Sukses


Macam-Macam Alat Musik Modern, Lengkap Beserta Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Alat musik adalah sebuah instrumen yang dibuat dengan tujuan menghasilkan suara. Adapun musik adalah susunan suara yang dihasilkan dari alat-alat hingga dapat menghasilkan irama.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), musik adalah nada atau suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan (terutama yang menggunakan alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi-bunyi itu).

Pada prinsipnya, segala sesuatu yang memproduksi suara dan dengan cara tertentu bisa diatur oleh musisi, dapat disebut sebagai alat musik. Alat musik memiliki variasi yang beragam.

Alat musik terbagi menjadi dua kategori, yakni tradisional dan modern. Secara umum, alat musik modern dapat dibedakan menjadi tiga golongan yaitu alat musik dawai, alat musik tiup, alat musik tuts, dan perkusi.

Berikut ini macam-macam alat musik modern yang sering digunakan, seperti dilansir dari emodul.kemdikbud.go.id, Rabu (18/5/2022). 

2 dari 6 halaman

Alat Musik Modern

Gitar Akustik

Gitar akustik pada umumnya mempunyai lubang di tengah tubuhnya. Gitar ini menghasilkan suara dari getaran sinar senar yang dialirkan melalui sadel dan jembatan tempat pengikat pada gitar yang masuk ke ruang suara.

Suara yang masuk ke dalam ruangan akan beresonasi terhadap kayu badan gitar. Kualitas kayu dan senar akan memengaruhi suara yang dihasilkan.

Umumnya gitar jenis ini banyak dimainkan sebagai solo instrument.

Gitar Elektrik

Sementara gitar elektrik atau biasa dikenal dengan gitar listrik berbentuk padat tanpa ada lubang di badannya. Gitar ini menghasilkan suara dari getaran senar yang mengenai kumparan yang ada di badan gitar, atau biasa disebut pickup.

Gitar jenis ini terkenal luas sebagai instrumen utama pada berbagai macam genre musik zaman sekarang, seperti musik jazz, reggae, metal, rock, pop, country, dan lainnya.

3 dari 6 halaman

Alat Musik Modern

Biola

Biola adalah sebuah alat musik dawai modern yang dimainkan dengan cara digesek. Biola memiliki empat buah senar dengan kunci G-D-A-E yang disetel berbeda satu sama lain dengan interval sempurna kelima.

Nada yang paling rendah pada biola adalah G.

Saksofon

Saksofon merupakan alat musik modern yang berasal dari Belgia. Alat musik tersebut diciptakan oleh Adolphe Sax pada 1840. Oleh karena itu alat ini disebut Saxophone.

Saksofon merupakan keluarga dari alat musik modern tiup bersuara logam yang jangkauan nada dan ekspresinya besar.

Saksofon pada umumnya dimainkan musik populer, band musik besar, dan para legenda jazz. Akan tetapi, awalnya alat musik ini digunakan sebagai instrumen orkestra dan band militer.

4 dari 6 halaman

Alat Musik Modern

Terompet

Terompet merupakan keluarga alat musik modern tiup yang terbuat dari logam. Terompet hanya memiliki tiga tombol.

Adapun cara menentukan nadanya dengan mengatur udara yang lewat dengan menekan secara teratur dan tidak sembarangan.

Untuk bermain alat musik tersebut harus memiliki napas yang panjang dan kuat. Jadi, bagi yang ingin menekuni alat musik ini disarankan untuk tidak merokok dan rajin berolahraga seperti joging di pagi hari, berenang, dan lainnya.

Harmonika

Harmonika merupakan satu di antara alat musik modern tiup yang sebenarnya sudah digunakan sejak 5000 tahun yang lalu di China, yang dikenal dengan nama sheng.

Harmonika merupakan satu di antara alat musik yang paling mudah untuk dimainkan setiap orang.

Caranya cukup dengan meniupkan dan menghisap lubangnya, harmonika sudah mengeluarkan suara yang bagus.

5 dari 6 halaman

Alat Musik Modern

Keyboard

Keyboard dalam permainan musik berfungsi sebagai orchestrator atau penyelaras dan aransemen. Alat musik modern ini dimainkan seperti piano.

Bedanya keyboard dapat memainkan berbagai macam suara alat musik, seperti trompet, seruling, gitar, biola sampai dengan suara perkusi.

Hanya dengan sebuah keyboard kita bisa bermain layaknya sebuah band yang nyaman untuk didengar, dengan memadukan berbagai suara alat musik di dalamnya.

Perbedaan yang mendasar antara keyboard dengan piano adalah keyboard membutuhkan listrik untuk memainkannya sehingga dapat diatur sedemikan rupa dengan pengeras suara.

Piano

Piano merupakan alat musik modern yang dimainkan dengan menekan tuts dengan jari-jemari tangan. Piano memiliki 88 tuts, lebih banyak daripada keyboard.

Bentuk dan fungsi piano hampir sama dengan keyboard, bedanya ukurannya lebih besar.

6 dari 6 halaman

Alat Musik Modern

Drum

Drum merupakan kelompok alat musik modern perkusi yang berperan penting dalam berbagai permainan atau pertunjukkan musik.

Hal itu karena drum merupakan wadah yang menentukan tempo permainan. Maka itu, tidak salah kalau drum bisa dibilang jantung dari permainan musik.

Ketipung

Ketipung merupakan alat musik yang mirip seperti gendang. Namun, ukuran ketipung lebih kecil.

Bahan untuk membuat ketipung juga mirip dengan gendang yaitu terbuat dari kayu, pada bagian tengahnya terdapat lubang dengan ukuran 20cm-40 cm.

Jika dipukul/ditabuh dengan tangan akan menghasilkan bunyi seperti musik dangdut, keroncong, dan melayu.

 

Sumber: Kemdikbud

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer