Sukses


5 Manfaat Olahraga Lari di Siang Hari yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Lari atau dikenal juga joging merupakan satu di antara olahraga yang banyak digemari. Biasanya, orang melakukan olahraga lari di pagi hari. Pasalnya, udara pagi hari masih segar dan ringan dari polusi sehingga menambah semangat berolahraga lari.

Olahraga lari pagi memiliki segudang manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Beberapa penelitian menyebutkan lari di pagi hari bisa membantu membakar kalori dalam tubuh.

Namun, lari di siang hari juga tidak kalah menyehatkan. Ada beberapa alasan yang membuat lari di siang hari begitu digemari.

Sebagai contoh, dalam kemiliteran aktivitas lari di siang hari kerap dilakukan untuk menjamin stamina para prajurit.

Nah, mengapa Anda tidak mencoba lari di siang hari untuk mendapatkan manfaat bagi kesehatan?

Berikut ini beberapa manfaat olahraga lari di siang hari yang jarang diketahui, dikutip dari laman Medium, Jumat (5/8/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga Lari di Siang Hari

1. Meningkatkan Stamina

Manfaat lari saat siang hari yang utama adalah dari sisi meningkatnya stamina dan daya tahan olahraga. Dengan berlari di bawah suhu yang panas, tubuh akan melakukan penyesuaian secara otomatis. Penyesuaian inilah yang dipercaya akan meningkatkan performa olahraga Anda.

Dalam penelitian pada atlet yang menjalani latihan di bawah suhu panas, terlihat ada peningkatan jumlah hemoglobin sebesar 4-5 persen. Kenaikan ini akan meningkatkan juga kemampuan darah untuk mengangkut oksigen sehingga stamina saat lari atau berolahraga akan meningkat.

2. Cepat Turunkan Berat Badan

Dalam panas yang panas dan lembap, tubuh akan cepat berkeringat dan membutuhkan enzim-enzim pencernaan untuk bekerja lebih cepat dalam melawan lemak di dalam tubuh, termasuk pada orang orang yang membutuhkan kegemukan ekstra atau obesitas.

Maka, bagi Anda yang ingin cepat menurunkan badan, pilihlah olahraga lari siang.

3 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga Lari di Siang Hari

3. Baik untuk Jantung

Sama halnya seperti lari di pagi hari, manfaat lari siang hari dapat menstabilkan peredaran darah menuju jantung, mengkuatkan katup jantung, mempertahankan keseimbangan tubuh akan tetap prima dan mampu mempertahankan kekuatan otot serta stamina untuk melakukan kegiatan yang memerlukan bantuan lebih lanjut di malam hari.

4. Menghambat Sel Kanker

Olahraga siang memang cepat membuat tubuh lelah, berkeringat, dan memacu jantung lebih cepat, tetapi efek ini baik untuk mencegah pergerakkan sel pada seseorang yang memiliki riwayat kanker dalam keluarga.

Sel kanker tidak mampu berkembang dan tumbuh di tubuh yang memiliki sistem pertumbuhan yang selalu sehat dan daya tahan tubuh yang stabil.

4 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga Lari di Siang Hari

5. Mencegah Stres

Stres yang berlebihan dapat mengacaukan keseimbangan tubuh dan jantung. Untuk menurunkan kadar stres dalam diri, lari siang bisa menjadi alternatif terbaik. Meski berjalan di siang hari, tetap memilih tempat yang nyaman, seperti di taman kota atau daerah hijau lainnya.

 

Sumber: Medium

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer