Sukses


Manfaat Olahraga Kardio bagi Kesehatan Tubuh

Bola.com, Jakarta - Melakukan olahraga secara rutin dapat mendatangkan beragam manfaat yang baik kesehatan tubuh.

Satu di antara jenis olahraga yang tidak perlu diragukan lagi baik untuk kesehatan tubuh adalah olahraga kardio atau kardiovaskular.

Olahraga kardio bisa dilakukan oleh siapa pun, tanpa memandang jenis kelamin dan usia. Selain itu, olahraga ini bisa dilakukan baik di dalam rumah maupun di luar ruangan.

Olahraga kardio adalah serangkaian aktivitas fisik yang dapat membantu meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru.

Contoh olahraga kardio yang bisa dilakukan seperti, bersepeda, berenang, berjalan, joging, lompat tali, aerobik, dan sebagainya.

Berikut ini manfaat olahraga kardio bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui, dikutip dari laman Klikdokter, Senin (27/6/2022).

2 dari 5 halaman

Manfaat Olahraga Kardio bagi Kesehatan Tubuh

1. Menurunkan Berat Badan

Olahraga kardio disebut sebagai olahraga yang paling efektif untuk menurunkan berat badan. Manfaat olahraga kardio untuk membantu membakar lemak dan kalori tentu perlu dipertimbangkan.

Saat berolahraga kardio, Anda dapat mencapai target denyut jantung per menit. Hal ini dapat membantu membakar kalori dengan jumlah yang banyak. Lemak pun akan ikut terbakar.

Tak hanya itu, otoritas kesehatan merekomendasikan 150 menit olahraga kardio per minggu untuk mengurangi risiko gangguan kesehatan.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat olahraga kardio yang satu ini mungkin sudah banyak diketahui. Olahraga kardio berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung dan membuat organ tersebut kuat karena tidak perlu bekerja ekstra untuk memompa darah.

Pemilihan jenis olahraga kardio yang tepat serta rutinnya latihan yang dilakukan dapat melatih jantung sehingga jantung menjadi lebih kuat.

3 dari 5 halaman

Manfaat Olahraga Kardio bagi Kesehatan Tubuh

3. Meningkatkan Metabolisme

Sama dengan jenis olahraga lainnya, olahraga kardio dapat membantu menjaga metabolisme tubuh. Dengan melakukannya secara rutin, Anda dapat membantu menjaga tubuh tetap sehat dan bugar karena metabolisme tubuh dapat berjalan dengan baik.

4. Meningkatkan Kapasitas Paru-paru

Selain baik untuk kesehatan jantung, olahraga kardio yang dilakukan secara rutin dapat melatih paru-paru sehingga kapasitasnya dapat meningkat. Nah, bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan sistem pernapasan, mulailah untuk mencari jenis olahraga kardio yang cocok.

Usahakan jenis olahraga yang dipilih adalah olahraga yang Anda sukai sehingga Anda lebih bersemangat untuk rutin melakukannya.

4 dari 5 halaman

Manfaat Olahraga Kardio bagi Kesehatan Tubuh

5. Mencegah Berbagai Penyakit

Manfaat olahraga kardio selanjutnya adalah membantu mengurangi risiko berbagai penyakit. Gangguan kesehatan yang dimaksud seperti serangan jantung, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes, dan beberapa bentuk kanker.

Rutin berolahraga yang dibarengi dengan menjaga pola hidup sehat dapat mengurangi risiko terkena berbagai penyakit, seperti gangguan pada jantung, kolesterol tinggi, dan kencing manis karena metabolisme tubuh yang tetap terjaga dengan baik.

6. Membantu Menaikkan Mood

Dengan rutin melakukan olahraga kardio, Anda dapat membantu tubuh melepaskan hormon hormon serotonin dan dopamin. Keduanya dapat dikatakan sebagai hormon "baik" dalam tubuh.

Peningkatan profil hormon ini dapat membantu meringankan gejala depresi, kecemasan, dan kelelahan. Dengan begitu, Anda akan menjadi lebih bahagia.

5 dari 5 halaman

Manfaat Olahraga Kardio bagi Kesehatan Tubuh

7. Membantu Tidur Lebih Baik

Tidur malam yang berkualitas merupakan satu di antara bagian dari penerapan gaya hidup sehat. Istirahat cukup mampu mengembalikan energi yang hilang setelah aktivitas padat seharian.

Anda akan terbangun dengan kondisi tubuh yang lebih segar. Jadi, manfaat olahraga kardio tidak hanya mengeluarkan kalori lebih banyak setiap harinya. Namun, Anda juga akan lebih mudah untuk beristirahat dan memiliki kualitas tidur yang baik.

8. Mengurangi Stres

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, olahraga kardio mampu membantu tubuh memproduksi hormon "baik" yang membuat Anda lebih bahagia. Manfaat olahraga kardio yang satu ini sangat berguna bagi Anda yang kerap mengalami stres.

Jadwalkanlah untuk melakukan olahraga kardio untuk mengurangi stres yang dialami.

 

Disadur dari: Klikdokter.com

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer