Sukses


Cerita Unik dari SEA Games 2021: Mengapa Helm di Vietnam Kecil-kecil? Di Indonesia Sudah Lawas Banget Ini Sih

Bola.com, Hanoi - Meliput SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam, saya pun mulai akrab dengan suasana kota ini.

Lalu lintas di Hanoi, Ibu Kota Vietnam cukup semrawut. Pengendara sepeda motor dan mobil kerap berkendara tak beraturan. Pemandangan pelanggaran lalu lintas pun acap ditemui. Kondisinya terbilang mirip di Jakarta.

Situasi seperti itu sebenarnya tidak membuat saya kaget. Namun, yang bikin gagal fokus dari pemotor di sini adalah bentuk helmnya.

Mayoritas pengendara motor di Hanoi mengenakan helm kecil. Pembaca Bola.com pernah melihat helm khusus pesepeda di Indonesia? Jika tidak mau dibilang mirip helm proyek, nah modelnya kurang lebih seperti itu.

Di Indonesia, helm harus berlabel SNI. Bahkan, tidak sedikit pula helm full face yang menutupi seluruh isi kepala. Bisanya, helm itu digunakan oleh pengendara dengan motor di atas 150 cc.

Helm di Hanoi layaknya helm zaman dulu di Indonesia, atau sekarang dapat dibilang helm non-SNI atau Standar Nasional Indonesia.

Berkeliling kota Hanoi selama SEA Games 2021, saya pun mencoba kendaraan bermotor.

2 dari 5 halaman

Ternyata, Biar Rambut Tidak Rusak

Helm untuk laki-laki dan perempuan di Vietnam mirip. Hanya bedanya tidak ada lubangnya saja di belakang. Khusus perempuan, helmnya punya bolongan kecil untuk mengurai rambut.

Lantas, mengapa helm kecil seperti itu dipakai oleh kebanyakan warga Vietnam? Saya menemukan jawabannya ketika berbincang dengan resepsionis hotel tempat menginap.

"Itu karena mereka menjaga rambut supaya tidak rusak," kata resepsionis yang punya nama Inggris Charlie itu.

"Menjaga rambut penting untuk warga, terutama perempuan di Vietnam. Maka dari itu, helm di sini memang kecil-kecil," jelasnya.

3 dari 5 halaman

Ukuran Kepala Mungil

Seorang resepsionis hotel lainnya, kali ini di Viet Tri, Phu Tho menjelaskan bahwa penggunaan helm kecil di negaranya lantaran untuk menyesuaikan ukuran kepala.

Selain helm, masih ada kejanggalan lalu lintas dan kendaraan lainnya di Hanoi. Seperti pemotor yang kerap mengakses handphone saat berkendara hingga ketiadaan plat nomor depan.

"Di sini, peraturannya memang tidak ada plat nomor depan untuk motor. Namun, mobil harus," papar Charlie.

4 dari 5 halaman

Klasemen Medali

5 dari 5 halaman

Laporan Bola.com dari Hanoi

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

 

 

Video Populer

Foto Populer