Sukses


Cerita SEA Games 2021: Sulitnya Mencari Makanan Halal di Vietnam, Untung Ada Kedai Ayam Goreng

Bola.com, Hanoi - Pengalaman kurang mengenakkan dirasakan Bola.com selama meliput SEA Games 2021. Ya, satu per satu kedai makanan saya datangi.

Satu per satu juga saya tanyakan: Apakah ada makanan halal seperti daging ayam atau daging sapi? Jawabannya kebanyakan tidak. Makanan halal memang jadi barang yang sulit ditemukan selama bertugas meliput SEA Games 2021 Vietnam.

"Memang di sini lebih banyak daging babi. Namun, kamu bisa menemukan daging ayam di restoran seperti KFC dan lainnya," ujar resepsionis tempat saya menginap di Hanoi.

Selama meliput SEA Games 2021, saya tidak hanya menetap di Hanoi. Saya juga beberapa hari bermalam di Viet Tri, Phu Tho, lokasi Timnas Indonesia U-23 bertanding di babak penyisihan SEA Games 2021.

Saat di Viet Tri, saya harus berjuang mencari makanan halal. Kedai makanan di sana mayoritas menyediakan daging babi. Satu-satunya makanan yang cukup mudah saya temukan adalah Pho, makanan khas Vietnam.

Jangan coba-coba menyantap sosis atau kedai daging di Viet Tri. Sudah dapat dipastikan bahwa dagingnya bukan daging ayam dan daging sapi.

 

2 dari 5 halaman

Pho Sang Penyelamat

Pho adalah makanan khas Vietnam. Sepintas, Pho seperti mi kuah yang dipadukan dengan daging dan sayuran. Ada berbagai macam daging. Namun, saya memilih daging ayam. Ketimbang mie, penampakan Pho malah lebih mirip soto ayam.

Pho disajikan di mangkuk dengan kuah yang penuh. Lantas, daging apa saja yang tersedia? Ada daging ayam hingga sapi. Paparan seledri juga kian meramaikan kuah Pho.

Di Hanoi, mencari makanan halal agak lebih mudah. Namun, perlu mencari beberapa kedai hingga restoran makanan yang cocok dengan lidah saya, terutama daging ayam.

 

3 dari 5 halaman

Kedai Ayam Goreng

Kemudian saya menemukan kedai ayam goreng di pinggir jalan ketika meliput cabang olahraga (cabor) pencak silat di Bac Tu Liem District Sporting Hall, Hanoi. Sepintas, kedai ayam goreng itu mirip dengan kedai-kedai ayam goreng di Indonesia.

Rasanya renyah. Kulit ayam gorengnya mantap. Rasanya seperti memakan ayam goreng di Indonesia. Harganya pun cukup ramah dengan kantung, sekitar 30 ribu Dong atau setara dengan Rp19 ribu.

Namun, kedai ayam goreng itu masih punya minus. Mereka tidak menyediakan nasi. Jadilah saya mengonsumsi ayam goreng beserta kentang goreng tanpa nasi.

Makanan paling aman di Hanoi dan kota lainnya di Vietnam sebenarnya adalah roti. Namun, tentu saja buat orang Indonesia roti tidak mengenyangkan perut. 

4 dari 5 halaman

Klasemen Medali

5 dari 5 halaman

Liputan Eksklusif Bola.com

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

 

 

Video Populer

Foto Populer