Sukses


Pengertian Khiyar beserta Manfaatnya

Bola.com, Jakarta - Khiyar adalah sistem transaksi atau jual beli dalam Islam. Tujuan adanya khiyar ialah supaya kedua belah pihak yang bertransaksi tidak mengalami kerugian maupun penyesalan.

Arti dari kata "khiyar" adalah pemilihan. Sedangkan dalam jual beli, pemilihan merupakan hal yang wajar dilakukan oleh pembeli terhadap penjual.

Hal tersebut dalam Islam menjadi sebuah aturan. Tentunya mengenai bagaimana etika maupun hal-hal yang harus diperhatikan dalam proses jual beli, khususnya pada aspek pemilihan.

Dalam bisnis, khiyar merupakan hal yang perlu dipertimbangkan dan dipahami, baik oleh penjual maupun pembeli. Hal itu karena dalam konteks jual beli, khiyar memberi hak memilih pada kedua belah pihak (penjual dan pembeli).

Dengan begitu, penjual maupun pembeli akan mendapatkan hak yang sama dalam melangsungkan jual beli dan mengikuti syarat-syarat dari jual beli tersebut.

Agar lebih paham lagi, berikut rangkuman tentang khiyar, mulai hukum hingga manfaatnya, disadur dari Liputan6, Rabu (10/8/2022).

2 dari 3 halaman

Hukum dan Jenis-Jenis Khiyar

Hukum Khiyar

Adapun hukum khiyar adalah boleh, sejauh memenuhi syarat-syarat yang sudah ditentukan. Akan tetapi, khiyar yang tujuannya hanya untuk menipu hukumnya haram dan dilarang, seperti sabda Rasulullah saw. yang berbunyi:

(اَنْتَ بِاالْخِيَار بِكُلِّ سِلْعَةٍ إِبْتَعْتَهَا ثَلاَثَ لَيَالٍ (رواه البيهقى واببن ماجه

Artinya:

"Engkau berhak khiyar dalam tiap-tiap barang yang engkau beli selama tiga malam." (HR. Al-Baihaqy dan Ibnu Majah)

Jenis-Jenis Khiyar

Pada penerapannya, khiyar dibagi menjadi tiga jenis sesuai proses transaksinya. Pembagian jenis ini bertujuan supaya sistem atau konsep khiyar bisa diadaptasi dengan mudah dalam kondisi apa pun.

Berikut penjabaran dari jenis-jenis khiyar:

1. Khiyar Majlis

Khiyar majlis adalah jenis pemilihan yang dilakukan dalam satu majelis akad jual beli. Di antara kedua belah pihak punya hak untuk memilih.

Selain itu juga bisa meneruskan jual beli yang sudah disepakati sebelumnya atau diakadkan dalam majelis tersebut. Hal ini sebagaimana yang sudah diriwayatkan oleh Rasulullah saw.

2. Khiyar Syarat

Adapun maksud dari khiyar syarat adalah hak memilih berdasarkan persyaratan. Ketika terjadinya akad jual beli, pembeli maupun penjual bisa memilih atau meneruskan bahkan membatalkan proses transaksi jual beli, akan tetapi dengan batasan waktu yang ditentukan.

Apabila waktu yang ditentukan sudah tiba, proses transaksi jual beli tersebut wajib dipastikan apakah akan berlanjut atau tidak.

3. Khiyar Aib

Sedangkan khiyar aib adalah hak pilih karena adanya cacat pada barang. Hak tersebut untuk memilih, dapat membatalkan atau menerusan akad jual beli apabila ada sebuah kecacatan (aib) pada objek atau barang yang sedang diperjual belikan.

Hal ini terjadi ketika pembeli tidak mengetahui adanya kecacatan pada saat akad sudah berlangsung.

3 dari 3 halaman

Manfaat Khiyar

Berbagai hal yang sudah diatur dalam Islam pasti mempunyai maksud serta tujuan baik bagi umatnya, begitu juga dengan khiyar.

Konsep atau sistem khiyar tersebut hadir dan dipraktikkan dalam aktivitas ekonomi sebagai solusi dari berbagai permasalahan yang kerap kali muncul ketika orang-orang melaksanakan transaksi jual beli.

Dengan adanya khiyar, berbagai masalah-masalah yang kerap muncul tersebut bisa diatasi dan tidak menimbulkan dampak negatif ke depannya. Ada beberapa manfaat dari khiyar, di antaranya:

  • Dengan khiyar, akad jual beli bisa dipertegas dan akan jadi lebih aman.
  • Memberi kenyamanan dan akan muncul kepuasan dari tiap pihak yang bersangkutan.
  • Kemudian, dengan adanya khiyar, risiko penipuan dalam transaksi akan juga bisa terhindarkan. Pasalnya, dalam khiyar perlu adanya kejelasan serta hak masing-masing pihak yang sudah jelas.
  • Masing-masing penjual maupun pembeli bisa dengan jujur dan terbuka untuk melaksanakan proses transaksi.
  • Sebagai jalan untuk menghindari adanya perselisihan dalam sebuah proses jual beli.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Fakhriyan Ardyanto, Editor: Rizky Mandasari. Published: 1/1/2021)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer