Sukses


4 Cara Menghindari Keinginan untuk Merokok, Patut Dicoba

Bola.com, Jakarta - Bagi orang yang sedang berusaha berhenti merokok, menghilangkan kebiasaan tersebut sangat susah. Dalam beberapa kesempatan, keinginan untuk merokok begitu tinggi.

Merokok merupakan aktivitas yang tidak memberikan manfaat bagi kesehatan. Sebaliknya, merokok dapat membahayakan organ tubuh dan menimbulkan berbagai penyakit yang tentunya dapat memengaruhi kesehatan secara umum.

Dalam satu batang rokok, terdapat sekitar 7.000 zat kimia. Sebanyak 200 jenis di antaranya bersifat karsinogenik, yakni merusak gen dalam tubuh sehingga memicu penyakit kanker, emfisema, dan bronkitis kronik.

Selain itu, aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah akibat kebiasaan merokok dapat menyebabkan penyakit jantung, hipertensi, risiko stroke, menopause dini, osteoporosis, hingga impotensi.

Namun, bagi Anda yang sedang dalam upaya berhenti merokok, patut mencoba cara-cara ini saat rasa candu melanda.

Berikut cara menghindari cara menghindari keinginan merokok, disadur dari Klikdokter, Jumat (13/5/2022).

2 dari 3 halaman

Cara Menghindari Keinginan untuk Merokok

1. Teknik pengalih perhatian

Coba identifikasi waktu yang paling mungkin atau biasa Anda habiskan untuk merokok. Selanjutnya, buat rencana apa yang akan dilakukan demi mengganti kegiatan di waktu tersebut. Buat kegiatan pengalih yang akan membuat tangan Anda sibuk.

Misalnya, Anda dapat memotong sedotan, kemudian memegang dengan cara yang sama seperti saat Anda memegang rokok. Menghirup sedotan menggunakan mulut, dapat menipu pikiran bahwa Anda sedang merokok.

Adapun cara lainnya adalah mengganti sedotan dengan sayuran, seperti wortel dan mentimun. Anda dapat memotong wortel dan mentimun dengan bentuk memanjang menyerupai rokok.

Anda bisa memakannya saat keinginan merokok timbul. Meski belum terbiasa di awal-awal, cara ini bakal ampuh jika dibiasakan terus-menerus.

2. Olahraga

Nikotin berfungsi sebagai pelepas endorfin alias hormon bahagia. Itu sebabnya banyak perokok merasa nyaman saat membakar batang demi batang dalam keadaan stres. Faktanya, hormon tersebut juga bisa dikeluarkan saat Anda berolahraga.

Jalan sehat, ikut kelas kebugaran, latihan aerobik di rumah, atau beragam olahraga lainnya, dapat membantu menghilangkan rasa stres. Hal ini ampuh untuk mengurangi hasarat merokok dan menerapkan hidup yang lebih sehat!

3 dari 3 halaman

Cara Menghindari Keinginan untuk Merokok

3. Menyibukkan diri

Sangat penting untuk membuat diri Anda sibuk untuk menghindari kebiasaan buruk yang tidak disukai, termasuk merokok.

Rencanakan aktivitas positif karena kecenderungan bosan atau stres malah makin meningkatkan hasrat merokok.

Maka itu, cobalah membuat daftar pekerjaan yang produktif. Misalnya, membersihkan kamar mandi, berbelanja ke supermarket, berolahraga, atau berdiskusi dengan teman-teman Anda yang tidak merokok demi menyibukkan diri.

4. Relaksasi

Ketika stres meningkat, coba berlatih teknik relaksasi seperti pernapasan dalam, mendengarkan musik, podcast, atau yoga. Belajar mengadopsi strategi perawatan diri seperti ini dapat membantu Anda mengelola hasrat dan menawarkan cara alternatif demi mengatasi stres.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 31/1/2019)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer