Sukses


8 Manfaat Salat Tahajud bagi Umat Muslim yang Rutin Mengerjakannya

Bola.com, Jakarta - Umat muslim tak hanya diwajibkan melaksanakan ibadah wajib salat lima waktu, tetapi juga dianjurkan menunaikan ibadah sunah, seperti salat tahajud.

BACA JUGA: Keutamaan Sholat Tahajud 40 Hari Berturut-Turut, Memperkuat Hubungan Dengan Allah SWT

Dalam ajaran Islam, umat muslim disarankan untuk melaksanakan salat tahajud sebagaimana telah ditegaskan dalam Al-Qur'an surah Al-Isra ayat 79 sebagai berikut.

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا

Artinya: "Dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji." (QS. 17:79).

Salat tahajud bisa dikerjakan kapan pun dalam kurun waktu setelah salat isya sampai masuknya waktu subuh. Meski begitu, ada waktu yang paling dianjurkan untuk melaksanakan salat tahajud, yaitu sepertiga malam terakhir.

Adapun dalam pelaksanaanya, salat sunah ini dikerjakan dua rakaat, dua rakaat dengan jumlah rakaat tak terbatas. Kendati begitu, menurut hadis HR Bukhari dan Muslim, Rasulullah saw. tidak pernah mengerjakan salat tahajud lebih dari 11 atau 13 rakaat (jumlah rakaat beserta witir).

Untuk menunaikan salat tahajud, umat muslim diharuskan untuk tidur terlebih dahulu. Salat tahajud memiliki banyak manfaat bagi umat muslim yang mengerjakannya.

Berikut ini sejumlah manfaat salat tahajud yang perlu diketahui, disadur dari Merdeka, Selasa (28/6/2022).

2 dari 5 halaman

Manfaat Salat Tahajud

1. Diberikan Tempat Terpuji dan Mulia di Sisi Allah Swt.

Orang yang melaksanakan salat tahajud akan diberikan tempat terpuji dan mulia di sisi Allah Swt. Inilah janji Allah Swt. yang akan mengangkat umat-Nya ke tempat terpuji, bagi yang menunaikan salat tahajud dengan tekun dan ikhlas mengharapkan rida Ilahi.

"Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (surga) dan mata air, mereka mengambil apa yang diberikan Tuhan kepada mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat baik; mereka sedikit sekali tidur pada waktu malam; dan pada akhir malam mereka memohon ampunan (kepada Allah)."  (Adh-Dhariyat 51: 15-18)

2. Dikabulkan Doanya

Tuhan berjanji akan memenuhi doa para ahli Tahajud. Rasulullah saw. bersabda:

"Pada malam hari, ada satu saat ketika seorang muslim meminta kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah Swt. memberinya. Itu berlangsung pada setiap malam." (HR. Muslim dan Ahmad dari Jabir)

3 dari 5 halaman

Manfaat Salat Tahajud

3. Menghapus dan Pencegah Dosa

Keistimewaan salat tahajud diberikan kepada orang yang mau dan mampu melakukan salat tahajud dengan penuh niat dan keikhlasan. Satu di antara keistimewaannya adalah dapat menghapus dosa-dosa yang telah diperbuat.

Setiap malamnya kita selalu mengingat Allah sehingga kita merasa terawasi dan mencegah kita berbuat dosa kembali. Selain salat tahajud, Anda juga bisa melalukan salat taubat.

Dengan melakukan taubat secara sungguh-sungguh, Insyaallah akan diampuni semua dosa-dosa yang pernah diperbuat dan tidak akan mengulanginya lagi.

4. Ahli Zikir

Keutamaan salat tahajud juga menjadikan seseorang ahli zikir. Rasulullah saw. bersabda:

"Siapa yang bangun malam lalu membangunkan keluarganya hingga salat dua rakaat, mereka akan dimasukkan ke dalam golongan laki-laki dan perempuan yang banyak ingat Allah Swt." (HR. Abu Dawud, Nasa’i, dan Ibnu Majah dari Abu Sa‘id Al-Khudri)

4 dari 5 halaman

Manfaat Salat Tahajud

5. Dijadikan Rendah Hati

Allah Swt. menegaskan bahwa orang yang melakukan salat tahajud akan selalu memiliki sifat yang rendah hati dan bersahabat.

Ketenteraman merupakan cerminan dari ketenangan jiwa dalam menjalani kehidupan sehari-hari di masyarakat akan membuat kita menjadi rendah hati.

"Adapun hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang yang berjalan di bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina), mereka mengucapkan 'salam', dan orang-orang yang menghabiskan waktu malam untuk beribadah kepada Tuhan mereka dengan bersujud dan berdiri." (Al-Furqan 25: 63-64)

6. Jembatan Masuk Surga

Allah Swt. telah menjanjikan surga bagi hamba yang taat kepada-Nya. Sebaliknya, Dia menjadikan neraka sebagai hukuman bagi hamba yang durhaka kepada-Nya.

Selain itu, Allah Swt. juga telah menunjukkan kepada kita cara-cara untuk menggapai surga-Nya. Satu di antara cara untuk masuk surga adalah dengan melaksanakan salat tahajud.

Diceritakan dari Abdullah bin Salam ra. bahwasanya Nabi Muhammad saw. bersabda:

"Wahai kalian manusia, sebarluaskanlah ucapaan salam, berikanlah makanan dan salatlah kamu pada malam sewaktu manusia sedang tidur: niscaya kamu sekalian akan masuk surga dengan selamat." (HR Tirmidzi)

5 dari 5 halaman

Manfaat Salat Tahajud

7. Amalan yang Mambantu di Akhirat

Ada juga ayat yang terkandung di dalam Al-Qur'an terkait keajaiban salat tahajud ini. Dalam surat Az-Zariyat ayat 15-18, disebutkan bahwa orang yang senantiasa melakukan salat tahajud, Insyaallah akan mendapatkan sebuah balasan yang setimpal yang diberikan oleh Allah Swt. ketika kelak sudah berada di akhirat.

Dalam ayat tersebut dengan jelas menyebutkan bahwa:

"Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah Swt. berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka telah berbuat baik (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah." (QS. Az Zariyat: 15-18)

8. Menjaga Kesehatan Fisik

Salat tahajud menjadi terapi pengobatan terbaik untuk berbagai penyakit. Maka itu, orang yang membiasakan diri untuk menunaikannya akan memiliki daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Rasulullah saw. bersabda:

"Lakukan salat malam karena itu adalah tradisi orang-orang saleh di hadapanmu, sarana mendekatkan diri kepada Allah, mencegah dosa, menghapus perbuatan salah, dan mencegah segala macam penyakit dari tubuh." (HR Tirmidzi)

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Ani Mardatila. Published: 23/4/2021)

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer