Sukses


8 Macam Olahraga Ringan di Pagi Hari yang Mudah Dilakukan

Bola.com, Jakarta - Satu di antara waktu yang tepat untuk melakukan olahraga adalah di pagi hari. Selain udara yang cenderung masih bersih dan bebas polusi, tenaga kita juga terbilang masih terisi penuh.

Melakukan olahraga bisa mendatangkan beragam manfaat bagi tubuh kita, seperti menguatkan metabolisme tubuh dan menjaga tubuh agar tetap prima.

Tidak hanya dari segi kesehatan fisik, olahraga ampuh untuk menjaga kesehatan mental. Saat berolahraga, suasana hati Anda akan meningkat sehingga terbebas dari stres.

Di sisi lain, masih banyak yang berpikiran bahwa olahraga di pagi hari adalah suatu hal yang memberatkan dan sulit dilakukan. Padahal, banyak olahraga yang bisa dilakukan di pagi hari yang bersifat ringan dan mudah dilakukan oleh semua kalangan.

Berikut tujuh macam olahraga ringan di pagi hari yang mudah dilakukan, seperti disadur dari Kapanlagi, Kamis (9/6/2022).

2 dari 5 halaman

Macam-Macam Olahraga Ringan di Pagi Hari

1. Jalan Kaki

Olahraga yang sangat mudah dan simpel dilakukan, yaitu dengan melakukan olahraga jalan kaki pagi. Olahraga ringan yang aman ini bisa dilakukan oleh banyak kalangan, dari anak-anak, lansia, hingga ibu hamil.

Jalan kaki bila dilakukan secara rutin dapat menurunkan berat badan dan memberikan kesehatan pada tubuh. Tentu, manfaat jalan kaki bagi kesehatan bukan hanya itu saja.

Manfaat lain jalan kaki, yaitu dapat mengatasi penyakit jantung, meningkatkan suasana hati, melancarkan peredaran darah, melancarkan pencernaan, dan mengatasi insomnia. Tak perlu jalan kaki dengan waktu yang lama, Anda bisa menerapkan olahraga ringan ini selama 30 menit.

 2. Sit Up

Selanjutnya, olahraga yang mudah untuk Anda lakukan yaitu sit up. Tak perlu keluar rumah, Anda bisa melakukan olahraga ringan ini di rumah, mungkin sambil mendengarkan musik favorit.

Bahkan, cara melakukan gerakan sit up un cukup mudah seperti berbaring dengan punggung menempel di lantai, lutut menekuk, tempelkan kaki ke lantai atau minta seseorang untuk memeganginya.

Letakkan tangan di belakang kepala, atau letakkan tangan secara menyilang di bahu. Hindari mendorong leher ke atas. Tarik napas saat mengangkat tubuh bagian atas, dan embuskan saat selesai melakukan gerakan tersebut. Turunkan badan bagian atas ke lantai secara perlahan kembali pada posisi semula.

3 dari 5 halaman

Macam-macam Olahraga Ringan di Pagi Hari

3. Jumping Jack

Jumping jack menjadi satu di antara olahraga ringan yang cocok dilakukan di pagi hari. Jenis olahraga yang satu ini bisa dengan mudah dilakukan di rumah. Jumping jack terbilang olahraga yang mudah dan sederhana karena tidak membutuhkan peralatan.

Cara melakukan gerakan ini bisa dengan berdiri tegak dengan posisi kaki rapat dan tangan di samping tubuh. Angkat kedua lengan dengan cepat ke atas kepala samping sambal melompat. Lakukan gerakan ini ke berbagai arah dalam hitungan ke delapan.

4. Yoga

Yoga merupakan jenis aktivitas yang bermanfaat untuk kesehatan fisik, mental, dan spritual sepanjang hari. Latihan yoga sebaiknya dilakukan di pagi hari dalam kondisi perut masih kosong.

Dengan melakukan yoga secara rutin, Anda juga akan mendapatkan manfaat seperti mengurangi stres, menghilangkan sakit punggung, mengurangi masalah asma, dan dapat membakar lemak di tubuh.

4 dari 5 halaman

Macam-macam Olahraga Ringan di Pagi Hari

5. Lompat Tali

Satu di antara jenis olahraga yang paling digemari ini juga cukup mudah untuk dilakukan, yaitu lompat tali. Olahraga ini tergolong olahraga ringan yang bisa dengan santai Anda lakukan di rumah.

Manfaat dari lompat tali, yakni tubuh akan menjadi lebih sehat dan bisa menurunkan berat badan. Selain itu, lompat tali dapat membentuk otot tubuh bagian atas dan bawah, menambah daya tahan tubuh, melatih koordinasi tubuh, serta meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah.

6. Stretching

Stretching merupakan satu di antara olahraga ringan yang bisa Anda lakukan di pagi hari. Olahraga ini terbilang sederhana, tetapi dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Adapun manfaat dari stretching, yaitu bisa membuat otot-otot bisa bekerja dengan baik, tubuh akan merasa lebih rileks, memperbaiki postur tubuh, dan melancarkan peredaran darah. Ada baiknya, Anda lakukan stretching setiap hari maka tubuh Anda akan jauh lebih ideal.

 

5 dari 5 halaman

Macam-macam Olahraga Ringan di Pagi Hari

7. Bersepeda

Bersepeda menjadi satu di antara jenis olahraga yang menyenangkan, cocok dilakukan sambil bersantai keliling kompleks. Dengan melakukan olahraga bersepeda, kadar gula darah Anda bisa menurun drastis.

Selain itu, bersepeda baik untuk menguatkan jantung dan meningkatkan fungsi paru-paru. Olahraga ini juga sangat baik untuk menurunkan berat badan karena meningkatnya aliran darah ke kaki sehingga dapat membakar kalori.

Tak perlu bersepeda dalam waktu yang lama, Anda cukup melakukannya secara rutin selama 30 menit.

8. Squat

Terakhir, macam olahraga yang bisa Anda lakukan secara ringan yaitu squat. Banyak orang lupa untuk melatih tubuh bagian bawah hingga mereka banyak menemui paha-paha lemas berlemak. Nah, squat cocok untuk Anda pilih di pagi hari.

Gerakannya hanya menurunkan badan ke bawah sambil menjaga tubuh tetap tegak. Untuk menambah bobot, Anda bisa menggunakan perlengkapan yang ada di dalam kamar.

 

Disadur dari: Kapanlagi.com (Penulis: Dita Tamara. Published: 29/12/2020)

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer