Sukses


Cara Ampuh Mengurangi Kebiasaan Ngemil

Bola.com, Jakarta - Cara ampuh mengurangi kebiasaan ngemil perlu diketahui. Ngemil adalah kegiatan mengonsumsi makanan dan minuman di luar waktu makan besar seperti sarapan, makan siang, dan makan malam. 

Banyak orang suka ngemil dalam keseharian, seperti saat bekerja, mengerjakan tugas, maupun saat nonton film atau drama televisi.

Ngemil kerap dikaitkan dengan obesitas. Hal ini dipengaruhi jenis camilan yang Anda konsumsi. Camilan yang Anda pilih tentu harus yang bernutrisi sehingga menyehatkan, bukan sebaliknya.

Namun, banyak orang susah meredam keinginan ngemil. Apalagi ada situasi-situasi tertentu yang menjadikan dorongan ngemil makin kuat, semisal saat Anda bosan, cemas, dan stres.

Jika Anda termasuk orang yang suka ngemil apalagi mengonsumsi camilan tinggi gula dan lemak, kebiasaan ngemil semacam itu harus dikurangi karena dapat menyebabkan efek tidak baik terhadap kesehatan Anda.

Lalu, bagaimana cara menghentikan kebiasaan buruk itu? 

Berikut cara ampuh mengurangi kebiasaan ngemil, seperti disadur dari Klikdokter, Senin (25/7/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Ampuh Mengurangi Kebiasaan Ngemil

1. Makan secara teratur

Makanlah tiga kali sehari dengan teratur, yakni saat sarapan, makan siang, dan makan malam. Jika Anda melewatkan makan, hasrat untuk ngemil menjadi lebih mudah muncul.

Pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, tinggi protein, dan lemak baik. Makanan tersebut dapat membuat Anda kenyang lebih lama. 

Hindari fast food karena selain tidak mengenyangkan, juga bisa menimbun lemak.

2. Tidur cukup 

Seseorang yang mengalami insomnia biasanya akan mencari camilan pada malam hari. Kekurangan tidur juga membuat seseorang lebih lapar pada siang harinya.

3. Berpikir ulang sebelum ngemil

Sebelum mengambil makanan camilan, berhentilah sejenak, kemudian pikirkan: Apakah saya benar-benar lapar? Atau hanya bosan, lelah, atau stres?

 

3 dari 4 halaman

Cara Ampuh Mengurangi Kebiasaan Ngemil

4. Jangan membeli camilan

Buatlah daftar belanjaan sebelum ke supermarket, terutama jika Anda memiliki kebiasaan lapar mata. Hindari juga booth makanan ringan, cokelat, es krim, atau makanan manis lainnya saat berbelanja.

5. Alihkan perhatian dengan tetap aktif

Saat bosan, orang akan cenderung mencari makanan. Carilah kegiatan yang bisa mengalihkan keinginan tersebut –seperti membersihkan rumah, olahraga, atau mencari hobi baru. Makin sibuk Anda, makin sedikit keinginan untuk ngemil.

6. Matikan TV

Menjauhlah dari TV saat Anda sedang bosan. Saat menonton, Anda akan cenderung ingin ngemil. Ketika ingin bersantai, cobalah membaca buku atau majalah. Kegiatan membaca buku akan membuat otak lebih aktif dibandingkan hanya duduk menonton TV.

 

4 dari 4 halaman

Cara Ampuh Mengurangi Kebiasaan Ngemil

7. Banyak minum

Air bisa membuat perut terasa kenyang, dan yang terpenting air tidak mengandung kalori. Dengan cara ini, Anda juga akan terhindar dari dehidrasi dan kulit pun lebih bercahaya.

8. Ganti camilan dengan makanan yang lebih sehat

Jika Anda benar-benar tidak bisa menahan hasrat untuk ngemil, pilihlah camilan sehat. Misalnya buah-buahan, oatmeal, dan kacang-kacangan (edamame, pistachio, almond).

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 27/2/2017)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer