Sukses


Fajar / Rian: Juara Indonesia Masters 2022 Tidak Mau Kami Jadikan Beban di Indonesia Open 2022

Bola.com, Jakarta - Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sukses keluar sebagai juara Indonesia Masters 2022 nomor ganda putra usai mengandaskan perlawanan Liang Wei Keng/Wang Chang, Minggu (12/6/2022) di Istora Senayan. Ini jadi modal bagus jelang turnamen Indonesia Open 2022.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menyelamatkan wajah tuan rumah setelah menjadi satu-satunya wakil tuan rumah yang menyabet gelar juara Indonesia Masters 2022. Mereka memenangi perlawanan ganda putra China dengan skor 21-10 dan 21-17.

Maklum saja, wakil Indonesia lainnya, Apriyani Rahayu/Siti Fadia kandas pada laga pemungkas nomor ganda putri. Fajar/Rian juga mengukuhkan konsitensi ganda putra di beberapa turnamen bulutangkis, tak terkecuali Indonesia Masters 2022.

"Alhamdulillah bisa menjadi juara di Istora. Gim pertama lumayan menguasai, lumayan jauh. Gim kedua agak sedikit ramai tadi ya, sempat teringgal 9-13, mereka mengubah pola permainan, tetapi pelatih kasih instruksi tidak boleh lengah," kata Fajar usai pertandingan.

"Yang pasti karena kerja keras. Kalau saya sebagai penanggung jawab tim ganda putra harus melihat lawan juga. Jadi kami semua belajar. Saya juga sering sharing, bagaimana antisipasi kekuatan lawan, buat evaluasi," tambah Herry Iman Pierngadi, pelatih ganda putra.

2 dari 4 halaman

Kunci Kemenangan

Rian kemudian menceritakan kendala saat bertanding. Ada beberapa momen di mana ia dan rekannya telat dalam membaca arah permainan lawan.

"Lawan bermain sangat baik, terutama di gim kedua saat mereka sudah mulai menemukan pola permainan. Tapi kami lebih siap dalam meladeni permainan lawan," sambung Rian.

"Yang pasti tadi gim kedua kita kalah angin jadi kita mungkin lebih berani bermain bola panjang atau defense. Yang penting percaya diri," kata Fajar menimpali.

3 dari 4 halaman

Tidak Mau Jadi Beban

Kemenangan ini tentunya menjadikan ekspektasi berlebih ada di puncak Fajar/Rian. Apalagi di Indonesia Open 2022 yang berlangsung dalam waktu dekat mereka diharapkan bisa mengulang prestasi serupa.

Mengenai hal ini, Fajar menegaskan bahwa ia dan rekannya bakal menanggalkan gelar atau status juara Indonesia Masters 2022. Sebab itu akan membuat mereka terbebani.

"Setelah juara pasti masyarakat ingin kita lebih konsisten. Tergantung kita berpikirnya seperti apa, apalagi ke depan ada Indonesia Open ya. Jangan terlalu dijadikan beban," ujar Fajar menambahkan.

"Setelah ini kita bukan (berstatus) juara lagi. Besok kita sudah akan mulai latihan lagi. Jangan sampai kita jadikan ini sebagai beban, malah seharusnya jadi motivasi di level yang lebih tinggi," katanya lagi.

4 dari 4 halaman

Hasil Final Indonesia Masters 2022

  • Ganda Campuran: Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong vs Thom Gicquel/Dephine Delrue 21-13, 21-14
  • Tunggal Putra: Viktor Axelsen vs Chou Tien Chen 21-10, 21-12
  • Tunggal Putri: Chen Yu Fei vs Ratchanok Intanon 21-16, 18-21, 21-15
  • Ganda Putri: Chen Qing Chen/Jia Yi Fan vs Apriyani Rahayu/Siti Fadia 18-21, 12-21
  • Ganda Putra: Liang Wei Keng/Wang Chang vs Fajar Alfian vs Muhammad Rian Ardianto 10-21, 17-21

Video Populer

Foto Populer