Sukses


Cara Mudah Memulai Gaya Hidup Sehat, Jauhkan Tubuh dari Penyakit

Bola.com, Jakarta - Memulai hidup sehat semenjak dini sebaiknya Anda terapkan agar kesehatan tubuh tetap terjaga dan meminimalkan risiko terkena penyakit.

Gaya hidup sehat bisa dimulai dengan cara clean eating atau mengonsumsi bahan makanan yang alami atau diolah seminim mungkin.

Seperti yang diketahui, berbagai jenis makanan olahan telah melewati berbagai proses, di mana proses tersebut telah menghilangkan sebagian besar gizi dan kandungan baik.

Di sisi lain, makanan olahan biasanya mengandung banyak kalori dan karbohidrat. Terlalu banyak mengonsumsi kandungan tersebut tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Membuat perubahan kecil secara bertahap pada rutinitas harian juga dapat berdampak besar pada kesehatan secara keseluruhan, contohnya menghindari stres. Dengan menghindari pemicu stres, kita akan memiliki suasana hati yang lebih baik dan terhindar dari berbagai penyakit.

Berikut cara mudah memulai gaya hidup sehat, yang bisa dilakukan sedini mungkin, seperti dilansir dari Masakapahariini, Kamis (11/8/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Mudah Memulai Gaya Hidup Sehat

1. Mengurangi Konsumsi Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan atau refined carbs telah melalui proses pengolahan sehingga berkurang banyak kadar gizinya. Misalnya untuk refined grain seperti gandum, proses pengolahan ini sudah melumatkan kulit ari luarnya dan menghilangkan kandungan vitamin, mineral, serta serat.

Contoh lainnya, seperti gula pasir, tepung terigu, roti putih, minuman berkarbonasi, ataupun pasta dan beras putih.

Kelebihan dari karbohidrat olahan ini adalah mudah untuk dicerna tubuh, tetapi kita akan cenderung berlebihan dalam mengonsumsinya. Padahal karbohidrat jenis ini memiliki indeks glisemik tinggi yang hanya akan menambah tingkat gula darah dalam tubuh.

Sebagai penggantinya, Anda bisa mengonsumsi karbohidrat sempurna (whole) yang lebih sehat.

2. Mengonsumsi Lebih Banyak Buah dan Sayur

Akan lebih ideal bila Anda bisa membeli buah ataupun sayur yang organik sehingga tubuh Anda lebih sehat dan tidak terekspos pada pestisida ataupun polutan lainnya.

Meski demikian, konsumsi buah dan sayur lebih banyak adalah langkah awal yang mudah untuk dimulai. Sayur khususnya, harganya terjangkau dan banyak macamnya. Menu sayur juga gampang diolah dan cocok dipadukan dengan bermacam masakan rumahan lainnya.

3 dari 4 halaman

Cara Mudah Memulai Gaya Hidup Sehat

3. Jadikan Air Putih sebagai Minuman Paling Utama

Air adalah minuman yang paling murni di bumi ini dan tidak mengandung zat aditif apa pun. Clean eating mempromosikan konsumsi air dalam kesehariannya dibandingkan minuman jenis lainnya.

Air juga menjaga tubuh kita agar terhidrasi dengan baik dan membantu sirkulasi darah serta mencapai berat badan ideal.

4. Gaya hidup sehat dimulai dari berbelanja dengan cermat

Cermat dalam berbelanja selalu menjadi semboyan yang tepat. Kalau dahulu supaya berhemat, hari ini tujuannya adalah agar mencapai gaya hidup sehat.

Banyak bahan makanan yang dijual di pasar ataupun di supermarket, di antaranya dikemas dengan berbagai bentuk dan desain agar menarik untuk dibeli. Namun, jangan terburu-buru, Anda bisa mencermatinya terlebih dahulu.

Satu di antara caranya dengan melihat labelnya. Pastikan apakah bahan makanan tersebut mengandung pengawet, memiliki tambahan gula, ataupun lemak. Misalnya, Anda ingin mencoba kudapan kacang-kacangan yang menyehatkan.

Ide paling bagus adalah membeli kacang-kacangan tersebut dalam bentuk mentah dan memanggangnya di rumah. Namun, adakalanya Anda ingin membeli saja yang sudah jadi, pastikan apakah kacang tersebut dimasak menggunakan minyak atau tidak.

Contoh lainnya, seperti salad siap santap di supermarket. Anda bisa memastikan terlebih dahulu dressing jenis apa saja yang digunakannya. Dengan begitu, Anda bisa menghindarkan diri dari mengonsumsi terlalu banyak gula.

4 dari 4 halaman

Cara Mudah Memulai Gaya Hidup Sehat

5. Hindari Stres

Stres merupakan suatu gangguan yang muncul akibat adanya suatu tekanan dalam perasaan atau pikiran seseorang. Pemicu stres beragam, mulai masalah keluarga, keuangan, pekerjaan, percintaan, stres karena masalah akademik, bahkan muncul karena penyakit yang diderita.

Masing-masing individu memiliki cara merespons yang berbeda ketika stres. Namun, perlu diingat bahwa stres berkepanjangan dapat melemahkan imun, hingga berlanjut pada gangguan fisik seseorang.

Maka itu, dibutuhkan suatu usaha untuk mengelola stres tersebut. Untuk itu, diusahakan sedapat mungkin mengurangi atau menghindari segala hal yang berpotensi menimbulkan stres pada diri Anda.

6. Rutin Olahraga

Olahraga tidak hanya dilakukan beberapa kali seminggu, tetapi setiap hari. Dengan menggerakkan tubuh dalam beberapa cara selama 30 menit sehari, Anda akan menurunkan risiko penyakit, menciptakan kepadatan tulang yang lebih tinggi dan berpotensi meningkatkan rentang hidup Anda.

7. Berhenti Merokok

Merokok adalah hal yang buruk. Jika Anda seorang perokok, berhentilah demi kesehatan yang lebih baik. Bukan hanya untuk diri Anda sendiri, tetapi juga untuk keluarga dan teman. Jika Anda tidak merokok, jangan pernah mencobanya.

 

Sumber: Masakapahariini

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer