Sukses


Contoh-Contoh Sampah Organik yang Ada di Lingkungan Sekitar, Ketahui Manfaatnya

Bola.com, Jakarta Sampah organik adalah sampah yang berasal dari makhluk hidup, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan. Sampah organik ini masih bisa dipakai jika dikelola dengan prosedur yang benar. Jadi, sampah ini bisa bermanfaat bagi kehidupan.

Sampah sendiri merupakan sisa-sisa kegiatan setiap hari dari manusia, atau dari proses alam yang terjadi. Sementara itu, sampah organik adalah sampah yang umumnya berasal dari tumbuh-tumbuhan dan mudah mengalami daur ulang.

Selain sampah organik, kamu juga bisa mengenali sampah anorganik. Berbeda dengan sampah organik, sampah anorganik adalah sampah yang tidak dapat diproses secara alami.

Sampah organik terbagi menjadi dua jenis, yakni sampah organik kering dan basah. Sampah organik kering merupakan sampah organik yang sedikit mengandung air. Sampah organik basah merupakan sampah organik yang banyak mengandung air.

Ada banyak contoh sampah organik yang sering dijumpai di lingkungan sekitar. Apa saja sampah organik tersebut?

Berikut ini rangkuman tentang contoh-contoh sampah organik di lingkungan sekitar, seperti dilansir dari dlh.bulelengkab.go.id, Rabu (25/5/2022).

2 dari 5 halaman

Contoh-Contoh Sampah Organik

  • Sisa-sisa makanan

Sisa makanan ini merupakan atau termasuk ke dalam golongan sampah organik karena sifatnya yang dapat didaur ulang kembali menjadi kompos.

  • Kulit biji dari buah sayur

Kulit biji dari buah sayur merupakan satu di antara kelompok sampah organik karena kulit dan biji dari sayuran biasanya hanya dibuang begitu saja oleh para pedagang atau konsumen sayuran.

  • Tulang ikan

Tulang ikan merupakan termasuk golongan sampah dan biasanya sampah organik ini dihasilkan oleh restoran-restoran penyaji makanan serba ikan.

  • Kotoran hewan atau sapi

Kotoran hewan merupakan satu di antara sampah organik yang memiliki manfaat yang cukup baik. Satu di antaranya kotoran sapi. Kotoran sapi merupakan contoh sampah organik yang dapat dimanfaatkan menjadi biogas alam.

3 dari 5 halaman

Contoh-Contoh Sampah Organik

  • Kotoran manusia

Kotoran manusia juga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi. Cuma biasanya kebanyakan orang merasa jijik dengan contoh sampah ini.

  • Kayu

kayu merupakan satu di antara sampah organik lain yang mungkin tidak ada gunanya bagi sebagian orang. Namun apabila berada di tangan orang yang kreatif sampah kayu ini dapat dimanfaatkan menjadi sumber energi terbaharukan karena mengandung sellulosa.

  • Dedaunan

Dedaunan yang rontok dari pohon apabila tidak dilakukan perawaatan tertentu akan menjadi satu di antara sampah organik yang dapat kita gunakan sebagai bahan utama kompos.

  • Bangkai hewan

Bangkai hewan merupakan satu di antara sampah organik yang mungkin tidak dapat kita manfaatkan secara utuh. Namun untuk bakteri pengurai bangkai hewan merupakan makananan kesukaan mereka.

4 dari 5 halaman

Contoh-Contoh Sampah Organik

  • Limbah pabrik kulit

Pabrik merupakan salah satu sumber sampah organik yang sangat luar biasa, karena ketidak mampuan kita untuk mengolah kembali limbah tersebut, hal yang dapat kita lakukan hanyalah mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh sampah organik dari pabrik ini.

  • Sampah organik dari rumah sakit

Rumah sakit merupakan tempat orang untuk memulihkan diri. Tidak dapat dimungkiri jika dalam rumah sakit pasti menghasilkan limbah atau sampah organik.

Hal tersebut yang mengharuskan kita untuk melakukan treatment khusus untuk dapat mengurainya kembali dan bisa menyatu dengan tanah.

5 dari 5 halaman

Manfaat Sampah Organik

Manfaat sampah organik adalah sebagai berikut:

1. Sampah Organik Untuk Kompos/ Pupuk Organik

Sampah organik merupakan sampah yang dapat didaur ulang. Sampah organik seperti buah busuk dan sayuran dapat dibuat menjadi suatu hal berguna, di antaranya kompos. Bahkan, pengolahan sampah organik untuk dijadikan kompos tidaklah sulit.

2. Tambahan Pakan Ternak

Sampah organik juga bisa sebagai tambahan pakan ternak. Tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai tambahan pakan kambing, sapi, dan kerbau, sampah organik juga dapat diolah menjadi pelet untuk makanan ayam dan ikan.

3. Biogas dan Listrik

Sampah organik merupakan sampah yang juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber listrik. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan sampah organik yang berasal dari kotoran hewan maupun manusia, limbah tempe dan tahu untuk digunakan sebagai bahan utama.

Sumber: Web Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Buleleng

Video Populer

Foto Populer