Sukses


Contoh-Contoh Teks Biografi Singkat yang Bisa Dijadikan Rujukan, Lengkap dengan Strukturnya

Bola.com, Jakarta - Teks biografi termasuk jenis teks yang menarik untuk dibaca. Hal itu karena dalam teks biografi mengandung kisah atau cerita perjalanan hidup tokoh terkenal yang menginspirasi.

Secara umum, teks biografi adalah karya sastra yang menceritakan riwayat hidup seseorang. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), biografi diartikan sebagai riwayat hidup (seseorang) yang ditulis oleh orang lain.

Isi teks biografi umumnya mengulas kisah hidup tokoh mencakup permasalahan yang pernah dihadapi hingga kelebihan-kelebihannya.

Tujuan dari teks biografi adalah mengedukasi pembaca terkait berbagai sisi dari tokoh yang diceritakan agar terinspirasi.

Teks biografi ditulis oleh orang lain menggunakan sudut pandang orang ketiga.

Buat kamu yang mungkin berencana membuat teks biografi, ada beberapa referensi contoh yang bisa kamu jadi rujukan, lengkap dengan strukturnya.

Berikut ini beberapa contoh teks biografi singkat, dikutip dari laman Sekolahnesia, Kamis (21/7/2022).

2 dari 4 halaman

B. J. Habibie

Orientasi

BJ Habibie lahir pada 25 Juni 1936 di Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Presiden ketiga Indonesia ini memiliki nama lengkap Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie. Beliau pernah menjabat sebagai Wakil Presiden RI ketujuh. Ibunda Habibie berasal dari Jawa, sedangkan ayahnya asal Pare-Pare. Beliau memiliki kecerdasan pada ilmu teknologi dan pengetahuan, terutama fisika, semenjak masih kecil.

Peristiwa Penting

Beliau kuliah Teknik Mesin di ITB atau Institut Teknologi Bandung selama enam bulan, kemudian ia melanjutkan pendidikannya ke Jerman pada 1955 di Rhenisch Wesfalische Tehnische Hochscule. Kuliahnya dibiayai ibunya, R.A. Tuti Marini Puspowardoyo. Butuh waktu 10 tahun Habibie muda menuntaskankan studi S-1 sampai S-3 di Aachen, Jerman. Tak seperti kebanyakan mahasiswa Indonesia yang memperoleh beasiswa ke luar negeri, selama kuliah S1 dan S2, yang membiayai kuliahnya adalah Ibundanya, di mana ibu Habibie menjalankan usaha katering dan menyewa rumah di Bandung sebagai penghasilan untuk hidup dan membayar biaya kuliah Habibie.

Selama beliau kuliah di Jerman, Habibie menekuni dan mengeluti bidang desain dan konstruksi pesawat terbang di Fakultas Teknik Mesin. Butuh waktu lima tahun untuk mengakhiri studi di Jerman, Habibie pun memperoleh gelar Dilpom-Ingenenieur atau diploma teknik dengan predikat terbaik atau summa cumlaude.

Reorientasi

Setelah beliau menikahi teman semasa SMA-nya, yakni Ibu Hasri Ainun Besari pada 1962, lalu Habibie melanjutkan program doktoral dan dengan istrinya yang tinggal bersamanya di Jerman. Pada saat itu Habibie harus bekerja untuk membayar uang kuliah dan biaya kebutuhan rumah tangga. Semasa hidupnya beliau telah berkontribusi banyak bagi negara ini, membuat pesawat terbang RI pertama.

3 dari 4 halaman

Mark Zuckerberg

Orientasi

Mark Elliot Zuckerberg, ia adalah seorang pemuda kebangsaan Amerika atau masyarakat umum mengenalnya sebagai CEO sekaligus pendiri satu di antara sosial media terpopuler, yakni Facebook. Ia lahir di White Plains, satu di antara wilayah kota New York, pada 14 Mei 1984. Mark termasuk pengusaha muda terkaya, dengan kekayaan sekitar 72.9 milliar dolar Amerika.

Peristiwa Penting

Sebelum membuat platform tersebut, Mark Zuckerberg seorang mahasiswa di Universitas Harvard, hingga suatu saat Mark Zuckerberg membuat jejaring sosial yang diperuntukkan pada kelas Mark Zuckerberg saja. Namun, lambat laun jejaring sosial itu tersebar luas, terlebih banyaknya sambutan positif dari orang di sekitarnya, hingga sampai ke universitas lain yang ada dekat Universitas Harvard.

Tak lama setelah Mark Zuckerberg melihat perkembangan sosial media itu, ia memutuskan keluar dari Universitas Harvard dan kemudian memfokuskan dirinya untuk mengerjakan proyek jejaring sosial milikinya, yang kini sudah dikenal sebagai Facebook.

Reorientasi

Di usianya yang baru 35 tahun, Mark Zuckerberg telah menjadi seorang pemuda terkaya di dunia. Sebelumnya, Mark Zuckerberg hanya berniat membuat jejaring sosial Facebook ini untuk membantu orang-orang. Berkat niat baik serta ide inovatifnya, Facebook tak hanya membantu banyak orang, tetapi juga membuat Mark kaya raya.

4 dari 4 halaman

Cristiano Ronaldo

Orientasi

Cristiano Ronaldo Dos Santos Aveiro atau akrab disapa Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola terkenal asal negara Portugal. Ronaldo dilahirkan di Madeira, 5 Februari 1986. Ronaldo dikenal sebagai pemain terbaik di dunia berkat perjalanan kariernya yang luar biasa. Beragam gelar berhasil di persembahkan olehnya baik untuk tim maupun negara. Tak kalah menarik, gelar individu sangat beragam yang telah ia raih, satu di antaranya ialah menjadi pemain terbaik di dunia selama empat kali. Cristiano, yang berposisi sebagai playmaker, berhasil mencetak banyak gol setiap musimnya.

Peristiwa Penting

Karier sepak bola Ronaldo di mulai saat masih bermain untuk tim masa kecil di Andorinha pada usia delapan tahun. Berkat penampilan impresifnya, ia kemudian berpindah ke beberapa tim, seperti CD Nasional, di mana Ronaldo berhasil mendapatkan gelar. Prestasi awal yang cemerlang membuat Sporting Lisbon tertarik untuk memboyongnya. Karier pesepak bola rupawan ini terus menanjak hingga Manchester United resmi mendatangkannya pada 2003. Bersama MU, pria kebangsaan Portugal ini berhasil meningkatkan permainan puncaknya pada 2018, dengan membawa gelar Premier League dan Liga Champions. Pada tahun bersamaan juga Ronaldo dinobatkan menjadi pemain terbaik di dunia.

Reorientasi

Segudang prestasi yang telah diraih di level tim maupun negara membuat klub kenamaan Spanyol, Real Madrid, rela mengeluarkan uang satu triliun lebih untuk dapat memboyongnya. Bersama tim tersebut Ronaldo tetap tampil menggila dengan segudang prestasi. Saat ini Ronaldo telah membela klub Liga Italia, Juventus, dan masih dalam performa yang terbaik. Cristiano Ronaldo telah menjadi idola bagi kebanyakan pencinta sepak bola. Perjuangan, tekad, dan usaha kerasnya telah membawanya ke tingkat kesuksesan tertinggi.

 

Sumber: Sekolahnesia

Dapatkan artikel contoh dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer