Sukses


Penyebab Pingsan saat Upacara Bendera dan Cara Mencegahnya

Bola.com, Jakarta - Pingsan atau kehilangan kesadaran bisa terjadi di berbagai kesempatan, seperti saat upacara bendera. Tak jarang kita melihat teman kita mendadak pingsan, atau bahkan diri kita sendiri yang mengalaminya, saat mengikuti upacara di sekolah.

Ada beberapa penyebab seseorang bisa pingsan saat upacara, satu di antaranya tak kuat berdiri terlalu lama di bawah panas.

Dilansir dari Klikdokter, kondisi pingsan saat upacara tidak terlalu mengkhawatirkan, justru kemungkinan cedera karena jatuh saat pingsan yang lebih mencemaskan.

Meski begitu, kita tentu tidak boleh menyepelekan kejadian pingsan saat upacara. Itulah mengapa, kita perlu mengetahui penyebab-penyebabnya sehingga mendapatkan cara untuk mengatasinya.

Berikut penyebab pingsan saat upacara bendera dan cara mencegahnya, seperti disadur dari Klikdokter, Kamis (19/5/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Penyebab Pingsan saat Upacara dan Cara Pencegahannya

1. Dehidrasi

Satu di antara penyebab terumum pingsan saat upacara adalah dehidrasi, terutama saat upacara di tengah terik sinar matahari. Kondisi ini membuat cairan tubuh menguap apalagi ditambah asupan minum yang kurang saat upacara.

Ketika tubuh kekurangan cairan, lemas-lemas dan pingsan pun dapat terjadi. 

Untuk mencegahnya, minumlah 1-2 gelas air sebelum upacara.

2. Tekanan darah rendah

Saat upacara berlangsung, Anda harus berdiri dalam waktu lama. Akibatnya, sirkulasi darah dapat mengalami perubahan. Hal ini kemudian dapat menyebabkan penurunan tekanan darah dan aliran darah ke otak sehingga memicu pingsan. 

Kondisi kelelahan dan kurang tidur juga dapat mengakibatkan turunnya tekanan darah. 

Untuk mencegah hal tersebut, cobalah menggerak-gerakkan kaki dan berubah posisi setiap 10-20 menit untuk melancarkan aliran darah, serta pastikan Anda istirahat cukup pada malam hari sebelum upacara.

3 dari 3 halaman

Penyebab Pingsan saat Upacara dan Cara Pencegahannya

3. Hipoglikemia

Hipoglikemia atau rendahnya kadar gula darah menjadi penyebab pingsan saat upacara. Bayangkan jika pada malam hari Anda terakhir makan pukul 19.00 kemudian tidur. 

Keesokan harinya Anda tidak sarapan dan melakukan upacara hingga pukul 09.00 pagi. Itu berarti tubuh Anda tidak mendapat asupan nutrisi selama 14 jam, yang kemudian dapat mencetuskan hipoglikemia. 

Untuk mencegahnya, usahakan sarapan sebelum melakukan upacara.

4. Penyakit tertentu

Beberapa penyakit tertentu, seperti epilepsi, tekanan darah tinggi, stroke, diabetes, sakit kepala kronik, dan penyakit jantung dapat menyebabkan pingsan saat upacara.

Maka itu jika Anda memiliki satu di antara dari penyakit tersebut, segera bicarakan dengan panitia upacara. Sedapat mungkin, pastikan Anda telah minum obat dan kondisi tubuh prima sebelum upacara.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 18/8/2017)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer