Sukses


Manfaat Memelihara Anjing untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Bola.com, Jakarta - Anjing merupakan satu di antara hewan idaman yang ingin dijadikan sebagai peliharaan oleh banyak orang. Tingkahnya yang lucu dan penurut menjadi beberapa alasannya.

Banyak jenis anjing yang bisa Anda pelihara, seperti Siberian Husky, Golden Retriever, Buldog, hingga yang kecil dan menggemaskan seperti Chihuahua serta Pudel.

Akan tetapi, masih banyak orang yang berpendapat bahwa memelihara anjing bisa cukup merepotkan dan menghabiskan waktu mereka.

Padahal, anjing tak sekadar dapat menjadi teman setia di rumah. Hewan berbulu ini juga dapat mengundang banyak manfaat bagi kesehatan tubuh pemiliknya.

Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dalam memelihara anjing, seperti menggugah semangat untuk berolahraga dan menghindarkan Anda dari stres.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat memelihara anjing untuk kesehatan tubuh, seperti disadur dari Klikdokter, Rabu (10/8/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Memelihara Anjing untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Semangat untuk Berolahraga

Seseorang yang memelihara anjing biasanya akan lebih aktif bergerak. Paling tidak, orang tersebut harus mengajak anjingnya berjalan-jalan ke luar rumah atau mengajaknya bermain. 

Tanpa disadari, tindakan tersebut dapat menjadi "olahraga" yang menyehatkan, khususnya jika dilakukan secara rutin dan teratur.

2. Menurunkan Risiko Serangan Jantung 

Sebuah penelitian di Swedia menyebutkan, orang yang memelihara anjing memiliki risiko 23 persen lebih rendah untuk terkena serangan jantung. 

Penelitian itu dilakukan selama 12 tahun, kepada 3,4 juta orang di Swedia yang berada pada rentang usia 40 hingga 80 tahun.

3. Menurunkan Risiko Kematian

Masih dalam studi yang sama, memelihara anjing dapat menurunkan risiko kematian akibat berbagai macam penyakit hingga 20 persen.

Hal ini dilandaskan karena memelihara anjing bisa membuat kita bahagia sehingga menghindarkan dari stres dan berbagai macam penyakit lainnya.

3 dari 4 halaman

Manfaat Memelihara Anjing untuk Kesehatan

4. Meningkatkan Semangat 

Memelihara anjing bisa menjadi pengganti hidup bersama pasangan. Hewan berbulu ini dapat menciptakan dorongan tersendiri bagi Anda untuk rajin berjalan, memberikan dukungan sosial, serta membuat hidup lebih bermakna.

5. Terhindar dari Depresi

Dengan merawat anjing, Anda akan menjadi lebih aktif dan dapat berinteraksi lebih dengannya. Hal ini dapat membuat Anda merasakan energi positif dan terhindar dari risiko Depresi.

6. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Menurut statistik, pemilik anjing yang mengajak anjingnya jalan-jalan secara teratur sepertiga lebih kecil kemungkinannya untuk mengidap diabetes.

4 dari 4 halaman

Manfaat Memelihara Anjing untuk Kesehatan

7. Melatih Rasa Empati 

Ketika memelihara anjing, tanpa disadari pasti akan tumbuh rasa empati terhadap hewan tersebut. Hal ini tidak hanya dapat dirasakan oleh orang dewasa, tetapi juga anak-anak yang sering berinteraksi dengan hewan berbulu tersebut.

8. Tidak Merasa Kesepian

Dengan adanya anjing yang kita pelihara untuk diajak berkomunikasi dan diperhatikan, hal ini dapat membantu seseorang terhindar dari rasa kesepian. 

Manfaat memelihara anjing yang satu ini dapat terjadi karena adanya dukungan emosional ketika sedang berinteraksi dengan hewan berbulu tersebut.

9. Menjaga Kemampuan Kognitif pada Lansia

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memelihara anjing dapat membantu menjaga kemampuan kognitif, khususnya pada lansia yang mengalami demensia.

10. Memperpanjang harapan hidup

Studi menunjukkan bahwa pemilik anjing rata-rata hidup lebih lama daripada yang tidak memilihara anjing. Apa lagi jika mereka hidup sendiri, mereka sering kali pulih lebih cepat dari krisis kesehatan yang serius, seperti serangan jantung atau stroke, berkat teman berbulu mereka.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 26/3/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer