Sukses


Cerita SEA Games 2021: Orang Vietnam Punya Nama Samaran agar Mudah Diingat

Bola.com, Hanoi - Nama orang Vietnam umumnya terdiri dari tiga kata. Nama marga, nama tengah, dan nama panggilan. Contohnya nama bintang tuan rumah dalam cabang olahraga (cabor) SEA Games 2021, Nguyen Tien Linh.

Nguyen adalah nama marganya, sementara Tien nama tengah dan Linh nama panggilannya. Nguyen menjadi nama marga paling populer di Negeri Paman Ho ini. Jumlahnya mencapai 46 persen dari 96 juta populasi Vietnam.

Lantaran saking banyaknya nama Nguyen di Vietnam, nama-nama orang Vietnam susah untuk diingat. Mungkin yang kita tahu namanya hanya Nguyen, tanpa tahu nama tengah atau belakangnya.

Akan tetapi, tahukah pembaca Bola.com jika sejumlah orang Vietnam punya nama samaran supaya mudah diingat oleh warga negara asing?

Orang-orang di Vietnam, khususnya yang bersinggungan dengan warga asing seperti staf hotel hingga pemandu perjalanan memiliki nama khusus. Contohnya, resepsionis dan pramusaji di tempat kami menginap selama gelaran SEA Games 2021.

2 dari 6 halaman

Fakta Unik

Seorang pramusaji memilih nama Charlie sebagai nama samarannya. Sementara resepsionis menggunakan nama Alex. "Kami punya nama samaran agar mudah diingat oleh warga asing dan turis di Vietnam," kata Charlie kepada Bola.com.

Local Organizer (LO) Timnas Indonesia U-23 di Viet Tri, Phu Tho, Nguyen Thi Kieu Trang mengatakan bahwa tidak semua orang Vietnam yang bekerja dengan orang asing mempunyai nama Inggris.

"Saya tidak punya nama Inggris. Sebab, nama saya mudah untuk diingat," kata perempuan yang karib dipanggil Trang itu.

3 dari 6 halaman

Susah Diucapkan

Trang adalah LO dari panitia penyelenggara SEA Games 2021 (VIESGOC) yang menemani Timnas Indonesia U-23 selama bertanding di babak penyisihan.

"Ada banyak alasan mengapa orang Vietnam memakai nama Inggris. Mereka suka. Selain itu, nama Vietnam cukup susah diucapkan," jelas Trang.

4 dari 6 halaman

Vietnam Juara Umum SEA Games 2021

Tuan rumah Vietnam menjadi juara umum SEA Games 2021 dengan mengoleksi 206 emas, 123 perak, dan 111 perunggu.

Kontingen Indonesia kukuh di posisi ketiga perolehan medali SEA Games 2021 dengan total mengumpulkan 69 medali emas, 92 perak, dan 80 perunggu.

Perolehan medali Indonesia sudah tak bisa dikejar dua pesaing terdekat, yakni Filipina dan Singapura. Filipina meraih 52 medali emas, 70 perak, dan 104 perunggu. Sementara Singapura 47 emas, 46 perak, dan 73 perunggu.

Kontingen Malaysia tercecer di posisi keenam, dengan 39 medali emas, 45 perak, dan 90 perunggu. Sementara perhelatan SEA Games 2021 akan ditutup pada hari ini, Senin (23/5/2022).

5 dari 6 halaman

Klasemen Medali SEA Games 2021

6 dari 6 halaman

Laporan Bola.com dari Hanoi

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer