Sukses


Macam-Macam Aktivitas Unik Bikin Otak Lebih Sehat

Bola.com, Jakarta - Menjaga kesehatan otak sama pentingnya dengan bagian tubuh lainnya. Bahkan, otak merupakan pengendali segala aktivitas tubuh. Jadi, penting bagi kita untuk memastikan otak dalam keadaan sehat.

Ada berbagai hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan otak, seperti memberikan asupan nutrisi. 

Nutrisi yang bagus untuk otak di antaranya protein, lemak baik, vitamin, mineral Zn, dan zat-zat neuroprotektif. 

Dengan begitu, Anda sebaiknya rutin mengonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung berbagai nutrisi tersebut.

Cara lain supaya otak lebih sehat ialah dengan melakukan latihan "neurobik". Latihan ini memberikan pengalaman baru di otak Anda dengan menggabungkan indra penglihatan, penciuman, sentuhan, rasa, dan pendengaran.

Latihan ini akan merangsang lebih banyak koneksi antararea otak yang berbeda, menyebabkan sel-sel saraf menghasilkan nutrisi otak alami yang secara signifikan membantu meningkatkan memori.

Latihan neurobik juga membuat sel-sel tubuh menjadi lebih kuat dan lebih tahan terhadap efek penuaan.

Anda pasti penasaran, apa saja cara unik latihan neurobik tersebut. Nah, berikut macam-macam aktivitas unik yang bisa membuat otak Anda lebih sehat, disadur dari Klikdokter, Jumat (12/8/2022).

2 dari 4 halaman

Aktivitas Unik yang Membuat Otak Lebih Sehat

Sikat Gigi dengan Tangan yang Tidak Dominan

Penelitian telah menunjukkan bahwa melakukan hal yang berlawanan dari apa yang terekam di otak Anda dapat menghasilkan ekspansi yang cepat dan substansial di bagian-bagian korteks yang seharusnya mengontrol dan memproses informasi sentuhan atau rabaan dari tangan.

Misalnya, selama ini Anda menggosok gigi dengan menggunakan tangan kanan, coba untuk menggunakan tangan kiri.

Mandi dengan Mata Tertutup

Saat menyiram air ke kepala, tutup mata Anda dan usap dengan tangan bagian yang sudah terkena air.

Hal ini akan memungkin tangan Anda "melihat" berbagai tekstur tubuh Anda yang tidak bisa dilihat dengan mata, dan dengan cepat, sel saraf di tangan tersebut akan mengirim pesan kembali ke otak Anda.

Membalikkan Posisi Objek yang Tidak Asing

Ketika Anda melihat hal yang benar, otak kiri Anda dengan cepat menandainya sehingga ketika ada hal yang tidak sesuai dengan apa yang terekam pada otak sebelumnya, jaringan otak kanan Anda akan melawan. 

Misalnya saat melihat letak benda yang berantakan, otak akan mencoba menafsirkan bentuk dan warna dari benda yang ada.

Untuk melatih otak, Anda dapat mencoba mengubah foto keluarga, jam meja, atau kalender bergambar Anda menjadi terbalik. Meski dirasa aneh, hal ini bagus untuk otak Anda.

 

3 dari 4 halaman

Aktivitas Unik yang Membuat Otak Lebih Sehat

Konsumsi Makanan yang Tidak Biasa

Sistem penciuman Anda dapat membedakan jutaan bau dengan mengaktifkan kombinasi reseptor unik di hidung Anda. 

Aroma yang baru dapat membangkitkan perasaan dan asosiasi yang tidak terduga karena otak Anda akan mendapatkan pengalaman baru.

Anda juga bisa melakukan hal sederhana berikut ini. Simpan ekstrak aroma favorit di dekat tempat tidur selama seminggu. Buka dan hirup kembali ketika Anda pertama kali bangun, dan kemudian simpan lagi saat Anda mandi dan berpakaian. Hal ini efektif untuk melatih indra penciuman Anda.

Melihat-lihat Produk Baru di Swalayan

Sekadar lihat-lihat atau window shopping dapat melatih otak Anda. Berhentilah di lorong barang-barang dan lihatlah isi rak dari atas ke bawah. Jika ada sesuatu produk yang belum pernah Anda lihat sebelumnya, ambil, baca bahannya, dan pikirkan tentang produk tersebut. 

Anda tidak harus membelinya. Setidaknya, Anda telah melatih otak Anda untuk memahami dan mengalami sesuatu yang baru.

Mengendarai mobil dengan Jendela Terbuka

Coba untuk mengidentifikasi bau dan suara baru saat mengendarai mobil Anda. Membuka jendela saat naik mobil bisa banyak membantu otak Anda menerima hal baru.

Kegiatan ini bagus untuk bagian otak yang dinamakan hippocampus, yakni area otak Anda yang memproses memori, terutama terlibat dalam mengasosiasikan bau, suara, dan pemandangan. Bagian otak ini juga berperan untuk menjaga kesehatan mental.

 

4 dari 4 halaman

Aktivitas Unik yang Membuat Otak Lebih Sehat

Ganti Rutinitas Pagi Anda

Studi pencitraan otak menunjukkan bahwa “tugas” baru melatih area besar dari korteks dapat meningkatkan aktivitas otak di beberapa daerah yang berbeda. Aktivitas ini menurun ketika tugas menjadi rutin dan otomatis. 

Jadi, coba Anda mengganti rutinitas, misalnya berpakaian setelah sarapan, joging dengan rute baru, atau mungkin mengubah posisi duduk di meja makan saat makan bersama keluarga.

Aktif dalam Kegiatan Sosial

Penelitian ilmiah telah berulang kali membuktikan bahwa kehilangan kehidupan sosial memiliki efek negatif pada kemampuan kognitif seseorang secara keseluruhan. 

Jadi, mulai sekarang, coba untuk berinteraksi lebih sering dengan banyak orang. Anda bisa bergabung dalam komunitas hobi atau gerakan sosial yang menuntut Anda berkomunikasi dengan berbagai karakter.

 

Disadur dari: Klikdokter.com

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer