Sukses


Pecah! Closing Ceremony SEA Games 2021 Ditutup dengan Lagu Jedag-Jedug, Ribuan Orang Ikut Berjoget

Bola.com, Hanoi - Upacara penutupan SEA Games 2021 berlangsung pecah. Para penonton, local organizer (LO), hingga volunteer turun ke bawah panggung untuk bernyanyi dan berjoget.

Bukan orang Vietnam namanya jika tidak berkaraoke dan bergoyang. Masyarakat Negeri Paman Ho itu memang gemar bersenandung.

Closing ceremony SEA Games 2021 digelar di Hanoi Athletics Palace, Hanoi, Senin (23/5/2022) malam waktu setempat.

Begitu rangkaian acara memasuki akhir, seratusan orang turun dari tribune untuk memenuhi sekeliling panggung.

Semula, panitia penyelenggara masih memutar lagu resmi SEA Games 2021 yang berjudul Let's Shine. Namun, lama-kelamaan, lagu jedag-jedug mulai dimainkan.

Puluhan orang lalu naik ke atas panggung untuk bernyanyi dan berjoget bersama. Upacara penutupan SEA Games 2021 yang awalnya berjalan dengan tenang, mendadak berubah layaknya tempat dunia gemerlap (dugem).

Sebelumnya, Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah dua tahun bekerja di Vietnam, Bastian Prayogo Manik mengatakan bahwa warga Vietnam memang hobi mendengarkan genre lagu elektronic dance musik (EDM) alias musik dansa elektronik.

"Warga Vietnam suka karaokean. Mereka kerap menyetel EDM," kata Bastian ketika ditemui Bola.com di Kota Viet Tri, Provinsi Phu Tho beberapa waktu lalu.

 

2 dari 5 halaman

Acara Closing Ceremony SEA Games 2021

Dalam upacara penutupan SEA Games 2021, parade becak Vietnam memulai upacara pada pukul 20.00 waktu setempat, disusul pemanggilan 11 peserta dan pengumuman klasemen akhir pesta olahraga ke-31 itu.

Vietnam menjadi juara umum SEA Games 2021 dengan perolehan 205 medali emas, 125 medali perak, dan 114 medali perunggu.

Thailand berada di peringkat kedua dengan 92 medali emas, 102 medali perak, dan 135 medali perunggu. Sementara itu, Indonesia bercokol di ranking ketiga dengan 69 medali emas, 92 medali perak, dan 80 medali perunggu.

Closing ceremony SEA Games 2021 berlanjut dengan pemutaran lagu kebangsaan Vietnam, Tien Quan Ca dan pidato Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Vietnam, Nguyen Van Hung.

Perdana Menteri Vietnam, Pham Minh Cinh juga turut berpitado dalam upacara penutupan SEA Games 2021.

 

3 dari 5 halaman

Tahun Depan di Kamboja

National Olympic Committee (NOC) Vietnam lalu menyerahkan bendera ASEAN kepada NOC Kamboja yang akan menjadi tuan rumah SEA Games pada 2023.

Lagu kebangsaan Kamboja yang berjudul Noko Reach juga berkumandang dalam upacara penutupan SEA Games 2021.

Closing ceremony SEA Games 2021 juga menggelar sejumlah pertunjukan budaya Kamboja, seperti Tari Apsara yang merepresentasikan jiwa dan identitas orang Khmer.

Karangan bunga putih yang dipakai para penari melambangkan negara-negara SEA Games yang bergandengan tangan demi perdamaian dan pembangunan.

SEA Games 2023 akan berpusat di Phnom Penh, Kamboja pada 5 Mei 2023 yang juga bakal diikuti 11 negara, termasuk Indonesia.

4 dari 5 halaman

Klasemen Medali Akhir SEA Games 2021

5 dari 5 halaman

Simak Berita SEA Games 2021 di Bola.com:

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

 

Video Populer

Foto Populer