Sukses


Contoh-Contoh Sikap Menghormati Guru di Sekolah, Siswa Wajib Tahu

Bola.com, Jakarta - Sebagai makhluk sosial, setiap manusia membutuhkan orang lain dan lingkungan sosial untuk bersosialisasi dan berinteraksi. Saat berinteraksi tersebut, penting untuk bisa menjunjung tinggi sikap saling menghargai dan menghormati sesama.

Dengan saling menghargai dan mengormati tersebut akan menjadikan kehidupan bermasyarakat minim konflik atau perpecahan.

Sikap saling menghormati tersebut bisa kamu lakukan terhadap orang sekitar, mulai keluarga hingga lingkungan masyarakat yang lebih luas.

Maka itu, sikap saling menghormati perlu ditanamkan sejak dini, baik di lingkungan keluarga maupun di sekolah. Sama seperti orang tua di rumah, guru juga harus dihormati.

Hal ini dikarenakan guru merupakan orang tua kedua bagi siswa di sekolah. Keberadaan guru sangat jasa untuk para siswanya karena telah mengajar, mendidik, dan membimbing.

Berikut ini kumpulan contoh sikap menghormati guru di sekolah yang perlu diketahui siswa, dilansir dari smadwiwarna.sch.id, Jumat (17/6/2022).

2 dari 8 halaman

1. Mendengarkan Materi Pelajaran yang Disampaikan

Saat guru mengajar, siswa harus selalu mendengar dan memperhatikan apa yang disampaikannya. Bila perlu, catat poin-poin penting materi pelajaran yang disampaikan.

Jangan pernah sekali-kali mengobrol, bermain ataupun tidur ketika guru sedang menjelaskan materi di kelas. Jika melakukan aktivitas seperti itu sama halnya sedang meremehkan guru.

3 dari 8 halaman

2. Memberi Salam

Seiring berjalannya waktu, budaya memberi salam kepada guru mulai luntur. Padahal, budaya seperti ini merupakan wujud kesopanan dalam menghargai orang lain.

Namun, ada juga yang masih terus melakukan budaya memberi salam hingga saat ini. Di mana setiap guru masuk kelas untuk mengajar dan keluar kelas semua murid akan memberi salam.

Meski sederhana, guru akan merasa dihormati dan dihargai oleh murid-muridnya.

4 dari 8 halaman

3. Selalu Mengerjakan Tugas yang Diberikan Guru

Selalu mengerjakan tugas merupakan satu di antara contoh sikap menghormati guru. Ketika guru memberi tugas, siswa selalu mengerjakan tugas tersebut dengan baik.

Jika semua siswa mengerjakan tugas yang diberikan, guru akan merasa dihormati sebagai tenaga pengajar. Selain itu, guru menjadi lebih semangat membimbing muridnya.

5 dari 8 halaman

4. Mentaati Perintah Guru

Guru tidak hanya menginginkan muridnya menjadi sosok yang pintar dan berguna, tetapi juga berperilaku baik. Jika ada yang berperilaku kurang baik guru akan selalu memberi nasihat.

Dengar semua nasihat yang disampaikan guru dan taati perintahnya.

6 dari 8 halaman

5. Tidak Memotong Pembicaraan Guru

Saat guru sedang menjelaskan materi pelajaran di kelas, jangan sekali-kali menyela pembicaraan. Apabila ingin bertanya atau mengatakan sesuatu sebaiknya tunggu sampai guru selesai menjelaskannya.

Dengan begini, guru akan merasa dihargai sehingga lebih semangat mengajar lagi.

7 dari 8 halaman

6. Bersikap Lemah lembut Terhadap Guru

Guru tidak hanya memberikan pendidikan dan pengajaran yang ikhlas kepada muridnya, tetapi juga memberikan kasih sayang dan perhatian. Saat murid susah diatur, guru dengan sabar untuk mengingatkan.

Guru juga tidak pernah mengharapkan imbalan dari muridnya. Maka itu, sebagai murid harus bersikap lemah lembut, tidak berkata kasar atau membentak guru. Sebagai bentuk hormat kepada guru sebaiknya perlakukan mereka dengan baik.

8 dari 8 halaman

7. Mengucapkan Terima Kasih

Banyak ilmu, pengetahuan, pembelajaran, perhatian, dan kasih sayang yang diberikan guru selama berada di sekolah. Jangan sampai tidak mengucapkan terima kasih atas semua yang telah diberikan.

Guru memberikan semuanya tanpa mengharapkan imbalan. Hanya, sebagai murid harus menghargai dan menghormatinya dengan tidak lupa mengucapkan terima kasih.

 

Sumber: Web SMA Dwiwarna Boarding School

Dapatkan artikel contoh dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer