Sukses


Bacaan Doa Sujud Tilawah beserta Cara Melakukannya

Bola.com, Jakarta - Sujud menjadi satu di antara gerakan yang ada di dalam salat. Dengan bersujud menandakan bahwa kita telah berserah diri kepada Allah Swt. sebagai Sang Pencipta.

BACA JUGA: Bacaan Doa Ketika Melakukan Sujud Tilawah Sesuai Syariat Islam

Perlu diketahui, ada empat macam sujud yang dilakukan dalam keadaan tertentu, yakni sujud dalam salat, sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.

Sujud tilawah adalah jenis sujud yang dilakukan karena adanya bacaan Al-Qur'an yang merupakan ayat sajdah.

Ayat sajdah bisa ditandai dengan simbol seperti kubah atau tugu, ada juga yang membuat tulisan kecil berlafalkan as-sajdah.

Melakukan sujud tersebut bisa saat keadaan salat maupun di luar salat. Kedua kondisi tersebut memiliki ketentuannya masing-masing.

Sujud tilawah dilakukan umat Islam sebagai bentuk merendah diri kepada Allah Swt. Setiap ayat sajdah juga hampir memiliki kesamaan makna yaitu bentuk penyembahan kepada Allah.

Lantas, bagaimana bacaan doa dan tata cara melakukan sujud tilawah?

Berikut bacaan doa sujud tilawah beserta tata cara melakukannya, seperti dikutip dari laman Dalamislam, Senin (11/7/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Hukum dan Landasan Sujud Tilawah

Hukum sujud tilawah adalah sunah. Ada beberapa hadis yang menjadi landasan hukum dalam menjalankan sujud tilawah oleh umat Islam, yakni:

Hadits riwayat Imam Muslim dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

"Ketika anak adam membaca ayat As-Sajdah kemudian ia bersujud maka setan menyendiri dan menangis. Ia berkata, "celaka, anak adam diperintah untuk bersujud dan ia pun bersujud maka baginya surga. Dan aku telah diperintah untuk bersujud, tetapi aku menolak maka bagiku neraka." 

Hadis riwayat Imam Abu Dawud dari Ibnu Umar:

"Adalah nabi membacakan Al-Qur'an kepada kita, maka ketika melewati ayat As-Sajdah beliau bertakbir dan bersujud, dan kami pun bersujud bersamanya."

3 dari 4 halaman

Bacaan Doa Sujud Tilawah

Baca Niat Sujud Tilawah

"Nawaitu sujuuda taalaawati sunnattan lillaahi ta'aala"

Artinya: "Aku melakukan sujud tilawah sunah karena Allah Ta'ala."

Bacaan Sujud Tilawah

Ada bacaan sunah yang dibaca saat sujud tilawah, sebagaimana disebutkan oleh Imam Nawawi dalam kitab Raudlatut Thalibin:

"Sajada wajhiya lil ladzi khalaqahu wa shawwarahu wa syaqqa sam'ahu wa basharahu bi haulihi wa quwwatihi."

Artinya: "Bersujud wajahku kepada dzat yang telah menciptakannya, telah membentuknya, telah membukakan pendengaran dan penglihatannya dengan daya dan kekuatan-Nya."

"Allahummaktub li biha ‘indaka ajraa, waj’alha li ‘indaka dzukhran, wa dla’ ‘anni biha wizran, waqbalha minni kama qabiltaha min ‘abdika dawuda ‘alaihissalam"

Artinya: "Ya Allah, tetapkanlah pahala untukku di sisi-Mu dengan sujud ini, jadikanlah sujud ini sebagai tabunganku di sisi-Mu, lepaskanlah dosa-dosaku melalui sujud ini, terimalah sujud ini dariku sebagaimana Engkau menerimanya dari hamba-Mu Nabi Daud."

4 dari 4 halaman

Tata Cara Sujud Tilawah

Dilakukan dalam Salat

Pada saat membaca ayat-ayat sajdah, disunahkan untuk berniat melakukan sujud untuk tilawah. Mengucapkan takbir, kemudian melakukan sujud sekali dan membaca doa sujud tilawah.

Setelah itu berdiri kembali dan melanjutkan bacaan ayat tersebut untuk melanjutkan salatnya sampai salam. Lalu ketika dalam salat berjamaah, sujud tilawah dilakukan secara berjamaah dengan mengikuti imamnya.

Jika imam tidak melakukannya maka makmumnya juga tidak perlu bersujud. Jika melakukan sujud tilawah sendiri maka akan batal salatnya karena salat berjamaah harus mengikuti imam.

Dilakukan di luar Salat

Sujud tilawah disunahkan untuk dilakukan jika mendengar atau membaca ayat sajdah. Jika ingin melakukan sujud tilawah maka berniat sujud tilawah kemudian bertakbir seperti takbiratul ihram dalam salat dan sujud sekali dengan membaca doa sujud tilawah.

 

Sumber: Dalamislam

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer