Sukses


ASEAN Para Games 2022 Dimulai, Ganjar Pranowo: Semoga Indonesia Juara Umum!

Bola.com, Solo - ASEAN Para Games 2022 telah dimulai dengan pembukaan dihelat di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (31/7/2022). Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang hadir dalam pembukaan itu memberikan dukungan kepada atlet-atlet Indonesia untuk bisa menjadi juara umum.

Penampilan kesenian dan kebudayaan Jawa ditampilkan dalam upacara pembukaan ASEAN Para Games 2022. Penampilan itu memukau kontingen yang berasal dari 11 negara Asia Tenggara dan penonton yang hadir menyaksikan langsung.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang hadir bersama sang istri, Siti Atiqoh, berharap atlet-atlet Indonesia mampu memberikan hasil yang terbaik bagi bangsa dan negara.

Dengan begitu, status juara umum yang pernah diraih Indonesia di ASEAN Para Games 2017 di Malaysia bisa dipertahankan.

"Sukses selalu untuk semua yang bertanding, terutama untuk atlet-atlet Indonesia. Ya persiapannya luar biasa sudah oke, semoga kita bisa juara lagi tahun ini," ucap Ganjar Pranowo saat menghadiri pembukaan ASEAN Para Games 2022 itu.

 

 

2 dari 5 halaman

Ambil Bagian dalam Pembukaan

 

Dalam upacara pembukaan ASEAN Para Games 2022 itu, Ganjar Pranowo juga sempat tampil bersama komedian Dodit Mulyanto dan musisi Endah Laras.

Mereka menyuguhkan sandiwara komedi yang sukses membuat gemuruh tawa dari semua penonton yang hadir di tribune Stadion Manahan.

Kemudian, mereka melanjutkan penampilan dengan membawakan lagu Bengawan Solo milik maestro Gesang. Ganjar tampak menabuhkan gendang, sementara Dodit Mulyanto dan Endas Laras mengiringi dengan lantunan biola dan kentrung.

"Bagus. Upacara pembukaannya meriah sekali. Tadi dibawakan penampilan-penampilan kesenian dan kebudayaan kita menurut saya ini bagus," ujar Ganjar setelah acara.

 

3 dari 5 halaman

Atlet Indonesia Terbanyak

Perhelatan ASEAN Para Games 2022 kali ini mengusung tema Striving for Equality atau Berjuang demi Kesetaraan. Pelaksanaannya dimulai pada hari ini hingga 6 Agustus mendatang dengan mempertandingkan 14 cabang olahraga.

Selaku tuan rumah, Indonesia mengirimkan atlet terbanyak dengan 324 atlet, diikuti Thailand 303 atlet, kemudian Vietnam 119 atlet.

Selain itu, Kamboja mengirimkan 112 atlet, Filipina 144 atlet, Malaysia 70 atlet, Myanmar 69 atlet, Singapura 37 atlet, Laos 37 atlet, Timor Leste 15 atlet, dan Brunei Darussalam 13 atlet.

4 dari 5 halaman

Target Juara Umum

Pada kesempatan berbicara saat opening ceremony ASEAN Para Games 2022, Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin, yang resmi membuka perhelatan, turut memberikan target kepada kontingen Indonesia.

"Diharapkan Indonesia bisa menjadi juara umum," ujar Ma'ruf Amin.

Ma'ruf Amin turut memberikan informasi bahwa peraih medali kontingen Indonesia dari ajang ASEAN Para Games 2022 akan mendapat apresiasi dari pemerintah.

"Dan mungkin mereka akan diberikan penghargaan sesuai dengan yang sudah direncanakan bagi para atlet-atlet yang berprestasi. Saya kira itu," tegas Wapres.

5 dari 5 halaman

14 Cabang Olahraga

Kegiatan olahraga paralimpik ini diikuti oleh 11 negara di kawasan Asia Tenggara, dengan mempertandingkan 14 cabang olahraga. 

Beberapa cabang olahraga di ASEAN Para Games 2022 adalah para atletik, tenis kursi roda, sepak bola (cerebral palsy dan tuna netra), boccia, catur, angkat berat, tenis meja, blind judo, basket kursi roda, voli duduk, panahan, dan renang.

Video Populer

Foto Populer