Sukses


13 Cara Mendidik Anak secara Islami, Perlu Diketahui Orang Tua

Bola.com, Jakarta - Mempunyai anak merupakan titipan yang diberikan oleh Allah Swt. kepada hamba-Nya. Dengan tanggung jawab ini, para orang tua harus menjaga buah hati mereka dengan sepenuh hati.

Selain menjaga, orang tua juga berkewajiban memberikan pendidikan yang layak dan mengajarkan kebaikan kepada anak mereka.

Mendidik anak memang tidak mudah, tetapi Allah telah memberikan pedoman yang jelas melalui Al-Qur'an dan hadis Rasulullah.

Nabi Muhammad bersabda:

"Tidak ada pemberian seorang ayah untuk anaknya yang lebih utama dari pada (pendidikan)." (HR At-Tirmidzi dan Al-Hakim)

"Seseorang mendidik anaknya itu lebih baik baginya dari pada ia menshadaqahkan (setiap hari) satu sha." (HR At-Tirmidzi)

Dengan menerapkan cara mendidik anak sesuai Islami, diharapkan anak dapat tumbuh dan berkembang dengan memiliki akhlak atau pribadi yang baik sehingga siap bersaing di masa depan.

Berikut 13 cara mendidik anak secara Islami, yang perlu diketahui para orang tua, seperti dikutip dari laman Dalamislam, Selasa (2/8/2022).

2 dari 5 halaman

Cara Mendidik Anak secara Islami

1. Memperdengarkan Al-Qur'an secara rutin

Cara mendidik anak baiknya dimulai sejak anak berada dalam kandungan. Satu di antaranya dengan mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur'an.

Memperbanyak mengaji saat kehamilan hingga buat hari lahir dapat membawa ketenangan dan keberkahan.

2. Mengajarkan dasar-dasar agama Islam

Mengajarkan dasar-dasar agama adalah kewajiban setiap orang tua. Pendidikan ini akan menumbuhkan iman pada diri anak sehingga dapat tumbuh menjadi pribadi yang memegang teguh ajaran Islam dalam kehidupan.

Kitab al- amali dari imam al-baqir dan imam ash shadiq menjelaskan tahapan awal mengenalkan anak kepada Allah Swt.

3. Mengajarkan salat dan diberikan contoh nyata

Dalam agama Islam salat merupakan tiang agama sehingga disebut juga sebagai fondasi utama untuk menjalankan kehidupan.

Mulai usia balita dengan mengajarkan berwudu dan salat secara urut. Meski tuntunan gerakan ada yang salah, tetap tuntunlah agar dia terbiasa.

3 dari 5 halaman

Cara Mendidik Anak secara Islami

4. Mengajarkan Tauhid pada anak

Kewajiban orang tua yang perlu diajarkan pada anak yaiut mengajarkan tauhid. Tauhid atau mengenalkan Allah Swt. perlu dilakukan sejak dini.

Menanam tauhid sejak dini bertujuan untuk membentuk pribadi yang berakhlak baik sehingga dapat tumbuh menjadi manusia yang bermoral agar terhindar dari perilaku buruk.

5. Mengajarkan puasa

Puasa merupakan satu di antara rukun Islam sehingga wajib diajarkan oleh para orang tua. Anda harus dapat memulai dengan menjelaskan pengertian puasa.

Orang tua dapat mengajarkan puasa saat anak anak berusia enam tahun. Anak mulai puasanya dengan latihan berpuasa setengah hari.

6. Memberikan nama yang baik

Agama Islam mengajarkan untuk memberi nama panggilan yang baik kepada anak. Pemberian nama merupakan doa untuk anak. Dengan nama panggilan yang baik, doa yang diberikan pun akan baik pula.

4 dari 5 halaman

Cara Mendidik Anak secara Islami

7. Membacakan kisah nabi sebagai suri teladan

Membacakan kisah-kisah penuh ajaran kebaikan juga dapat membentuk anak menjadi pribadi yang lebih baik di masa depan. Selain itu, anak akan menerapkan nilai-nilai baik sesuai syariat Islam dalam kehidupannya.

8. Membiasakan untuk mengucapkan salam

Mengajarkan anak untuk mengucapkan salam menjadi satu di antara cara mendidik anak dalam agama Islam yang perlu diterapkan oleh orang tua agar anak memperhatikan salam.

Salam merupakan bentuk doa kepada orang lain, ada hadit yang menerangkan:

Nabi Muhammad saw. bersabda, "Muliakanlah anak-anak kalian dan ajarilah mereka tata krama". (HR Ibnu Majah)

9. Membiasakan diri bersikap sederhana

Membiasakan anak untuk bersikap sederhana dalam kehidupan merupakan satu di antara penerapan dari teladan Rasulullah saw.

Meski Rasulullah saw. memiliki kekuatan dan kekuasaan memimpin umat muslim, beliau tidak pernah mengandalkan kekuasaan tersebut untuk mengambil keuntungan pribadi.

5 dari 5 halaman

Cara Mendidik Anak secara Islami

10. Memperhatikan pergaulan

Penting bagi setiap orang tua untuk memperhatikan pergaulan anak-anaknya. Pastikan anak berada dalam lingkup pertemanan yang positif.

11. Mempererat hubungan ibu dan anak

Seorang ibu merupakan orang yang perlu dimuliakan oleh anak-anaknya. Hal ini karena surga anak berada di bawah telapak kaki ibu.

Jadi, diperlukan jalinan atau hubungan baik antara ibu dan anak. Ada hadis yang menjelaskan:

Nabi Muhammad saw. bersabda, "Sungguh di dalam surga itu ada rumah yang disebut rumah kebahagiaan yang tidak dimasuki kecuali orang yang membahagiakan anak-anak kecil". (HR Abu Ya'la dari Aisyah r.a.)

12. Mengajarkan sedekah atau berbagai kepada sesama

Bersedekah perlu diajarkan oleh orang tua sejak dini agar anak terbiasa melakukannya hingga dewasa. Sedekah atau berbagi pada sesama dapat dilakukan dalam bentuk ilmu, barang ataupun uang.

13. Mengajarkan adab yang baik

Adab-adab yang baik ini perlu diajarkan sejak dini. Adab-adab yang baik ini meliputi perilaku atau sopan santun anak terhadap orang lain.

Orang tua wajib mengajarkan anak untuk menghormati sesama, selalu bersikap jujur, murah hati, dan adil.

 

Sumber: Dalamislam

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer