Sukses


Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli, Ketahui Tujuan dan Macam-macamnya

Bola.com, Jakarta - Pengertian organisasi perlu dipahami agar kamu mengerti secara menyeluruh tentang hal tersebut. Organisasi secara sederhana diartikan sebagai beberapa orang yang memiliki tujuan yang sama, kemudian membuat suatu kelompok.

Organisasi pada dasarnya dibuat sebagai tempat ataupun wadah bagi orang-orang untuk berkumpul, bekerja sama secara rasional dan sistematis.

Kemampuan kerja setiap manusia pada dasarnya terbatas. Ada berbagai faktor yang membatasi kemampuan manusia, mulai fisik, daya pikir, waktu, tempat, pendidikan, dan banyak faktor lainnya.

Adanya keterbatasan ini menyebabkan manusia tidak dapat mencapai sebagian besar tujuannya tanpa melalui kerja sama dengan orang lain.

Di situ letak pentingnya dibentuk suatu organisasi, agar suatu tujuan bersama dapat diselesaikan secara bersamaan, tanpa adanya individu yang terbebani.

Organisasi memiliki beragam macam, seperti yang bersifat nasional maupun organisasi internasional. Tujuannya juga pasti berbeda-beda.

Perlu ditekankan, sebelum mengikuti suatu organisasi, pahami terlebih dahulu dan pastikan macam organisasi itu sesuai nilai yang kamu pegang agar kamu merasa aman dan nyaman berada di dalamnya.

Agar lebih mengerti lebih dalam, kamu bisa memahami pengertian organisasi beserta tujuan dan macamnya.

Berikut pengertian organisasi menurut para ahli, ketahui tujuan dan macam-macamnya, seperti disadur dari Merdeka, Selasa (30/8/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pengertian Organisasi

Pengertian organisasi adalah suatu perkumpulan atau wadah bagi sekelompok orang yang bekerja sama dengan terstruktur untuk mencapai tujuan tertentu.

Organisasi juga dapat diartikan sebagai sebuah kesatuan atau entity yang terdiri dari banyak orang, bisa berupa institusi, asosiasi atau lembaga, yang memiliki tujuan yang sama dan berhubungan dengan lingkungan luar.

Berikut pengertian organisasi menurut beberapa ahli:

- Oliver Sheldon

Pengertian organisasi adalah proses penggabungan pekerjaan yang para individu atau kelompok-kelompok harus melakukan dengan bakat-bakat yang diperlukan untuk melaksanakan tugas-tugas, sedemikan rupa, memberikan saluran terbaik untuk pemakaian yang efisien, sistematis, positif, dan terkoordinasi dari usaha yang tersedia.

J. William Schulze

- Organisasi adalah penggabungan dari orang-orang, benda-benda, alat-alat perlengkapan, ruang kerja dan segala sesuatu yang berkaitan dengannya, yang dikumpulkan dalam hubungan yang teratur dan efektif untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

- Ernest Dale

Pengertian organisasi adalah sebuah proses perencanaan. Hal ini berkaitan dengan hal menyusun, mengembangkan, dan memelihara suatu struktur atau motif hubungan-hubungan kerja dari orang-orang dalam suatu badan usaha.

- W.J.S. Poerwadarminta

Organisasi adalah susunan dan aturan dari berbagai bagian (orang atau kelompok) sehingga menjadi satu kesatuan yang teratur dan tertata.

- Janu Murdiyamoko & Citra Handayani

Pengertian organisasi adalah sebuah sistem sosial yang mempunyai identitas kolektif secara tegas, progja yang jelas, prosedur dan cara kerja, serta daftar anggota yang secara terperinci.

- Max Weber

Pengertian organisasi adalah suatu kerangka terstruktur yang di dalamnya berisikan wewenang, tanggung jawab, dan pembagian kerja untuk menjalankan masing-masing fungsi tertentu.

- Chester I. Bernard

Pengertian organisasi adalah sebuah sistem kegiatan kerja sama yang dilakukan oleh dua orang ataupun lebih untuk melaksanakan suatu aktivitas yang didalamnya memerlukan komunikasi dengan pencapaian tujuan bersama.

Barnard menekankan peranan pada setiap orang anggotanya yang harus diberikan informasi dan motivasi dan sebagian sebagian anggota lainnya yang harus membuat keputusan.

- Victor A. Thompson

Organisasi merupakan suatu integrasi dari sejumlah orang yang ahli bekerja sama dengan sangat rasional dan impersonal untuk mencapai tujuan – tujuan yang spesifik dan telah disepakati sebelumnya.

3 dari 4 halaman

Tujuan Organisasi

Biasanya, setiap orang di organisasi memiliki tujuan pribadi masing-masing yang tentunya berbeda, kebanyakan adalah untuk mendapatkan penghasilan ataupun untuk naik pangkat.

Meski begitu, biasanya tujuan tiap pribadi ini berjalan bersama dengan tujuan organisasi secara umum, yaitu meningkatkan produktivitas dan mendapatkan keuntungan.

Dengan adanya tujuan ini, organisasi dapat berkembang untuk lebih memiliki pengaruh. Di antaranya dalam hal merekrut anggota, pengaruh di lingkungan luar, dan pencapaian lain yang ingin diraih oleh organisasi tersebut.

Tujuan organisasi secara umum, sebagai berikut:

1. Membuat seseorang lebih disiplin dan memiliki etos kerja yang tinggi.

2. Membuat seseorang memiliki lebih banyak pengetahuan dan lebih percaya diri.

3. Mampu mengutamakan kepentingan bersama atau meredam sisi egois dalam diri.

4. Belajar menyelesaikan suatu masalah dan cocok untuk mengembangkan diri.

5. Melatih agar seseorang memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi.

6. Memperoleh hasil akhir pada waktu yang ditentukan.

Tentunya setiap organisasi memiliki tujuan masing-masing. Misalkan tujuan pembentukan OSIS adalah untuk mengelola acara-acara yang diadakan oleh mahasiswa secara mandiri, berbeda dengan tujuan organisasi besar seperti ASEAN, yang bertujuan untuk meningkatkan kerja sama sesama anggota di wilayah Asia Tenggara.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Organisasi

Organisasi Formal atau Legal

Merupakan organisasi yang terdaftar dan diakui serta memiliki landasan hukum tertentu, misalnya organisasi pemerintahan, perusahaan negara, partai politik, organisasi masyarakat (ormas), lembaga internasional atau institusi pendidikan.

Organisasi Internasional

Adalah suatu organisasi lintas negara yang melibatkan dua atau lebih negara dalam suatu tujuan, misalnya organisasi internasional PBB. Maka itu, pengertian organisasi internasional menjadi lebih luas dan tidak terbatas pada area saja seperti ASEAN (khusus negara Asia Tenggara) atau Uni Eropa (khusus negara Eropa), tetapi juga pada suatu tujuan tertentu seperti OPEC (khusus negara penghasil minyak).

Hybrid Organization

Hybrid Organization, yaitu yang bekerja di sektor publik dan privasi, di mana organisasi jenis ini juga melaksanakan tugas publik, tetapi juga mengembangkan aktivitas untuk mencari keuntungan.

Organisasi Informal atau Voluntary Association

Organisasi ini merupakan organisasi yang terdiri dari relawan yang memiliki tujuan tertentu, misalnya komunitas, forum, fanbase atau klub tertentu.

Organisasi Rahasia atau Ilegal

Merupakan organisasi yang didirikan tanpa izin yang cenderung bersifat merusak misalnya seperti organisasi kriminal, secret society atau organisasi pemberontakan.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Novi Fuji Astuti. Published: 16/12/2020)

Yuk, bca artikel pengertian lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer