Sukses


Pengertian Opini beserta Ciri-Ciri dan Jenis-Jenisnya

Bola.com, Jakarta - Opini merupakan sebuah pernyataan atau pendapat yang biasa kita temui. Opini adalah tanggapan terhadap rangsangan yang disusun melalui interpretasi personal.

Opini merupakan pernyataan yang masih belum meyakinkan dan sering digunakan dalam hal subjektif. Opini juga sering digambarkan sebagai bentuk ekspresi dari seseorang terhadap sesuatu.

Dalam penggunaan biasa, istilah opini merupakan hasil dari perspektif, pemahaman, perasaan, keyakinan, dan keinginan seseorang.

Menurut Cambridge Dictonary, opini adalah sebuah pemikiran atau keyakinan tentang sesuatu atau seseorang. Kata opini sendiri berasal dari bahasa latin, yaitu opinari yang memiliki arti 'berpikir' atau 'menduga'.

Kata opini mengandung akar kata onis yang berarti harapan. Dalam bahasa Inggris, kata 'opinion' berhubungan erat dengan kata option dan hope, yang artinya pilihan atau harapan.

Agar lebih paham lagi, berikut rangkuman tentang opini, disadur dari Merdeka, Rabu (22/6/2022).

2 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Opini

  • Dari segi isi, kebenaran opini bisa disesuaikan dengan kenyataan pada kepentingan tertentu.
  • Dari segi kebenaran, opini dikatakan benar atau tidak disesuaikan dengan data pendukung atau konteks yang dijabarkan.
  • Dari segi pengungkapan. opini cenderung persuasif dan argumentatif.
  • Dari segi penalaran, opini cenderung bersifat deduktif. Dalam kalimat opini banyak berisi pendapat dari diri sendiri atau pun dari orang lain.
  • Pernyataan yang dipaparkan dalam kalimat opini cenderung subjektif. Artinya, hanya dikemukakan menurut salah satu pihak sehingga sulit dikatakan netral.
  • Kalimat opini cenderung menggunakan kata yang bersifat relatif. Maksudnya, kata atau frasa yang ada di dalamnya dapat berubah tergantung siapa yang mengucapkannya.
3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Opini

Opini Individu

Opini individu merupakan pendapat seseorang secara perorangan mengenai sesuatu yang terjadi di masyarakat. Opini ini bisa menyatakan kesetujuan atau ketidak setujuan tentang suatu topik.

Opini Pribadi

Opini pribadi adalah pendapat asli seseorang mengenai suatu masalah sosial. Opini pribadi timbul apabila seseorang tanpa dapat dipengaruhi oleh orang lain, menyetujui atau tidaknya suatu masalah sosial.

Opini Kelompok

Opini Kelompok merupakan masalah sosial yang menyangkut kepentingan banyak orang termasuk sekelompok orang tersebut.

Opini Mayoritas

Opini mayoritas adalah pendapat orang-orang terbanyak dari mereka yang berkaitan dengan suatu masalah yang pro atau kontra. Opini ini biasanya ada di forum terbuka dalam bentuk lembaga.

Opini Minoritas

Opini minoritas merupakan kebalikan dari opini mayoritas, yang mana pendapat relatif dalam jumlahnya sedikit dibandingkan jumlah mereka terkait dengan suatu masalah sosial.

Opini Publik

Opini publik merupakan sekumpulan pandangan individu tentang isu yang sama. Opini publik adalah sikap yang ditunjukkan seseorang kepada khalayak tanpa harus membahayakan dirinya sendiri. Opini publik diibaratkan suatu proses penggabungan pikiran, usul dan perasaan yang diungkapkan warga negara secara individu kepada pilihan kebijakan.

Opini Massa

Opini massa merupakan tahap kelanjutan dari opini publik. Opini yang bersifat massa akan cenderung beralih bentuk menjadi tindakan fisik.

Opini Umum

Opini umum adalah pendapat yang sama dari semua orang dalam suatu masyarakat mengenai masalah yang menyangkut kepentingan umum.

4 dari 4 halaman

Perbedaan Opini dan Fakta

Dilansir dari keydifferences.com, berikut adalah penjelasan singkat tentang perbedaan opini dan fakta:

  • Fakta digambarkan sebagai pernyataan yang dapat diverifikasi atau dibuktikan kebenarannya. Sedangkan opini adalah ekspresi penilaian atau keyakinan tentang sesuatu.
  • Fakta bergantung pada pengamatan atau penelitian, sedangkan opini didasarkan pada asumsi.
  • Fakta adalah realitas objektif, sedangkan opini adalah pernyataan subjektif.
  • Fakta dapat diverifikasi dengan bantuan bukti atau statistik. Sedangkan opini tidak didukung oleh bukti apa pun.
  • Fakta menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi. Berbeda dengan opini, yang mewakili persepsi tentang sesuatu.
  • Satu di antara fitur penting dari fakta ini adalah bahwa ini universal dan tidak berbeda dari orang ke orang. Sedangkan opini berbeda di setiap manusia tentang subjek tertentu dan karenanya, opini lebih bervariasi dari satu orang ke orang lain.
  • Fakta ditampilkan dengan kata-kata yang tidak memihak, namun opini diungkapkan dengan kata-kata yang bias.
  • Fakta dapat mengubah pendapat siapa pun, tetapi opini sebaliknya.
  • Fakta adalah informasi yang nyata sehingga tidak dapat ditantang atau diperdebatkan. Sementara opini dapat diperdebatkan.

 

Disadur dari Merdeka.com (Penulis: Andre Kurniawan. Published: 27/8/2021)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer