Sukses


Nama Bulan di Kalender Islam Hijriah, Menarik untuk Diketahui

Bola.com, Jakarta - Islam memiliki perhitungan tanggal sendiri, sama seperti kalender Masehi. Penanggalan Islam disebut dengan Hijriah yang memiliki 12 bulan.

Dalam jumlah hari, penanggalan Islam Hijriah lebih sedikit dibandingkan dengan kalender Masehi. Bulan Muharram menjadi bulan pertama dalam kalender Islam Hijriah.

Penanggalan Islam Hijriah yang dikenal kaum muslim merupakan produk politik semasa Sayyidina Umar menjabat khalifah.

Terbentuknya penanggalan Islam Hijriah atas dasar motivasi kelancaran sistem kenagaraan ketika itu.

Penetapan tahun pertama pada kalender Islam Hijriah terjadi pada 622 Masehi. Perlu diketahui bahwa nama-nama bulan dalam penanggalan Islam Hijriah itu bukanlah wahyu dari Allah Swt., melainkan beberapa sudah digunakan bangsa Arab sejak zaman jahiliyah.

Berikut ini nama bulan di kalender Islam Hijriah, menarik untuk diketahui, dikutip dari laman Pendidik, Sabtu (30/7/2022).

2 dari 5 halaman

Nama Bulan di Kalender Islam Hijriah

1. Muharram

Bulan pertama adalah Muharam, di mana setiap tanggal 1 Muharram diperingati sebagai Tahun Baru Islam. Adapun pada bulan ini terdiri dari 30 hari.

Muharam memiliki arti "terlarang" sehingga pada bulan ini tidak boleh bahkan diharamkan melakukan peperangan oleh seluruh bangsa Arab.

Keistimewaan dari bulan Muharam adalah diharamkannya peperangan di bulan tersebut sehingga membuat umat Islam menaatinya.

2. Safar

Bulan kedua Hijriah adalah Safar yang memiliki arti "kosong". Maksud arti tersebut adalah bangsa Arab kerap mengosongkan rumah-rumahnya untuk pergi berperang. Bulan ini terdiri dari 29 hari.

3. Rabi'ul Awal

Bulan ini terdiri dari 30 hari, di mana pada bulan ini adalah bulan kembalinya orang-orang yang tadinya sedang merantau. Adapun keutamaan dari bulan Rabi'ul Awal adalah lahir dan meninggalnya Baginda Rasulullah saw.

3 dari 5 halaman

Nama Bulan di Kalender Islam Hijriah

4. Rabi'ul Akhir

Pada bulan ini terdapat 29 hari. Pada bulan ini ada kegiatan mengembala serta beternak oleh orang yang telah menetap dari perantauan di bulan sebelumnya, yakni bulan Rabiā€™ul awal.

Pada bulan ini juga terdapat beberapa peristiwa, yakni percobaan pembunuhan terhadap Nabi Muhammad saw. oleh Bani Nadzir.

5. Jumadil Awal

Jumadil awal atau biasa disebut dengan jumadil ula terdiri dari 30 hari. Penamaan ini terjadi karena pada bulan tersebut merupakan awal dari musim panas, di mana terjadi kekeringan yang membuat tanah-tanah menjadi kering dan keras.

6. Jumadil Akhir

Bulan ini disebut juga sebagai bulan Jumada al-Tsaniyah, di mana bulan ini merupakan bulan baru dari bebasnya masa sulit yang terjadi pada bulan sebelumnya (Jumadil Awal).

4 dari 5 halaman

Nama Bulan di Kalender Islam Hijriah

7. Rajab

Bulan Rajab terdiri dari 30 hari, di mana bulan ini adalah bulan mulia karena terdapat beberapa peristiwa penting yang terjadi pada bulan ini, di antaranya adalah Isra Mikraj, bubarnya kekhifahan Turki, serta perubahan arah kiblat.

8. Sya'ban

Bulan Sya'ban terdiri dari 29 hari. Adapun asal kata nama Sya'ban berasal dari "syi'b" yang artinya adalah berkelompok. Menurut sejarah, orang-orang Arab berpencar untuk membentuk kelompok dengan tujuan untuk mempertahankan komunitasnya.

Bulan ini juga termasuk bulan yang sangat mulia, sebagaimana dalam sebuah hadis yang artinya:

Ų°ŁŽŁ„ŁŁƒŁŽ Ų“ŁŽŁ‡Ł’Ų±ŁŒ ŁŠŁŽŲŗŁ’ŁŁŁ„Ł Ų§Ł„Ł†Ł‘ŁŽŲ§Ų³Ł Ų¹ŁŽŁ†Ł’Ł‡Ł ŲØŁŽŁŠŁ’Ł†ŁŽ Ų±ŁŽŲ¬ŁŽŲØŁ ŁˆŁŽŲ±ŁŽŁ…ŁŽŲ¶ŁŽŲ§Ł†ŁŽ ŁˆŁŽŁ‡ŁŁˆŁŽ Ų“ŁŽŁ‡Ł’Ų±ŁŒ ŲŖŁŲ±Ł’ŁŁŽŲ¹Ł ŁŁŁŠŁ‡Ł Ų§Ł„Ł’Ų£ŁŽŲ¹Ł’Ł…ŁŽŲ§Ł„Ł Ų„ŁŁ„ŁŽŁ‰ Ų±ŁŽŲØŁ‘Ł Ų§Ł„Ł’Ų¹ŁŽŲ§Ł„ŁŽŁ…ŁŁŠŁ†ŁŽ ŁŁŽŲ£ŁŲ­ŁŲØŁ‘Ł Ų£ŁŽŁ†Ł’ ŁŠŁŲ±Ł’ŁŁŽŲ¹ŁŽ Ų¹ŁŽŁ…ŁŽŁ„ŁŁŠ ŁˆŁŽŲ£ŁŽŁ†ŁŽŲ§ ŲµŁŽŲ§Ų¦ŁŁ…ŁŒ

"Bulan Sya'ban adalah bulan di mana manusia mulai lalai, yaitu di antara bulan Rajab dan Ramadan. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Oleh karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan." (HR. An Nasa'i. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadis ini hasan)

9. Ramadan

Bulan Ramadan ada 30 hari lamanya, di mana asal kata dari Ramadan adalah "Ramadh" yang artinya membakar atau panas.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa bulan Ramadan adalah bulan penuh keberkahan, seluruh umat muslim di dunia menantikan bulan ini karena di bulan ini seluruh umat muslim yang ada di dunia akan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Sebagaimana Rasulullah saw. bersabda:

Yang artinya: "Ketika datang bulan Ramadan: sesungguhnya telah datang kepadamu bulan yang penuh berkat, diwajibkan ke atas kamu untuk berpuasa, dalam bulan ini pintu Jannah dibuka, pintu neraka ditutup, setan-setan dibelenggu. Dalam bulan ini ada suatu malam yang nilainya sama dengan seribu bulan, maka diharamkan kebaikannya bagi siapa yang tidak beramal baik di dalamnya, sesungguhnya tidak mendapat kebaikan di bulan lain seperti di bulan ini." (HR. Ahmad, Nasa'i, dan Baihaqi).

5 dari 5 halaman

Nama Bulan di Kalender Islam Hijriah

10. Syawal

Bulan syawal terdiri dari 29 hari. Dalam bulan Syawal penuh keberkahan dan kebahagiaan karena sebelumnya telah melakukan puasa selama satu bulan penuh. Pada 1 Syawal seluruh umat Islam memperingati Hari Raya Idulfitri.

Kata Syawal berasal dari kata "Syaala" yang artinya ekor atau mengangkat sayap. Ekor dan sayap tersebut adalah milik burung an-Nauq.

11. Dzulka'dah

Bulan ini terdapat 29 hari. Dzulka'dah ini berasal dari kata "qa'ada" yang artinya tidak beraktivitas, duduk, atau beristirahat.

Pada bulan ini biasanya bangsa Arab beristirahat atau tidak melakukan peperangan terlebih dahulu, dikarenakan untuk menyambut bulan haji (Zulhijah).

12. Zulhijah

Bulan terakhir dalam kalender Hijriah adalah Zulhijah. Bulan ini terdiri dari 29 hari, tetapi pada bulan kabisat yang terjadi pada setiap empat tahun sekali yakni harinya menjadi 30 hari.

Pada bulan Zulhijah, orang-orang Arab melaksanakan ibadah haji. Hingga saat ini setiap bulan ini seluruh umat muslim yang berhaji melaksanakan ibadah haji tepat pada tanggal 10 Zulhijah.

Ā 

Sumber: Pendidik

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer