Sukses


CdM Tim Indonesia Targetkan Peringkat 4 di SEA Games 2021, Beda dengan Harapan Presiden Jokowi

Bola.com, Jakarta - Ketua (Chief de Mission/CdM) Tim Indonesia di SEA Games 2021, Ferry Kono, mengatakan timnya membidik posisi empat besar pada pergelaran olahraga multicabang tersebut. Target tersebut berbeda dengan harapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berharap Indonesia masuk ranking tiga besar. 

“Karena SEA Games ini merupakan sasaran antara menuju kualifikasi Olimpiade Paris 2024 sehingga pada kali ini kita akan coba bertahan pada posisi empat besar,” kata Ferry dalam wawancara yang ditayangkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Jakarta, Senin, seperti dikutip dari Antara

Ferry mengharapkan pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada upacara pelepasan di Istana Merdeka, Senin ini, dapat memotivasi dan meningkatkan rasa nasionalisme para atlet untuk menorehkan prestasi pada SEA Games Vietnam.

“Kami harapkan semangat baru ini, khususnya yang tadi diberikan Bapak Presiden itu bisa menimbulkan rasa nasionalisme yang tinggi lagi sehingga kita berjuang maksimal di SEA Games nanti,” ujarnya.

Tim Indonesia akan memberangkatkan 776 orang ke SEA Games Vietnam yang terdiri atas 499 atlet, 214 ofisial, dan 63 pendamping. Seluruh kontingen akan berlaga dalam 318 nomor pertandingan dan 32 cabang olahraga.

“Tim ini sudah berangkat mulai dari 3 Mei lalu dan akan terus bertahap, sebagian sudah ada di Hanoi (Vietnam) dan sebagian akan mulai kita berangkatkan setelah pelepasan,” ujarnya.

Ferry mengharapkan doa dari seluruh masyarakat Indonesia agar tim nasional dapat meraih prestasi terbaik.

“Mengingat kita bertanding di negara lain, tentu akan banyak tekanan dari tuan rumah, kita harapkan doa dan support akan memompa semangat atlet-atlet kita,” kata Ferry Kono.

Dalam beberapa ajang SEA Games sebelumnya, Indonesia meraih peringkat kelima SEA Games Singapura 2015 dan SEA Games Malaysia 2017, dan peringkat keempat di SEA Games Filipina 2019.

2 dari 4 halaman

Pesan Presiden Jokowi

Dalam acara pelepasan tersebut, Jokowi memberikan pesan-pesan penyemangat kepada atlet Indonesia yang akan berlaga di  SEA Games 2021. Dia juga berharap Indonesia bis meraih hasil lebih baik dibanding pada SEA Games dua tahun lalu di Filipina. 

"Hari ini akan kita lepas kontiongen Indonesia ke SEA Games 2021 ke Vietnam."

Kita semua masyarakat Indonesia berharap kontingen sekarang, yang disebut lebih rampung,  bisa meraih prestasi setinggi-tingginya, medali sebanyak-banyaknya, supaya harumkan nama Indonesia," kata Presiden, saat dipantau dari channel Youtube, Sekretariat Presiden. 

 

3 dari 4 halaman

Kenaikan Peringkat

Presiden Jokowi mengharapkan kontingen Indonesia mencatatkan kenaikan peringkat, meskipun jumlah atlet yang dikirim jauh berkurang dibanding dua tahun lalu. 

"Di SEA Games 2015 di Singapura, kita periongkat 5. Kemudian pada  SEA Games 2017 di Malaysia peringkat 5, pada SEA Games 2019 di Filipina kita peringkat 4. Kali ini semoga kita kita bisa masuk ranking ke 3, 2 atau 1." 

"Memang ini bukan hal mudah. Tetapi dengan selesksi yang sudah baik, semoga prestasi Indonesia juga baik," imbuh Jokowi tentang target Indonesia di SEA Games 2021. 

4 dari 4 halaman

Yuk Simak Berita-berita SEA Games di Sini

Khusus konten non sepak bola:

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

 

 

Khusus konten-konten sepak bola:

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer