Sukses


ASEAN Para Games 2022 Berakhir, Sejumlah Atlet Indonesia Langsung Jalani Pelatnas

Bola.com, Solo - ASEAN Para Games (APG) XI 2022 di Kota Solo sudah kelar. Tuan rumah Indonesia keluar sebagai juara umum. Kendati demikian, tidak semua atlet kontingen merah putih dipulangkan. Ada beberapa yang langsung masuk program pelatihan nasional (pelatnas), proyeksi Asian Para Games 2023 di Hangzhou, Tiongkok.

“Ada beberapa atlet yang langsung latihan di Solo. Khususnya mereka yang masuk proyeksi terjunkan di ajang Asian Para Games di Hangzhou. Termasuk Paralimpiade 2024 di Prancis,” terang Presiden National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Senny Marbun.

Senny menambahkan, atlet yang hanya diproyeksikan di ASEAN Para Games 2022, sudah dipulangkan ke daerah masing-masing, kemarin. Sedangkan menghadapi Asian Para Games 2023, kontingen Indonesia mengandalkan 12 cabang olahraga (cabor).

“Termasuk tiga cabor yang tidak ikut APG di Solo. Ada menembak, lawnball, dan balap sepeda. Total ada 120 atlet dari 12 cabor yang kami persiapkan untuk terjun di Asian Para Games 2023,” beber Senny.

2 dari 5 halaman

Tunggu Jadwal

Sementara mengenai jadwal Asian Para Games 2023 di Tiongkok, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) NPC Indonesia Rima Ferdianto mengaku belum mengetahui kepastian jadwalnya. Sedangkan jadwal Asian Games, akan dimulai 23 September. Artinya, kemungkian Asian Para Games akan digelar sebulan berselang.

“Kami dengar kabar, di Tiongkok regulasinya ketat sekali. Kalau di satu kota ada satu saja yang kena Covid-19, seluruh kota bisa diisolasi dua bulan. Dan akan di-swab masal. Nasib Asian Para Games bergantung kelancaran Asian Games,” katanya.

3 dari 5 halaman

Solo Tetap di Hati

Perhelatan ASEAN Paragames 2022 memang telah berakhir, namun Presiden ASEAN Para Sport Federation (APSF) Maj. Gen. Osth Bhavilai memastikan keramahan Kota Solo dan masyarakatnya akan tetap selalu di hari para peserta multieven olahraga disabilitas se-Asia Tenggara tersebut.

"Selama sepakan terakhir, kita telah menyaksikan perjuangan keberanian yang menginspirasi. Tekad yang hebat. Ini pengalaman yang tak akan terlupakan, terutama ini adalah kejuaraan pertama kami (olahraga disabilitas) dalam empat tahun. Untuk semua atlet, Anda semua adalah pemenang! ASEAN salut!," katanya dengan lantang dalam sambutannya di upacara penutupan ASEAN Paragames 2022 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (6/8/2022).

Atas nama APSF, Osth berterima kasih kepada Pemerintah Indonesia, Inaspoc, ofisial dan federasi olahraga disabilitas yang telah menjadikan even ini sebagat pesta olahraga yang hebat. Terima kasih juga disampaikannya kepada semua masyarakat Solo yang telah datang menjadi penonton langsung dan menjadi penggemar para atlet yang tampil.

"Ini menampilkan dukungan yang luar biasa untuk para atlet kita. Dan selamat kepada Indonesia yang telah menjadi juara kejuaraan ini," tambahnya.

4 dari 5 halaman

Bikin Bangga

Solidaritas antar bangsa-bangsa ASEAN yang ditunjukkan para atlet dinilai akan menjadi kekuatan besar ASEAN dan bagi penyandang disabilitas. Indonesia pun berterima kasih kepada para atlet yang telah berpartisipasi di ASEAN Paragames 2022 ini karena telah memberikan pesan berharga.

"Kami sangat bangga menjadi tuan rumah ASEAN Paragames ke-11. Terima kasih kepada 1248 atlet yang telah memberikan pesan berharga. Bahwa keterbatasan dan kesulitan bukanlah halangan. Dengan komitmen dan kerja keras, disabilitas mampu mencapai sejuta prestasi," tutur Presiden RI Joko Widodo dalam sambutannya sebelum menutup pelaksanaan ASEAN Paragames ini di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (6/8/2022).

Solidaritas yang ditunjukkan para atlet, dinilai akan menjadi kekuatan besar ASEAN dan bagi para penyandang disabilitas. Karena mereka dinilai telah menunjukkan suportifitas dan persaudaraannya.

"Terima kasih APSF, terima kasih internasional sport federation, terima kasih National Paralympic Committee, dan Komite Nasional ASEAN Paragames ke-11, Gubernur Jawa Tengah, Walikota Solo, masyakarat Kota Solo dan Solo Raya yang telah menjadi tuan rumah yang sangat ramah," katanya.

Presiden pun berterima kasih kepada Kamboja, yang diwakili Wakil Ketua National Paralimpic Kamboja Hun Many karena telah berkenan menjadi tuan rumah penyelenggaraan multieven olahraga disabilitas se-Asia Tenggara ini pada tahun depan. Pihaknya menegaskan akan terus mendukung setiap inisiatif dari penyandang disabilitas.

"Mari kita sukseskan ASEAN Paragames ke-12 di Kamboja tahun depan!," imbuhnya.

5 dari 5 halaman

Juara Umum

kontingen Indonesia memastikan diri sebagai juara umum ajang ASEAN Para Games 2022. Di klasemen akhir perolehan medali, tim Merah-putih total mengoleksi 177 emas, 141 perak, dan 101 perunggu.

Posisi kedua ditempati Thailand dengan torehan 117 medali emas, 116 perak, 87 perunggu. Diikuti Vietnam, 64 medali emas, 60 perak, dan 56 perunggu.

Adapun upacara penutupan ASEAN Para Games akan digelar hari ini di Stadion Manahan, Sabtu (6/8/2022) petang. Presiden Joko Widodo dijadwalkan turut hadir dalam acara closing ceremony pesta olahraga atlet disabilitas se-Asia Tenggara edisi tahun ini.

Video Populer

Foto Populer