Sukses


Macam-Macam Gerakan Simpel yang Bisa Bikin Tubuh Tetap Bugar

Bola.com, Jakarta - Menjaga tubuh tetap sehat dan bugar menjadi hal penting dalam keseharian. Beragam cara bisa dilakukan untuk membantu tubuh tetap sehat dan bugar.

Satu di antaranya dengan berolahraga. Tak perlu olahraga berat seperti datang ke tempat kebugaran atau gym. Pasalnya, ada beragam gerakan olahraga ringan yang dapat Anda lakukan setiap saat.

Memulai untuk berolahraga ringan yang efektif tentu juga berdampak langsung pada kebugaran tubuh. Hal ini membantu bagi Anda yang memiliki kesibukan yang luar biasa.

Cukup berlatih olahraga ringan selama beberapa menit maka kebugaran akan didapatkan. Penting mengetahui macam-macam gerakan yang bisa bikin tubuh bugar tersebut.

Berikut ini beberapa gerakan simpel yang bisa bikin tubuh tetap bugar, dilansir dari laman Ciputramedicalcenter, Selasa (5/7/2022).

2 dari 6 halaman

Gerakan Simpel yang Bisa Bikin Tubuh Tetap Bugar

1. Pull-Up

Pull-up bekerja untuk otot lengan dan punggung. Posisi telapak tangan yang menghadap Anda, bekerja tidak hanya untuk punggung, tetapi juga otot bisep.

Pegang palang dan silangkan kaki Anda agar tubuh bagian bawah stabil. Perlahan-lahan tarik tubuh ke atas, tekuk siku, sampai dagu Anda sejajar dengan bar. Jeda, lalu perlahan kembali ke posisi awal Anda.

2. Push-up

Push-up membuat otot-otot dada bekerja sedikit lebih keras. Letakkan tangan Anda di luar bahu. Anda harus menggunakan batang tubuh, paha untuk mendapatkan hasil maksimal.

Saat mengangkat badan, cengkeram tanah dengan tangan Anda untuk melibatkan otot-otot pektoralis mayor.

3 dari 6 halaman

Gerakan Simpel yang Bisa Bikin Tubuh Tetap Bugar

3. Decline Push-up

Decline Push-up dapat menambah kekuatan bahu Anda. Lakukan push-up standar: tangan sedikit lebih lebar dari bahu, jari-jari menghadap ke depan, siku sedikit ditekuk, dan mata menghadap lantai.

Kemudian letakkan kaki Anda di tangga, kursi, atau bangku. Jaga tubuh Anda dalam garis lurus, kencangkan perut, tekuk siku, dan turunkan dada ke lantai. Dorong kembali ke posisi awal.

4. Melompat

Atlet profesional berlatih jumping jacks dan gerakan lainnya untuk meningkatkan kekuatan otot. Ini membantu pemain bola basket melompat lebih tinggi dan pemain tenis mencapai bola lebih cepat.

Latihan lompat juga disebut plyometrics. Gerakan ini bukan untuk pemula atau bagi mereka yang memiliki masalah sendi.

Namun, jika Anda memiliki kekuatan dan keseimbangan yang baik, ini dapat meningkatkan permainan. Coba tambahkan gerakan plyometrik ke latihan Anda sekali atau dua kali seminggu.

4 dari 6 halaman

Gerakan Simpel yang Bisa Bikin Tubuh Tetap Bugar

5. Lompat Jongkok

Geser pinggul Anda ke atas dan ke bawah hingga tumit mulai terangkat dari lantai. Melompat dan ayunkan lengan ke atas saat Anda meluruskan kaki.

Buat garis lurus dari jari kaki ke jari, dengan punggung rata. Mendaratlah dengan pelan di tengah-tengah kaki dan posisikan tubuh Anda kembali ke posisi jongkok untuk membantu mengurangi benturan.

6. Cara Memangkas Lemak Perut

Untuk menghilangkan lemak perut, Anda perlu melakukan rutinitas latihan yang melibatkan seluruh tubuh yang membentuk otot. Otot membakar kalori, bahkan saat istirahat.

Jadi, memiliki lebih banyak otot membantu menghilangkan seluruh lemak, termasuk perut. Rencanakan olahraga kardio, latihan kekuatan, dan diet sehat sebagai bagian dari rutinitas harian Anda.

5 dari 6 halaman

Gerakan Simpel yang Bisa Bikin Tubuh Tetap Bugar

7. Split Squat dengan Biceps Curl

Istirahatkan kaki kanan di atas anak tangga, tangga atau kursi di belakang Anda, dengan beban di kaki kiri yang tertekuk. Jaga kepala Anda ke atas, mata ke depan, dan beban di kedua tangan.

Pertahankan lutut depan tepat di atas pergelangan kaki. Kemudian, pelan-pelan turunkan pinggul Anda dengan menekuk lutut depan.

Dorong kembali ke atas dan tarik beban ke atas ke arah bahu, tetapi jangan memutar lengan saat Anda mengangkat.

8. Chair Dip

Gerakan sederhana ini menggerakkan lengan bagian belakang. Duduklah di tepi anak tangga atau kursi, telapak tangan di kedua sisi, dan lutut ditekuk hingga 90 derajat.

Gerakkan pinggul ke depan sampai tangan Anda menopang berat badan. Perlahan-lahan turunkan tubuh, jaga agar punggung Anda sangat dekat dengan anak tangga.

Tekuk siku sampai lengan atas Anda sejajar dengan lantai. Perlahan dorong kembali ke atas dan ulangi.

6 dari 6 halaman

Gerakan Simpel yang Bisa Bikin Tubuh Tetap Bugar

9. Double Chair Dip

Untuk benar-benar membentuk otot trisep, posisikan dua kursi saling berhadapan. Duduk di tepi satu di antara, telapak tangan di setiap sisi pinggul Anda.

Luruskan kaki dan topang tumit Anda di kursi yang berlawanan. Bergeserlah hingga Anda menopang berat badan di tangan.

Perlahan-lahan turunkan tubuh Anda dengan menekuk siku hingga lengan atas sejajar dengan lantai dan jaga agar punggung dekat dengan kursi di belakang Anda. Perlahan dorong kembali ke atas dan ulangi.

10. Basic Plank

Gerakan ini memperkuat semua otot inti tubuh dan membantu membentuk bagian tengah tubuh. Dengan menggunakan perut Anda, perlahan-lahan angkat tubuh dari lantai, jaga agar tubuh dan kaki stabil.

Jangan biarkan punggung bawah Anda melorot dan jangan naikkan pinggul. Tahan posisi ini selama 15 detik atau lebih, dan jangan menahan napas.

 

Sumber: Web Ciputra Medical Center

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer