Sukses


Macam-Macam Kebiasaan yang Bisa Membuat Lansia Selalu Sehat

Bola.com, Jakarta - Seiring bertambahnya usia, kondisi kesehatan seseorang biasanya akan makin menurun, terlebih lagi ketika sudah memasuki usia senja atau lansia.

Daya ketahanan tubuh yang menurun juga membuat lansia rentan terhadap berbagai macam penyakit.

Itulah mengapa, memperhatikan kondisi fisik dan kesehatan menjadi suatu hal penting yang harus dilakukan secara rutin setiap hari.

Selain untuk menurunkan risiko terkena berbagai macam penyakit, menjaga kesehatan juga bermanfaat untuk tetap membuat stamina fit bagi para lansia.

Kondisi kesehatan lansia juga bergantung dengan kebiasaan yang dilakukan setiap harinya. Maka itu, penting mengetahui kebiasaan yang bisa bikin lansir tetap sehat.

Berikut macam-macam kebiasaan yang bisa membuat lansia selalu sehat, seperti disadur dari Klikdokter, Rabu (20/7/2022).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Kebiasaan yang Bisa Membuat Lansia Selalu Sehat

Berpikir positif

'You are what you think', demikian kata pepatah. Berdasarkan penelitian yang dirangkum dalam The Journal of American Medical Association, lansia yang berpikir masa tua sebagai sarana untuk menunjukkan kebijaksanaan, 40 persen lebih sehat dibanding mereka yang melihat penuaan sebagai sebuah kelemahan dan ketakberdayaan hidup.

Perhatikan pola makan

Nutrisi memainkan peran utama untuk kesehatan Anda. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa diet buah-buahan, sayuran segar, biji-bijian, dan protein tanpa lemak adalah pola makan yang sehat dan dapat menunjang masa tua.

Sebaliknya, makanan yang mengandung gula, karbohidrat, dan berlemak dapat mempercepat proses penuaan.

Selain jenis makanannya, Anda juga harus memperhatikan porsi. Makan berlebihan dapat menyebabkan rentang hidup yang lebih pendek, penyakit kardiovaskular, dan diabetes tipe 2. Makan dan minum secara cukup adalah cara yang tepat untuk panjang umur.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Kebiasaan yang Bisa Membuat Lansia Selalu Sehat

Rajin olahraga

Tetaplah aktif berolahraga, meski usia sudah menua. Wanita rata-rata kehilangan 23 persen dari massa ototnya antara usia 30-70.

Anda kehilangan otot lebih cepat seiring pertambahan usia. Namun, olahraga dapat meningkatkan massa dan kekuatan, bahkan hingga usia menginjak 90-an.

Selain untuk kekuatan otot, olahraga dapat mengurangi risiko kehilangan memori yang berkaitan dengan usia.

Menurut studi, menjaga intensitas fisik dapat menurunkan statistik kasus Alzheimer sebesar 25 persen karena dapat memperkuat hippocampus, wilayah otak yang terkait dengan pembelajaran.

Tetap bersosialisasi

Teman dan kerabat dapat membantu Anda hidup lebih lama. Mereka yang ikatan sosialnya kuat, terbukti memiliki peluang 50 persen lebih tinggi untuk panjang umur daripada mereka yang hubungan sosialnya buruk. Hal ini dibeberkan oleh penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLoS Medicine.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Kebiasaan yang Bisa Membuat Lansia Selalu Sehat

Cukup tidur

Menurut National Sleep Foundation, Anda harus tidur selama tujuh hingga sembilan jam setiap malam. Perlu diketahui bahwa tidak cukup tidur dapat meningkatkan risiko kegemukan, penyakit jantung, dan diabetes yang lebih tinggi.

Selama tidur, tubuh Anda melepaskan hormon pertumbuhan yang membantu mengembalikan kolagen dan elastin, elemen penting untuk menciptakan kulit yang lebih muda dan sehat.

Perbanyak minum air putih

Seiring bertambahnya usia, akan makin mudah untuk tidak merasa haus sehingga orang lanjut usia cenderung lebih berisiko untuk mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, memperbanyak konsumsi air termasuk dalam penerapan pola hidup yang sehat untuk lansia agar cairan tubuh tetap seimbang.

Minum air putih juga penting agar asupan oksigen dalam darah, yang kemudian dialirkan ke otak, tetap terjaga. Dengan begitu, konsentrasi dan fungsi kognitif otak Anda akan tetap terjaga selama Anda berkegiatan.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 10/8/2018)

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer