Sukses


Macam-Macam Olahraga yang Cocok untuk Remaja Perempuan

Bola.com, Jakarta - Olahraga merupakan aktivitas menyehatkan yang direkomendasikan untuk rutin dilakukan. Berbagai kalangan usia, laki-laki dan perempuan, dapat berolahraga sesuai kebutuhan.

Apa pun pilihan olahraga Anda, pastikan Anda rutin lakukan sehingga bisa mendapatkan manfaat optimal.

Khusus bagi remaja perempuan, berolahraga juga sangat disarankan rutin dilakukan. Tidak hanya untuk menjaga kondisi fisik, tetapi juga kesehatan mental.

Dikutip dari Kids Health, remaja perempuan yang rutin berolahraga memiliki risiko lebih kecil untuk terkena kanker payudara di kemudian hari.

Berolahraga juga bisa membantu anak perempuan melewati masa remaja yang sulit.

Berikut macam-macam olahraga yang cocok untuk remaja perempuan, disadur dari Klikdokter, Kamis (12/5/2022).

2 dari 4 halaman

Olahraga yang Cocok untuk Remaja Perempuan

Renang

Renang adalah jenis olahraga kardio yang cocok untuk remaja perempuan. Sebab, jenis olahraga ini terbukti efektif membakar lemak dan mendukung bentuk tubuh perempuan.

Melansir Medical News Today, manfaat yang bisa dirasakan remaja perempuan berkat olahraga renang adalah kekuatan dan kebugaran tubuh, otot lebih kencang, hingga berat badan ideal. Renang juga bermanfaat untuk menguatkan jantung.

Voli

Berdasarkan Sporty Tell, bola voli merupakan olahraga beregu yang paling diminati anak perempuan di Amerika Serikat.

Voli bagi remaja perempuan bermanfaat untuk membakar kalori, meningkatkan kekuatan otot maupun tulang, melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh, serta mengoptimalkan metabolisme.

Selain itu, seperti olahraga pada umumnya, voli dapat meningkatkan suasana hati. Pasalnya, selama bermain voli, tubuh akan melepaskan hormon endorfin.

Endorfin merupakan zat kimia alami yang diproduksi sistem saraf tubuh untuk mengatasi rasa sakit atau stres.

Bagi perempuan yang kerap galau menghadapi masa remaja, voli bisa menjadi aktivitas pelarian yang positif.

 

 

3 dari 4 halaman

Olahraga yang Cocok untuk Remaja Perempuan

Plank

Gerakan plank hampir menyerupai push up. Bedanya, plank menggunakan lengan bawah sebagai tumpuan.

Manfaat plank untuk remaja perempuan, yaitu dapat mengencangkan otot sekitar perut, dada, maupun belakang pinggul.

Senam

Remaja perempuan juga dianjurkan melakukan olahraga senam. Aktivitas ini bermanfaat untuk meningkatkan fleksibilitas otot, membangun kekuatan, mengoptimalkan koordinasi tubuh, dan baik untuk kesehatan tulang.

Senam juga bermanfaat untuk meningkatkan fokus dan disiplin. Hal ini penting, mengingat banyak perempuan yang kesulitan menghadapi masa remaja.

 

4 dari 4 halaman

Olahraga yang Cocok untuk Remaja Perempuan

Joging

Joging juga termasuk olahraga yang cocok untuk remaja perempuan. Olahraga kardio ini bermanfaat untuk membakar banyak kalori sehingga membantu memperoleh berat badan ideal.

Manfaat tersebut bisa dirasakan lebih optimal apabila olahraga joging secara rutin dikombinasikan dengan penerapan gaya hidup sehat dan pola makan bergizi seimbang.

Yoga

Rekomendasi olahraga untuk remaja perempuan yang terakhir adalah yoga. Jenis olahraga relaksasi ini bermanfaat untuk melatih fleksibilitas dan keseimbangan, juga terbukti mampu meredakan stres.

Beberapa penelitian mengungkap bahwa yoga dapat menurunkan kadar kortisol atau hormon stres di dalam tubuh. Olahraga ini juga terbukti mampu meningkatkan kualitas tidur.

Kualitas tidur yang baik merupakan satu di antara kunci untuk mencegah stres berlebih, obesitas, dan risiko gangguan kesehatan lainnya.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 9/9/2021)

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer