

Bola.com, Jakarta - Kutu rambut merupakan hewan kecil yang menyerang kepala anak-anak maupun orang dewasa.

Kutu ini berasal dari parasit jenis Pediculus humanus capitis, yang dapat ditularkan melalui kontak fisik langsung pada kepala atau rambut penderita, sisir, seprai, topi, atau saat sedang bertukar pakaian.

Kutu rambut akan menetap di kepala untuk menghisap darah. Tujuannya, agar bisa bertahan hidup dan berkembang biak.

Untuk bisa memutus perkembangbiakannya, harus menerapkan cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya.

Meski tidak menimbulkan dampak yang serius, kutu rambut yang tidak segera dibasmi akan menimbulkan rasa gatal berlebih, ketaknyamanan, menurunnya kepercayaan diri, dan bahkan infeksi serta iritasi kepala hebat.

Berikut cara mudah membasmi kutu rambut, yang juga aman untuk dipraktikkan, disadur dari Klikdokter, Senin (9/5/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Mudah Membasmi Kutu Rambut

1. Memakai Sisir Kutu

Menurut Alejandra Perotti, asisten profesor di Fakultas Biologi, University of Reading, dua bentuk kutu rambut yang harus dipastikan sebagai target utama adalah betina dan telur yang baru lahir.

Untuk menghilangkan kedua bentuk itu, sisir halus yang sejak zaman dahulu kala disebut sebagai sisir kutu, telah terbukti efektif dalam hal perawatan dan pencegahan kutu.

2. Memakai Obat Kutu

Kutu bisa dibasmi dengan cara menggunakan obat kutu yang dijual bebas. Tetapi, jangan berikan ini kepada penderita yang masih berusia dua tahun ke bawah.

Selain itu, orang yang tidur seranjang dengan penderita juga harus diberikan obat kutu tersebut.

Obat-obatan tradisional bisa pula diberikan kepada penderita kutu rambut. Satu di antaranya adalah infus herbal yang masih banyak digunakan di Eropa. Infus ini terbuat dari campuran tanaman kacang panjang dan kacang kering, kemudian disemprotkan ke kepala.

3 dari 4 halaman

Cara Mudah Membasmi Kutu Rambut

3. Menggunakan Panas

Mengingat suhu spesifik yang diperlukan untuk telur kutu berkembang dan perubahan suhu drastis dapat membunuh mereka, metode baru juga sekarang sedang dikembangkan.

Caranya adalah dengan memanaskan kepala sebagai bagian dari perawatan rutin. Perangkat rambut yang menghasilkan udara panas, seperti hair dryer dan alat pelurus rambut, dapat memberikan hasil maksimal ketika diterapkan dengan benar secara teratur.

4. Memperhatikan Kebersihan Benda Penular Kutu

Anda juga perlu memperhatikan kondisi kebersihan benda yang mungkin bisa menularkan kutu rambut.

Cucilah sarung bantal, seprai, topi, dan benda yang terkena kontak dengan kepala penderita selama dua hari menggunakan air panas. Benda yang sulit dicuci, seperti karpet, dapat dibersihkan dengan mesin vacuum.

5. Menjaga Kebersihan Rambut

Agar kutu rambut berkurang, tetaplah jaga kebersihan rambut dengan keramas. Selain itu, hindari memakai barang pribadi secara bergantian, seperti handuk, sisir, dan bantal.

4 dari 4 halaman

Cara Mudah Membasmi Kutu Rambut

6. Gunakan Minyak Esensial

Sejumlah minyak esensial telah terbukti efektif untuk menghilangkan kutu rambut. Campurkan 15-20 tetes minyak esensial dengan 2 ml minyak zaitun.

Oleskan campuran ini ke kulit kepala menggunakan kapas. Biarkan di kulit kepala sampai 12 jam. Sisir dan keramaslah untuk membilasnya.

7. Gunakan Minyak Zaitun

Lapisi rambut dengan minyak zaitun secara merata, kemudian sisir. Anda juga bisa menambahkan minyak zaitun di sisir sesuai kebutuhan. Setelah disisir, cuci rambut dengan sampo dan keringkan.

Lakukan setiap hari selama seminggu. Kemudian, selama dua minggu setelahnya, lakukan pengecekan dengan menyisir setiap malam untuk memastikan kutu sudah hilang.

Pastikan pula Anda mencuci semua handuk dan sisir yang telah digunakan. Rendam dalam larutan pemutih 10 persen atau larutan lisol selama 30 menit.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 20/1/2022)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer