Sukses


Cara Meningkatkan Kreativitas Anak Sejak Dini, Orang Tua Perlu Tahu

Bola.com, Jakarta - Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda daripada umumnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, ada dua pengertian kreativitas, yakni kemampuan untuk mencipta dan perihal berkreasi.

Menjadi seorang yang memiliki kreativitas tinggi memang tidak gampang, memerlukan waktu dan kebiasaan untuk mengasahnya agar menjadi makin tajam.

Kreativitas mengajarkan untuk berpikir out of the box dalam menyikapi suatu masalah atau hal yang ada di hadapan Anda.

Seorang yang kreatif juga akan cenderung memiliki penyelesaiaan atau solusi yang berbeda dari orang biasa saat bertemu dengan suatu permasalahan. Menjadi seorang yang memiliki kreativitas biasanya selalu diawali dengan memiliki imajinasi tinggi.

Kreativitas merupakan satu di antara potensi anak yang perlu dikembangkan sejak dini. Maka itu, bagi para orang tua harus bisa membantu anak untuk meningkatkan kreativitas.

Berikut ini cara meningkatkan kreativitas anak yang perlu diketahui orang tua, dilansir dari laman smadwiwarna.sch.id, Rabu (6/7/2022).

2 dari 6 halaman

Berikan Berbagai Permainan

Cara mengasah kreativitas anak bisa dilakukan melalui permainan. Orang tua bisa memberikan anak permainan menarik, seperti alat musik dari peralatan memasak.

Perlu orang tua pahami, permainan yang diberikan tidak perlu mewah dan mahal. Namun, sebaiknya sediakan lebih dari satu jenis permainan supaya anak tidak mudah bosan.

Jika masih bingung mengenai permainan untuk mengasah kreativitas anak, tidak ada salahnya untuk mencari ide melalui internet. Anda juga harus memberi kesempatan anak untuk bermain di luar bersama teman-temannya.

Hal tersebut tidak hanya bisa meningkatkan kreativitas, tetapi juga membuat anak bisa belajar bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungannya.

3 dari 6 halaman

Biarkan Anak Berimajinasi

Usia anak yang terus bertambah biasanya membuat daya imajinasinya menjadi tidak terbatas. Hal ini bisa Anda lihat melalui tindakannya yang senang bermain pura-pura menirukan sesuatu, serta rasa ingin tahunya menjadi lebih tinggi.

Selain itu, biasanya anak akan mencoba untuk mengeksplorasi banyak hal yang ada di sekitarnya. Di sini orang tua bisa membantu anak mengembangkan kreativitas dan imajinasinya.

Satu di antara caranya dengan mengajak anak berpura-pura memerankan sebuah tokoh yang diciptakannya. Intinya, berikan kesempatan anak untuk berimajinasi.

4 dari 6 halaman

Melihat Minat dan Bakat Anak

Cara berikutnya adalah dengan melihat minat dan bakat anak. Lihat apakah anak senang menumpuk barang, menggambar, menari, berolahraga, atau menyukai hal lainnya.

Setelah Anda mengetahui minat dan bakat tersebut, mulailah untuk mengatasinya sejak dini. Misalnya saat anak suka menggambar maka sediakan kertas gambar dan krayon. Dengan demikian, minat dan bakat anak bisa terasah dengan baik.

5 dari 6 halaman

Beri Kebebasan Anak untuk Bereksplorasi

Setiap anak telah dibekali dengan rasa ingin tahu yang tinggi. Maka itu, biarkan anak untuk melakukan eksplorasi terhadap dunia yang ada di sekitarnya.

Meski begitu, sebagai orang tua tetap harus memberitahu dan mengarahkan mana saja yang bahaya dan tidak bahaya. Selain itu, Anda harus siap menjawab pertanyaan anak mengenai berbagai hal.

Jadi, Anda perlu membekali diri dengan berbagai macam pengetahuan. Pengetahuan tersebut bisa diperoleh dengan mudah melalui buku, website, dan teman.

6 dari 6 halaman

Jangan Memaksa Anak

Saat anak tidak atau belum mau menunjukkan bakat ataupun kreativitas, Anda tidak perlu terlalu memaksanya. Hal itu karena segala sesuatu membutuhkan proses dan waktu.

Adapun yang bisa dilakukan yaitu memberikan anak stimulus supaya kreativitasnya keluar. Diharapkan stimulus yang diberikan bisa membuat kreativitas anak terlihat. Namun, yang terpenting anak mau melakukannya dengan antusias dan menikmati.

 

Sumber: Web SMA Dwiwarna Boarding School

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer