Sukses


Pengertian Wawasan Nusantara, Fungsi, Tujuan, Hakikat, dan Contoh Implementasinya di Masyarakat

Bola.com, Jakarta - Wawasan nusantara yaitu cara pandang dan sikap bangsa Indonesia terkait diri dan lingkungannya dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Sederhananya, wawasan nusantara adalah cara padang bangsa Indonesia terhadap diri sendiri dan lingkungannya.

Wawasan nusantara penting diterapkan dalam segala aspek kehidupan masyarakat agar tidak terjadi penyimpangan dalam mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional.

Istilah wawasan nusantara berasal dari tiga kata dalam bahasa Jawa, yaitu wawas, nusa, dan antara.

Apabila diartikan satu persatu, wawas berarti pandangan, tinjauan, penglihatan. Kata "nusa" berarti pulau atau kesatuan kepulauan, sedangkan kata "antara" berarti di antara dua benua dan dua samudra.

Dari arti ketiga kata tersebut, dapat ditarik kesimpulan bawah wawasan nusantara adalah cara pandang terhadap kesatuan kepulauan yang berada di antara dua benua dan dua samudra (bangsa Indonesia).

Itulah sedikit gambaran secara umum tentang wawasan nusantara. Untuk lebih jelasnya, berikut ini pembahasannya, seperti dilansir dari laman Maxmanroe dan Gurupendidikan, Kamis (16/6/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Para Ahli

1. Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Para Ahli

  • Prof. Wan Usman; Wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam.
  • Samsul Wahidin; Wawasan nusantara adalah cara pandang, cara memahami, cara menghayati, cara bersikap, bertindak, berpikir, dan bertingkah laku bagi bangsa Indonesia sebagai hasil interaksi proses-proses psikologis, sosiokultural dalam arti yang luas dengan aspek-aspek astagatra.
  • Munadjat Danusaputro; Wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya dalam eksistensi yang serba- terhubung serta pemekarannya di tengah-tengah lingkungan tersebut berdasarkan asas nusantara.
  • Srijanti, Kaelan, dan Achmad Zubaidi; Wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta sesuai dengan geografi wilayah nusantara yang menjiwai kehidupan bangsa dalam mencapai tujuan atau cita-cita nasionalnya.
  • Sumarsono; Wawasan nusantara adalah nilai yang menjiwai segenap peraturan perundang-undangan yang berlaku pada setiap strata di seluruh wilayah negara sehingga menggambarkan sikap dan perilaku, paham serta semangat kebangsaan atau nasionalisme yang tinggi yang merupakan identitas atau jati diri bangsa Indonesia.
3 dari 5 halaman

Fungsi dan Tujuan Wawasan Nusantara

2. Fungsi Wawasan Nusantara

  • Sebagai wawasan pembangunan
  • Sebagai konsep ketahanan nasional
  • Sebagai wawasan pertahanan dan keamanan
  • Sebagai wawasan kewilayahan

3. Tujuan Wawasan Nusantara

Secara umum, tujuan wawasan nusantara adalah untuk mewujudkan rasa cinta tanah air (nasionalisme) dari semua aspek kehidupan masyarakat Indonesia. Tujuan tersebut dinyatakan dengan tindakan dan perilaku masyarakat Indonesia yang lebih mengutamakan kepentingan nasional daripada kepentingan pribadi, kelompok dan golongan, suku bangsa atau daerah, dan agama.

4 dari 5 halaman

Hakikat Wawasan Nusantara

4. Hakikat Wawasan Nusantara

Dalam hal ini hakikat wawasan nusantara adalah menjaga keutuhan nusantara secara menyeluruh dalam ruang lingkup nusantara demi kepentingan bangsa dan negara.

Seluruh masyarakat Indonesia, baik pejabat pemerintah dan warga, harus berpikir, bersikap, dan bertindak untuk kepentingan bangsa dan negara Indonesia. Semua produk yang dibuat oleh lembaga negara berada dalam ruang lingkup dan kepentingan Indonesia tanpa mengesampingkan kepentingan wilayah, golongan, dan individu.

Dalam butir-butir Garis Besar Haluan Negara (GBHN) juga disebutkan bahwa hakikat wawasan nusantara diwujudkan dengan pernyataan bahwa kepulauan nusantara adalah satu kesatuan ekonomi, politik, sosial budaya, dan pertahanan keamanan.

5 dari 5 halaman

Contoh Implementasi Wawasan Nusantara

5. Contoh Implementasi Wawasan Nusantara

Berikut ini beberapa contoh implementasi wawasan nusantara di masyarakat:

  • Menjadikan falsafah Pancasila sebagai pedoman hidup bernegara dan bermasyarakat. Hal ini dapat dilakukan dengan tindakan nyata sehari-hari yang mencerminkan nilai-nilai religius, kekeluargaan, dan menjaga persatuan sesuai Pancasila.
  • Sikap cinta tanah air yang diwujudkan dengan sikap yang lebih mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi, golongan, dan agama.
  • Mewujudkan pembangunan bangsa dengan tindakan nyata dan prestasi. Misalnya, bagi seorang atlet maka ia dapat menunjukkan rasa cinta tanah air dengan berprestasi di bidang olahraga.

 

Sumber: Maxmanroe, Gurupendidikan

Yuk, baca artikel pengertian lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer