Sukses


Cara Mengatasi Sakit Mata Merah secara Alami yang Bisa Dilakukan di Rumah

Bola.com, Jakarta - Sakit mata merah menjadi keluhan kesehatan yang mengganggu. Mengalami keluhan ini membuat kita tidak nyaman saat beraktivitas.

Selain itu, mengalami sakit mata merah membuat penderitanya merasakan keanehan pada matanya, seperti mata bengkak, berair, perih, gatal, dan belekan.

Sakit mata merah biasanya disebabkan oleh iritasi, alergi, atau infeksi. Infeksi pada mata bisa disebabkan oleh virus, bakteri, bahkan jamur atau parasit.

Sakit mata biasanya akan membaik dengan sendirinya dalam waktu 1–2 minggu. Namun, tidak menutup kemungkinan sakit mata merah menjadi hal yang serius dan memerlukan bantuan medis.

Selain menggunakan obat dari dokter, ada beberapa cara mengatasi sakit mata merah secara alami yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Berikut ini cara mengatasi sakit mata merah secara alami, dikutip dari laman mayoclinic dan healthline, Sabtu (28/5/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Sakit Mata Merah secara Alami

1. Kompres Air Dingin

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit mata merah adalah dengan kompres air dingin. Coba meletakkan handuk yang dibasahi dengan air dingin di atas kelopak mata selama lima hingga 10 menit.

Suhu dingin yang keluar akan mengendurkan pembuluh darah sehingga sakit mata merah dapat berkurang.

2. Air Bunga Mawar

Cara mengatasi sakit mata merah selanjutnya adalah dengan menggunakan air bunga mawar. Air bunga mawar mengandung antiinflamasi yang efektif mengatasi iritasi.

Caranya, celupkan kapas pada air bunga mawar lalu letakkan di atas kelopak mata selama minimal lima menit.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Sakit Mata Merah secara Alami

3. Daun Sirih

Daun sirih juga satu di antara bahan alami yang populer khasiatnya untuk kesehatan dan dapat menyembuhkan sakit mata merah.

Langkah memakainya dengan mempersiapkan tiga lembar daun sirih yang telah bersih lantas di rebus dengan air sampai mendidih. Sesudah air dingin, pakai airnya serta bersihkan pada mata.

4. Kantong Teh

Menempelkan kantong teh dingin di mata Anda saat ditutup bisa menjadi cara untuk bersantai dan melepas lelah. Beberapa orang mengatakan bahwa ini bisa menjadi pengobatan rumahan yang efektif untuk sakit mata merah.

Beberapa jenis teh memiliki sifat antiinflamasi yang menenangkan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa teh hijau, teh chamomile, rooibos, dan teh hitam, memiliki sifat antiinflamasi.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Sakit Mata Merah secara Alami

5. Irisan Mentimun

Cara selanjutnya untuk mengatasi sakit mata merah bisa dilakukan dengan irisan mentimun. Mentimun memiliki kandungan antiinflamasi. Caranya cukup mudah.

Pertama, letakkan beberapa irisan mentimun dalam kulkas. Setelah dingin, letakkan irisan timun itu di atas mata selama 30 menit. Untuk hasil maksimal, lakukan cara tersebut dua hingga tiga kali dalam sehari.

6. Madu

Madu efisien untuk menyembuhkan sakit mata merah. Langkah memakainya, pertama bersihkan mata dengan kapas yang telah dibasahi oleh air hangat, lantas berikan madu di bagian mata yang terserang belekan.

Pakai sepanjang tiga kali satu hari dengan teratur hingga mata jadi sembuh kembali.

 

Sumber: Mayoclinic, Healthline

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer