Sukses


Macam-Macam Camilan yang Pantang Dimakan saat Diet

Bola.com, Jakarta - Macam-macam camilan yang pantang dimakan saat diet penting diketahui agar diet yang sedang Anda jalani bisa optimal. 

Saat diet terkadang muncul keinginan untuk ngemil. Ngemil saat diet tidak sepenuhnya dilarang, tetapi jenis camilan yang Anda konsumsi benar-benar harus diperhatikan.

Tentunya camilan tersebut tidak mengandung tinggi kalori alias Anda hanya dapat mengonsumsi camilan sehat.

Hanya, beberapa camilan terlihat 'ringan' sehingga kerap dianggap rendah kalori. Padahal, sebaliknya, dapat merusak program diet Anda. Alih-alih berat badan turun, sudah pasti bobot tak kunjung susut.

Gantilah camilan tinggi kalori tersebut dengan jenis sajian dengan yang jauh lebih sehat, misalnya potongan buah segar atau infused water yang juga  bisa memberi kesegaran dan energi secara alami. Diiringi dengan olahraga rutin, keberhasilan diet Anda tentu lebih bisa dicapai dengan optimal.

Nah, berikut macam-macam camilan yang pantang dimakan saat diet, disadur dari Klikdokter, Minggu (24/7/2022).

2 dari 4 halaman

Camilan yang Pantang Dimakan saat Diet

1. Kentang goreng

Kentang goreng mungkin menjadi satu di antara camilan yang paling banyak diminati dan relatif mudah didapat. Rasanya yang kini banyak divariasikan tentu menjadi daya tarik tersendiri, tidak terkecuali bagi Anda yang sedang menjalankan diet.

Walau hanya sesekali dikonsumsi, makan kentang goreng mampu menggagalkan program penurunan berat badan Anda.

Dalam 100 gram kentang goreng terkandung setidaknya 300 kkal. Untuk membakarnya, Anda harus lari sepanjang 7 km dalam satu jam non-stop.

Jika tidak sanggup akan konsekuensinya, cobalah cara lain untuk menikmati kentang, misalnya dengan direbus. Dibanding dengan kentang goreng, kentang rebus hanya mengandung 87 kkal.

2. Bubble tea

Bubble tea atau boba tea menjadi satu di antara minuman hits yang laris manis belakangan ini. Anda termasuk salah seorang penggemar beratnya? Hati-hati, nikmatnya rasa bubble tea nyatanya juga dapat menjadi ancaman untuk diet Anda. 

Dalam segelas bubble tea ukuran 500cc bisa mengandung hingga 450 kkal. Jumlah kalori melimpah ini datang dari banyaknya gula dan bahan baku utama pembuatan sang boba, yakni tepung tapioka. 

 

3 dari 4 halaman

Camilan yang Pantang Dimakan saat Diet

3. Jus buah

Walau terdengar sehat, jus buah juga menjadi satu di antara yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat sedang diet. Faktanya, segelas jus buah bisa mengandung gula dan kalori yang sama atau bahkan lebih besar dari minuman ringan bersoda.

Belum lagi jika ada penambahan gula atau susu di dalamnya, program diet Anda bisa gagal seketika. 

Akan jauh lebih baik jika buah dikonsumsi dalam bentuk segarnya. Kandungan gulanya lebih bersahabat, sehat dan tinggi kandungan serat. Jadi, bisa lebih mengenyangkan. Dan kalau Anda mau konsumsi jus buah, buatlah jus dari buah segar, tanpa tambahan gula atau susu.

4. Es krim

Makan satu hingga dua sendok es krim sebagai pencuci mulut setelah makan utama sebenarnya tidak ada salahnya. Namun, masalahnya, sangat mudah mengonsumsi makanan yang satu ini secara berlebihan.

Es krim merupakan satu di antara makanan yang tinggi nilai kalorinya dan bahan bakunya didominasi oleh gula. Bagi penggemar makanan manis yang satu ini, Anda tetap dapat menikmatinya dengan es krim buatan sendiri.

Gunakan yoghurt rasa plain dan potongan buah segar sebagai bahan baku pembuatannya agar es krim yang dinikmati tetap terasa enak dan pastinya jauh lebih sehat.

 

4 dari 4 halaman

Camilan yang Pantang Dimakan saat Diet

5. Yoghurt

Camilan sehat banyak dijadikan andalan pengganjal perut bagi mereka yang sedang menjalani diet ketat, satu di antaranya yoghurt. Pilihan ini tidak sala karena memang yoghurt mengandung nutrisi tinggi dan cukup mengenyangkan.

Namun, Anda tidak boleh salah pilih. Yoghurt yang dimakan haruslah yang plain atau tidak mengandung pemanis maupun perisa tambahan. 

Yoghurt bercita rasa manis dapat mengandung hingga 35 gram gula tambahan yang tentunya dapat berkontribusi pada gagalnya diet yang sedang dijalani.

Bila tetap ingin mengonsumsi yoghurt dengan rasa manis, Anda dapat menambahkan potongan buah seperti blueberry atau stroberi pada satu cangkir yoghurt tanpa rasa dan pemanis buatan.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 14/8/2019)

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer