Sukses


Basket Putra Indonesia Raih Medali Emas SEA Games 2021: CdM: Ini Sejarah Besar!

Bola.com, Jakarta - Timnas bola basket putra Indonesia mencetak sejarah, untuk pertama kalinya merebut medali emas SEA Games.

Indonesia memenangi duel pamungkas melawan Filipina dengan skor 85-81 di Thanh Tri Gymnasium, Minggu (22/5/2022).

Indonesia belum pernah meraih medali emas sejak SEA Games 1977. Usai momen tersebut, Filipina menjadi negara tersukses di cabang ini dengan merebut 18 medali emas dari 20.

Tidak heran sukses basket putra mengalahkan Filipina pada SEA Games 2021 disambut euforia besar, tidak terkecuali CdM kontingen Indonesia Ferry Kono.

2 dari 5 halaman

Sejarah

Menurutnya Timnas Basket Putra Indonesia sudah membuat sejarah pada SEA Games 2021.

"Sore ini, Timnas Basket Indonesia kita membuat sejarah besar dengan untuk kali pertama mengalahkan Filipina sejak cabang olahraga basket dipertandingkan di SEA Games pada 1977," kata Ferry Kono.

"Ini emas pertama untuk basket di SEA Games. Ini sejarah bagi Timnas Basket kita. Dulu pernah, Timnas Indonesia pernah mengalahkan Filipina tapi di SEABA Cup pada 1996 di Surabaya. Saat ini, momen itu terjadi lagi tapi di multi-event SEA Games.

"Ini sejarah besar bagi kita, tak hanya di basket. Namun juga bagi bangsa kita Indonesia," lanjutnya.

3 dari 5 halaman

Motivasi Menpora

Momen menarik turut dirasakan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali.

Dia ternyata secara langsung memberikan motivasi kepada timnas basket Indonesia sebelum melakoni laga penentuan juara ketika melawan Filipina.

Ternyata, arahan Menpora Amali saat diruang ganti itu diimplementasikan punggawa basket putra Indonesia dengan baik saat menghadapai juara bertahan.

Alhasil, Filipina yang selalu mendominasi cabang olahraga basket dalam pesta olahraga negara-negara se-Asia Tenggara itu pun langsung meredup. Arki Wisnu Dikania cs., sukses mengalahkan juara 13 kali itu dengan skor 85-81.

4 dari 5 halaman

Semangat dari Menpora

"Sebentar lagi kalian akan main. Balikkan apa yang telah kalian alami saat di Manila. Ini kesempatan untuk mencetak sejarah karena ini lawannya sama," ucap Menpora Amali kepada para penggawa timnas basket putra Indonesia sebelum berlaga menghadapai Filipina.

"Buktikan jika kalian lebih baik dari mereka dan kembali ke Tanah Air dengan membawa medali emas, tapi jangan stres karena itu, jangan menjadi beban, main enjoy serta tahan emosi."

"Bisa ya, emas," ucap Menpora Amali yang diikuti oleh teriakan bisa para pemain dan staf pelatih di ruang ganti Thanh Tri Sport Information and Culutural Center Gymnasium.

Seperti diketahui, Timnas Basket Putra Indonesia akhirnya meraih juara dan sepertinya semangat Menpora telah memberikan suntikan motivasi luar biasa. 

5 dari 5 halaman

Liputan Eksklusif Bola.com

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

 

Video Populer

Foto Populer