Sukses


Daftar Olahraga yang Perlu Dihindari Jika Mengidap Penyakit Jantung

Bola.com, Jakarta - Olahraga merupakan kegiatan menyehatkan yang disarankan untuk dilakukan secara rutin. Namun, dalam beberapa kasus tertentu, ada olahraga yang sebaiknya tidak dilakukan, semisal oleh para pengidap penyakit jantung.

Apabila Anda mengidap penyakit jantung, sebaiknya Anda menghindari olahraga yang membahayakan kondisi kesehatan Anda. 

Salah dalam memilih jenis olahraga atau latihannya terlalu berat, bisa memicu kekambuhan penyakit jantung.

Namun, semua itu kembali lagi ke status kesehatan masing-masing. Apabila sangat ingin melakukan olahraga-olahraga tersebut, mulailah berkonsultasi kepada dokter. 

Periksakan diri dan konsultasi ke dokter seputar kesanggupan kondisi Anda untuk menjalani olahraga tersebut.

Apa pun olahraga yang Anda pilih, selalu mulai dengan intensitas ringan, perlahan, lalu teratur. Olahraga dengan jenis dan intensitas yang tepat, bermanfaat untuk penderita penyakit jantung.

Berikut daftar olahraga yang perlu dihindari dan sebaiknya tidak dilakukan jika mengidap penyakit jantung, disadur dari Klikdokter, Senin (16/5/2022).

2 dari 3 halaman

Olahraga yang Perlu Dihindari jika Mengidap Penyakit Jantung

1. Sepak bola

Olahraga sepak bola kurang direkomendasikan untuk pengidap penyakit jantung. Sepak bola cenderung berbahaya untuk organ jantung karena melibatkan gerakan yang cepat, mendadak, dan dilakukan dalam durasi panjang. 

Ketika bermain sepak bola, gerak yang taktis dan perubahan kecepatan mendadak dapat memicu jantung berdetak cepat. Kondisi tubuh tersebut berbahaya untuk orang dengan sakit jantung.

2. Bola basket

Hampir sama dengan sepak bola, basket adalah jenis olahraga yang membutuhkan ketangkasan gerak dan kecepatan tubuh. Maka itu, pengidap penyakit jantung dilarang melakukan olahraga ini. 

Sebuah jurnal kesehatan jantung dengan tegas menyimpulkan bahwa olahraga kompetisi seperti sepak bola dan bola basket, cenderung dilarang untuk orang dengan penyakit jantung.

3 dari 3 halaman

Olahraga yang Perlu Dihindari jika Mengidap Penyakit Jantung

3. Bulu tangkis

Tidak berbeda dengan sepak bola dan basket, bulu tangkis juga menjadi olahraga yang berisiko untuk orang sakit jantung. Gerakan-gerakan mendadak sering tercipta di tengah permainan bulu tangkis. 

Ritme gerakan yang berubah, kadang bergerak cepat dan kadang melambat, harus dihindari orang yang punya masalah jantung.

Pasalnya, olahraga ini memberikan beban yang berat untuk jantung. Hal ini berarti, pemompaan darah yang dilakukan dari jantung seluruh tubuh menjadi bertambah. Olahraga ini harus dihindari guna mencegah penyakit jantung Anda kambuh. 

4. Tenis

Lapangan yang luas dipadu dengan arah datangnya bola tenis yang bervariasi membuat tubuh butuh bergerak cepat dan jauh. Seorang pemain tenis juga harus punya daya tahan tubuh tinggi, mengingat olahraga kompetisi yang satu ini cukup melelahkan.

Maka itu, olahraga tenis dilarang untuk orang dengan sakit jantung. Terlebih, jika tenis dilakukan dalam sebuah pertandingan yang serius, tentunya kondisi itu cukup sangat berisiko.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 27/10/2020)

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer