Sukses


Macam-Macam Menu Sehat untuk Diet, Lezat dan Bergizi

Bola.com, Jakarta - Saat berat badan terasa berlebihan, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkannya. Selain rutin berolahraga, Anda bisa menerapkan diet.

Ada banyak jenis diet yang bisa dilakukan, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada ahli gizi atau dokter untuk menentukan diet yang cocok buat Anda.

Namun, secara umum diet bisa dilakukan dengan cara mengurangi berbagai makanan yang mengandung banyak kalori dan karbohidrat.

Diet tidak selamanya menyusahkan, masih banyak menu makanan lezat dan bergizi yang bisa Anda konsumsi saat melakukan diet.

Berikut macam-macam menu sehat untuk diet, yang lezat dan bergizi, seperti dilansir dari laman Masakapahariini, Rabu (27/7/2022).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Menu Sehat untuk Diet

1. Telur Kukus

Cara membuatnya sama seperti halnya meracik telur dadar omelet dengan tambahan bawang daun, jamur, tomat, dan tambahan bumbu lainnya.

Kukus telur dalam wadah kaca atau rantang stainless hingga matang. Jika ingin lebih praktis, Anda bisa memilih telur rebus sebagai sumber protein.

2. Dada Ayam Kukus

Relakan dada ayam tanpa kulitnya jika ingin diet Anda sukses. Masak dengan cara dikukus atau direbus dengan dibumbui sedikit garam dan merica. Selain itu dada ayam bisa dimasak dengan cara dipanggang dalam oven atau dibakar di atas bara api.

3. Sayuran Rebus atau Kukus

Variasikan jenis-jenis sayuran agar tak lekas bosan. Misalnya hari ini makan siang dengan brokoli rebus, makan malam dengan sayuran campur yang direbus (wortel, buncis, dan jagung muda).

Begitu juga keesokan harinya bisa bergantian dengan sawi-sawian yang dikukus, pare kukus, atau kacang panjang dan taoge yang direbus. Inilah cara diet sehat dan murah.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Menu Sehat untuk Diet

4. Kentang Panggang dan Mashed Potato

Sebagai pengganti nasi, kentang satu di antara jenis karbohidrat yang bisa dijadikan pilihan. Selain dikukus atau dipanggang, Anda bisa meracik mashed potato dengan cara menumbuk halus kentang kukus. Bumbui dengan mentega serta sedikit merica dan garam.

5. Urap

Satu di antara hidangan tradisional yang rendah kalori, tetapi mengenyangkan adalah urap sayuran. Agar makin maksimal, sajikan urap dengan sepotong dada ayam rebus. Diet pun tak akan terasa hambar. 

6. Ikan Bakar

Yang ini pasti sangat familier dengan keseharian orang Indonesia. Manfaatkan ketersediaan ikan dengan harga yang terjangkau sebagai menu diet andalan.

Beberapa contoh ikan yang sedap dimasak dengan cara dibakar, semisal ikan nila, bawal, kembung, mas, kuwe, gurami, dan masih banyak lagi. 

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Menu Sehat untuk Diet

7. Salad Sayuran

Hindari menyajikan salad dengan dressing berbahan mayones jika Anda tak ingin menggagalkan diet Anda. Sajikan dengan dressing berbahan dasar minyak zaitun. Untuk sayurannya, pilih aneka jenis sayuran selada seperti selada keriting, selada iceberg, tomat, mentimun, atau jagung rebus.

8. Sup Ayam Sayuran

Racik kaldu sup dari tulang ayam. Sesudahnya isi dengan potongan daging dada ayam tanpa kulit dan padukan dengan aneka jenis sayuran sup. 

Sup ayam bening cocok untuk Anda yang sedang berdiet, tetapi ingin sajian berkuah yang gurih.

9. Pepes Tahu-Tempe

Selain kaya protein, tahu tempe sangat mudah didapat di pasaran. Olah dengan cara dikukus atau dijadikan pepes dengan perpaduan bahan lain yang bisa menambah selera. Misalnya pepes tahu dengan kemangi ataupun pepes tempe dengan kencur.

Untuk rasa yang lebih kaya, tetapi seimbang, Anda boleh juga mencoba pepes tahu dengan udang.

10. Tumis Jamur-jamuran

Satu di antara alasan mengapa jamur kerap hadir sebagai menu diet adalah nutrisi di dalamnya yang mampu menurunkan berat badan. Selain itu jamur sering kali disantap para wanita yang ingin awet muda karena mengandung anti-aging.

 

Sumber: Masakapahariini

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer