Sukses


Manfaat Ampas Kopi yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Kopi menjadi satu di antara minuman yang memiliki banyak penikmat. Aromanya yang khas dan rasanya yang nikmat membuat kopi disukai banyak orang. Kopi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Tidak hanya hasil seduhan kopi yang sebenarnya memiliki manfaat, ampas kopi mendatangkan beragam manfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Bahkan memanfaatkan hasil ampas kopi secara maksimal akan mengurangi produksi sampah sehingga lingkungan menjadi lebih bersih.

Ampas kopi dipercaya menjadi solusi alternatif untuk mengatasi permasalahan kulit. Ampas kopi juga terkenal ampuh untuk dijadikan bahan perawatan kulit kering.

Ada manfaat ampas kopi lainnya yang berguna bagi kehidupan rumah tangga, satu di antaranya dapat menghilangkan bau tidak sedap di dalam kulkas.

Berikut manfaat ampas kopi yang jarang diketahui banyak orang, seperti dikutip dari laman Masakapahariini, Jumat (12/8/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Manfaat Ampas Kopi

1. Menghilangkan Bau Kulkas

Lantaran aromanya yang khas dan kuat, tidak heran wangi kopi dapat mengalahkan macam-macam bau. Termasuk di antaranya bau tidak sedap di kulkas. Satu di antara peralatan rumah tangga ini penting untuk kita rawat kebersihannya karena konsumsi kita sehari-hari disimpan di dalamnya.

Segera ambil ampas kopi setelah menyeduhnya, lalu simpan di dalam wadah kaca atau keramik. Simpan di kulkas selama satu hari dan wanginya akan membuat kulkas lebih segar.

Selain kulkas, kita juga bisa menghilangkan bau tak sedap pada wastafel atau kamar mandi. Kita bisa melakukannya saat waktu bersih-bersih kulkas ataupun ketika tidak berisi bahan-bahan segar karena baunya dapat bercampur.

2. Membersihkan Alat Dapur

Selain wanginya yang kuat, teksturnya yang sedikit kasar juga dapat membantu membersihkan noda membandel pada alat dapur. Gunakan bahan alami berwarna pekat ini sebagai alternatif sabun cuci untuk menghilangkan kerak pada wajan atau panci.

Bau amis pada wajan penggorengan juga dapat diminimalkan dengan penggunaan residu kopi. Simpanlah pada tempat tertutup agar bisa digunakan sewaktu-waktu.

3 dari 4 halaman

Manfaat Ampas Kopi

4. Mengatur Kelembapan Kulit Wajah

Manfaat kopi di dunia kecantikan sudah dikenal lama. Kopi banyak dijadikan bahan perawatan wajah, mulai masker, scrub, dan sabun pembersih. Kandungan vitamin C dan elemen bermanfaat lainnya dari kopi rupanya baik untuk kesehatan kulit.

Menurut penelitian University of Lisbon, kopi dapat membantu mengatur produksi minyak dalam kulit sekaligus menghidrasi kulit.

Satu di antara cara yang terkenal adalah dengan memanfaatkan ampas kopi yang baru diseduh, lalu aplikasikan sebagai masker wajah. Diamkan hingga 10 menit, lalu bilas hingga bersih.

5. Membantu Menyuburkan Tanah

Dalam kopi, terdapat potassium, tembaga, dan fosfor serta magnesium yang dapat menutrisi tanah. Inilah sebabnya kopi dapat digunakan sebagai alternatif pupuk.

Caranya dengan mengeringkan ampas kopi terlebih dahulu. Setelah itu, bubuk yang telah kering ditaburkan ke atas tanah tempat tanaman bertumbuh. Selain sebagai alternatif pupuk, kopi diyakini dapat mencegah datangnya hama.

4 dari 4 halaman

Manfaat Ampas Kopi

6. Menguatkan dan Memperbaiki Warna Rambut

Selain untuk kecantikan wajah, ampas kopi dapat bermanfaat untuk rambut. Perawatan rambut dengan kopi sudah ada sejak peradaban kuno di Mesir. Kandungan kafein pada kopi dapat mendorong pertumbuhan rambut untuk mengatasi kebotakan, khususnya untuk kaum pria.

Warna kopi yang pekat juga cocok untuk Anda yang ingin menjaga warna rambut tetap gelap dan mengkilap.

Caranya dengan mengoleskan ampas kopi yang masih segar pada rambut setelah dikeramas. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, lalu bilas hingga bersih.

7. Scrub Kaki

Ampas kopi bisa juga digunakan untuk scrub kaki. campurkan 1/4 cangkir ampas kopi bekas, garam laut, dan minyak zaitun. Gunakan campuran ini sebagai scrub untuk memberikan perawatan yang bagus pada kaki.

 

Sumber: Masakapahariini

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

 

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer