Sukses


Manfaat Gemar Membaca bagi Anak, Biasakan Sejak Dini

Bola.com, Jakarta - Membaca memiliki banyak manfaat baik. Itulah mengapa, gemar membaca sebaiknya ditanamkan sedini mungkin, semenjak kanak-kanak. Dengan begitu, kebiasaan tersebut dapat bertahan saat dewasa kelak, dan bahkan menyertai di sepanjang perjalanan hidup.

Manfaat membaca di antaranya mengurangi gejala depresi, mengurangi stres, meningkatkan empati, meningkatkan kecerdasan, meningkatkan fungsi otak, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan harapan hidup, dan lain sebagainya.

Hanya, belakangan ini kegiatan membaca banyak ditinggalkan. Alih-alih membaca, kini banyak yang lebih menyukai 'menonton'.

Mengingat manfaat baik dari membaca, khususnya manfaat membaca bagi anak, sebagai orang tua, Anda perlu menggalakkan kebiasaan satu ini kepada putra putri Anda.

Anda bisa mulai dengan membacakan buku cerita atau anak sekadar belajar membaca secara sederhana dan tidak bersifat memaksa.

Meski usia normal seorang anak untuk mampu membaca adalah sekitar usia enam, tahun, untuk menumbuhkan minat baca bisa dibiasakan sejak dini.

Berikut manfaat gemar membaca bagi anak, yang perlu diketahui orang tua, disadur dari Klikdokter, Rabu (11/5/2022).

2 dari 5 halaman

Manfaat Gemar Membaca bagi Anak

1. Menstimulasi Perkembangan Otak

Pertumbuhan dan perkembangan otak paling pesat adalah ketika anak berusia dua tahun karena masih termasuk dalam 1.000 hari pertama kehidupan anak.

Hingga usia lima tahun, kemampuan belajar anak juga sangat pesat dibandingkan setelahnya.

Membaca memberikan banyak manfaat untuk perkembangan otak anak karena kegiatan ini menstimulasi hubungan antara sel saraf dalam otak untuk mengantarkan informasi.

Selain itu, membaca memberikan manfaat pada beberapa aspek seperti:

  • Kemampuan Berpikir

'Buku adalah jendela dunia' merupakan ungkapan yang tepat. Membaca membuat anak mampu memahami isi cerita sehingga itu dapat melatih kemampuan berpikir dalam berbagai situasi.

  • Kemampuan Bahasa

Kemampuan bahasa merupakan satu dari empat aspek perkembangan anak. Membaca dapat memperluas kosakata dan tata bahasa yang baik, sehingga dapat membangun kemampuan komunikasi verbal dan tertulis anak.

  • Kreativitas

Membaca buku cerita yang disertai gambar dan aneka warna akan menstimulasi kreativitas dan imajinasi anak.

3 dari 5 halaman

Manfaat Gemar Membaca bagi Anak

2. Belajar mengenal konsep

Tidak hanya kosakata, anak juga bisa dilatih sejak dini mengenal konsep tentang segala sesuatu yang ada di sekelilingnya, misalnya warna, huruf, angka, bentuk, benda, dan sebagainya.

3. Unggul dalam akademik

Membaca menjadi satu di antara kunci dalam kesuksesan akademik anak sejak usia dini. Ketika sudah dibiasakan sejak kecil, hingga dewasa anak akan terbiasa untuk membaca baik dalam keseharian maupun belajar untuk kepentingan akademik.

Pengetahuan umum yang lebih luas, atensi atau perhatian, dan konsentrasi yang lebih baik merupakan manfaat membaca lainnya. Tentu hal tersebut menunjang anak dalam proses belajar.

4. Perkembangan mental

Anak yang terbiasa membaca sejak dini dapat tumbuh menjadi anak yang percaya diri dan mandiri. Kebiasaan membaca juga dikaitkan dengan rasa disiplin tinggi dan kemampuan dalam memecahkan masalah.

Manfaat rajin membaca lainnya adalah melatih anak untuk lebih tenang dan menjadi sarana yang bermanfaat sebagai pelarian dari masalah atau sesederhana ketika ia sedang bosan.

 

 

4 dari 5 halaman

Manfaat Gemar Membaca bagi Anak

5. Kemampuan sosialisasi lebih baik

Seperti yang dijelaskan di atas, membaca bisa bermanfaat untuk kemampuan bahasa, hal ini bisa membangun kemampuan komunikasi menjadi lebih baik.

Bila kemampuan komunikasi baik maka anak akan mampu bersosialisasi dengan baik pula.

6. Mengelola stres

Pengetahuan umum yang luas juga memudahkan anak untuk bergaul dengan siapa saja.

Dengan kemampuan sosialisasi dan komunikasi yang baik, anak juga lebih mampu untuk mengelola stres.

7. Kebutuhan

Apabila anak terbiasa melihat dan mengalami sendiri bahwa membaca buku merupakan hal yang menyenangkan, kebiasaan ini akan berkembang menjadi suatu kebutuhan yang terus dicari anak hingga ia dewasa.

Nantinya, anak akan cenderung lebih memilih buku sebagai hiburan, ketimbang menonton televisi atau main gadget.

 

5 dari 5 halaman

Manfaat Gemar Membaca bagi Anak

8. Memperkuat ikatan orang tua dan anak

Membaca bisa menjadi momen menyenangkan untuk meningkatkan ikatan antara orang tua dan anak.

Lebih dari itu, membaca bisa jadi cara orang tua dalam mengajari berbagai pengetahuan, informasi, dan berbagai aspek kehidupan yang ada di dalam buku yang dibaca anak.

9. Mendukung masa depan

Anak yang terbiasa membaca buku memiliki keinginan atau cita-cita di masa depan yang cenderung lebih terarah. Anak juga jadi lebih terpacu untuk mengetahui lebih dalam tentang hal-hal yang menarik perhatiannya.

Saat usia anak menginjak remaja, ia bisa fokus menggali, menggeluti, hingga mempraktikkan hal-hal yang bisa dilakukan sesuai minat atau cita-cita dari buku yang dibaca.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 20/5/2020)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer